Sponsors Link

20 Makanan untuk Penderita Kista Ginjal (#Wajib Dikonsumsi)

Sponsors Link

Kista ginjal merupakan penyakit yang biasanya karena faktor keturunan. Setelah mengalami kista ginjal, biasanya mpenderita akan mengalami gagal ginjal. Namun, tentunya kista ginjal ini dapat dicegah untuk timbul dengan makanan-makanan yang bergizi tinggi. Seseorang yang menderita kista ginjal tentunya sangat rawan terhadap makanan-makanan yang dikonsumsi karena dapat memperburuk penyakitnya. ( Baca juga : makanan penderita ginjal bocor )

ads

Makanan untuk Penderita Kista Ginjal

  1. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan sendiri berguna untuk membunuh radikal bebas agar terhindar dari berbagai penyakit. Hal ini tentunya sangat berguna bagi penderita kista ginjal karena dapat menurunkan kemungkinan penyakit lain yang ditimbulkan sebagai efek dari obat-obatan dan lainnya. ( Baca juga : cara mengobati gagal ginjal )

  1. Ikan

Ikan mengandung gizi yang banyak yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat ikan yaitu mencegah penyakit kanker. Hal ini tentu sangat berguna bagi penderita ginjal dalam menjaga kesehatannya. ( Baca juga : tips menjaga kesehatan ginjal )

  1. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat berguna sebagai pembunuh bakteri atau kuman. Seperti yang diketahui bahwa kista berasal dari bakteri, makan bawang putih sangat disarankan untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut. ( Baca juga : khasiat buah mengkudu untuk ginjal )

  1. Tomat

Tomat sangat baik untuk tubuh manusia. Manfaat tomat antara lain dapat mencegah  sistem daya tahan tubuh, mencegah cairan yang menggumpal serta mencegah kista muncul. Tentu bagi orang yang terkena kista ginjal, memakan buah tomat angat disarankan. Selain dapat mengurangi kista menyebar, toman juga dapat mengurangi penyebab kista untuk tumbuh. ( Baca juga : khasiat buah manggis untuk ginjal )

  1. Brokoli

Brokoli yang berwarna hijau memiliki kadar vitamin yang sangat tinggi namun tingkat kalori yang rendah. Selain itu brokoli juga memiliki sifat anti kanker. Hal ini tentu sangat dianjur untuk dikonsumsi oleh penderita kista agar penyebaran kista tidak banyak. ( Baca juga : ciri ciri batu ginjal pada wanita )

  1. Selada

Salada merupakan makanan untuk penderita kista ginjal karena salada memiliki zat yang dapat meristensi insulin di mana resistensi insulin merupakan penyebab kista ginjal ini. Tentunya hal ini sangat baik untuk penderita kista ginjal. ( Baca juga : cara mengobati ginjal secara tradisional )

  1. Kembang kol

Kol memliki kandungan zat yang berguna untuk detoksifikasi ginjal serta mengurangi peradangan. Hal ini tentu sangat berguna bagi penderita kista ginjal untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. ( Baca juga : cara mengobati ginjal bocor )

  1. Wortel

Beberapa penyakit ginjal sangat berhubungan dengan tekanan darah. Wortel dapat menurunkan hipertensi seseorang. Hal ini tentu baik untuk menjaga ginjal agar tidak bertambah rusak. ( Baca juga : cara mengobati ginjal bengkak )

  1. Lobak

Lobak memiliki kandungan yang rendah kalori sehingga baik untuk ginjal. Selain itu, lobak juga dapat menjadi detoksifikasi ginjal agar dapat mengurangi infeksi yang terjadi karena adanya bakteri. ( Baca juga : ciri ciri infeksi ginjal )

  1. Kacang kedelai

Kacang kedelai memiliki kandungan yang dapat mengurangi pertumbuhan kista ginjal. Hal ini tentu baik dikonsumsi untuk penderita kista ginjal. ( Baca juga : diabetes insipidus )

  1. Jagung sutra

Jagung sutra merupakan makanan untuk penderita kista ginjal. Jagung sutra memiliki kandungan yang dapat mengecilkan kista ginjal. Oleh karena itu, makanan ini disarankan untuk penderita kista ginjal. ( Baca juga : penyebab kista di ginjal )

Sponsors Link

  1. Jeruk

Buah sehat lainnya yang bagus dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit kista ginjal adalah buah jeruk. Buah jeruk ini kaya akan vitamin C, yang mana vitamin C ternyata cukup efektif dalam mencegah penyakit kista ginjal. ( Baca juga : makanan pembersih ginjal )

  1. Buah bit

Bit memiliki kandungan yang dapat menurunkan perkembangan dari kista. Hal ini tentu sangan disarankan untuk penderita kista ginjal agar kistanya tidak berkembang menjadi ganas. ( Baca juga : makanan perusak ginjal )

  1. Kubis

Kubis merupakan sayuran yang tinggi serat.Itulah sebabnya kubis menjadi makanan untuk penderita kista ginjal Kubis memiliki kandungan yang mampu memberantas sel kanker. Hal ini sangat diperlukan untuk penderita kista untuk memerangi kistanya tersebut. ( Baca juga : penyebab uremia )

  1. Kacang panjang

Kacang panjang memiliki serat yang tinggi yang dapat menurunkan kadar gula darah dan rendah kolestrol. Tentunya makanan-makanan yang tidak menyebabkan hipertensi sangat dianjurkan untuk penderita kista. ( Baca juga : pielonefritis )

ads
  1. Bawang bombay

Bawaang bombay memiliki kandungan yang dapat mengancurkan kristal-kristal yang ada di ginjal. Begitu pun dengan kista, bombay dapat membuat kista tidak berkembang dengan pesat. ( Baca juga : ketosis )

  1. Stroberry

Stroberry memiliki kandungan yang dapat memperkecil peradangan. Tentu ini sangat baik dikonsumsi untuk penderita kista agar tidak menyebar. ( Baca juga : kebiasaan yang bisa merusak ginjal )

  1. Raspberry

Seperti halnya stroberry, raspberry pun kaya akan vitamin dan dapat memperkecil peradangan yang terajadi karena kista. ( Baca juga : sistitis )

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitu berguna untuk menghancurkan kristal-kristal yang ada pada ginjal sehingga kista tidak tumbuh dan membuat peradangan di sana. ( Baca juga : albuminuria )

  1. Manggis

Manggis dapat membantu untuk menghindari penyakit polikistik. Polikistik adalah penyakit yang timbul karena adanya kista di ginjal. Hal ini karena kulit manggis memiliki efek diuretic yang terbukti mampu mengeluarkan batu ginjal melalui urin.

Selain memiliki makanan yang harus dikonsumsi, penderita ginjal juga memiliki pantangan makanan yang harus dilakukan, antara lain:

  • Penderita dilarang memakan makanan yang tinggi kadar protein

Dengan memakan makanan yang tinggi protein membuat ginjal bekerja lebih keras. Kerja yang keras tersebut membuat ginjal lama-lama menjadi lelah dan tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat merusak ginjal itu sendiri

  • Tidak memakan tauge

Tauge memiliki kandungan yang dapat mempercepat pertumbuhan sel. Kista merupakan salah satu sel yang jahat. Hal ini ditakutkan dengan memakan tauge maka pertumbuhan kista juga akan menjadi lebih cepat.

  • Tidak memakan sawi putih

Sawi putih dipercaya dapat menurunkan efektivitas kinerja obat. Maka tidak disarankan ntuk penderita kista ginjal karena dikhawatirkan dapat merusak efek dari obat yang diminum.

  • Tidak memakan kangkung

Sama halnya dengan sawi putih, kangkung dapat membuat obat tidak bekerja dengan maksimal. Dikhawatirkan obat tidak berfungsi dengan semestinya untuk penderita kista.

  • Tidak meminum alkohol

Alkohol sangat berbahaya bagi tubuh, terlebih penderita kista. Alkohol dapat memperparah kista.

  • Tidak memakan makanan yang diawetkan

Makanan yang diawetkan mengandung zat berbahaya bagi tubuh. hal itu tentu tidak baik bagi penderita kista ginjal

  • Hindari memakan pedas

Selain akan berdampak pada lambung yang rusak, makanan pedas dengan terus menerus sangat tidak baik untuk ginjal. Makanan ini dapat merusak fungsi ginjal dan memperparah kista ginjal.

  • Kopi

Kopi mengandung cafein yang berdampak langsung pada ginjal manusia. Kopi jika sesekali di minum tidak akan berdampak buruk, namun jika setiap hari lebih dari 1x minum kopi akan membuat ginjal menjadi rusak. Tentunya ginjal yang rusak akan membuat kista semakin parah.

  • Mengurangi konsumsi seafood

Seafood memiliki lemak jahat yang banyak. Hal ini membuat kolestrol seseorang akan meningkat. Kolestrol yang meningkat membuat darah tidak mengalir dengan lancar karena adanya plak-plak disekitar pembuluh darah. Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi ginjal manusia.

  • Tidak memakan buah nangka

Buah nangka memiliki kandungan yang dapat mengembangkan sel kanker. Sangat berbahaya bagi penderita kista karena dapat memperparah kista ginjal.

Sponsors Link

  • Tidak memakan durian dan anggur

Durian dan anggur memiliki kandungan alkohol yang tinggi. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi penderita kista karena dapat mengembangkan sel kista tersebut.

  • Tidak memakan makanan tinggi garam

Memakanan makanan tinggi garam membuat ginjal bekerja lebih ekstra. Tentunya ini akan memperburuk kondisi ginjal yang telah ada kista.

  • Tidak memakan daging sapi dan kambing

Daging sapi dan kambing memiliki kolestrol yang sangat tinggi. Bagi penderita kista ginjal sangat tidak disarankan memakan makanan yang tinggi kolestrol.

  • Tidak memakan makanan yang digoreng/dibakar

Makanan yang digoreng atau dibakar sangat tidak disarankan untuk penderita kista karena dapat mempercepat pertumbuhan kista itu sendiri.

  • Tidak memakan unggas

Pada unggas biasanya telah disuntik hormon sebelumnya. Hormon ini yang membahayakan manusia karena dapat memicu pertumbuhan sel kanker termasuk kista.

  • Tidak menggunakan MSG

MSG atau pengawet makanan dapat memperburuk kondisi tubuh. MSG ini dapat memicu timbulnya sel-sel kanker jika dibiarkan terus menerus.

  • Tidak memakan makanan yang berlemak

Lemak jenuh tentunya sangat berbahaya bagi tubuh. makanan tersebut dapat meningkatkan kolestrol yang dapat memperburuk kondisi ginjal. Hal ini tentu tidak baik bagi seseorang yang menderita kista ginjal.

  • Cumi dan Udang

Cumi dan udang memiliki kolestrol yang tinggi. Seperti halnya yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa makanan yang tinggi kolestrol sangat tidak disarankan untuk penderita kista.

Itulah makanan untuk penderita kista ginjal, terdapat beberapa makanan yang baik untuk penderita kista ginjal yang mampu menghambat pertumbuhan kista da nada pula makanan yang buruk dan sebaiknya dihindari bagi penderita kista ginjal karena akan mempercepat pertumbuhan kista di ginjal.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman