Sponsors Link

5 Makanan Untuk Penderita Ginjal Mengecil Paling Sehat

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang tidak dapat diragukan lagi nilai pentingnya. Semua orang oleh karenanya harus mengetahui cara menjaga ginjal agar tetap sehat, seperti misalnya melakukan tips menjaga kesehatan ginjal yang kita bahas pada artikel sebelumnya, atau dengan mempelajari cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, gagal ginjal kronis, gagal ginjal akut, dan lain sebagainya. Tidak peduli apakah orang dewasa atau anak kecil, ringan atau berat sakit yang diderita, semua orang harus peduli dengan kesehatan ginjalnya. Selain itu, alasan kenapa kita harus memerhatikan masalah kesehatan ginjal kita adalah karena setiap penyakit ginjal yang bisa menyerang kita itu membutuhkan penanganan dan perawatan tersendiri, yang tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan begitu saja.

ads

Salah satu hal yang perlu untuk kita pelajari, selain mengetahui penyebab-penyebab penyakit ginjal, seperti etiologi gagal ginjal misalnya, mengetahui makanan atau minuman apa yang tepat untuk dimakan ketika kita menderita penyakit ginjal tertentu. Misalnya saja, mengetahui makanan penderita ginjal bocor, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah mengetahui makanan untuk penderita ginjal mengecil. Dengan demikian kita dapat mengetahui apa yang harus kita maka ketika kita mengalami sakit ginjal mengecil, ataupun memberikan saran bagi teman atau keluarga yang sedang sakit ginjal mengecil agar memakan makanan yang kita sebutkan itu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja makanan yang dapat dimakan oleh orang yang sedang mengalami ginjal mengecil, baik sebagai pengobatan tambahan ataupun benar-benar murni sebagai asupan nutrisi untuk menjaga tubuh dalam keadaan yang baik agar bisa beraktivitas dalam kesehariannya. Oleh karena itu, daftar makanan berikut ini tidak bisa diabaikan begitu saja oleh kamu, khususnya yang sedang membaca artikel ini. Kita tidak tahu apakah kamu akan menyampaikan isi artikel ini pada orang yang sedang sakit ginjal, atau kamu akan menyampaikan artikel ini pada orang yang sedang memiliki keluarga yang terkena sakit ginjal mengecil, atau kamu akan menyimpannya dan menggunakannya ketika nanti menghadapi kondisi sakit ginjal mengecil, oleh karena itu kamu harus membaca artikel ini dengan baik ya.

Jadi apa saja makanan untuk penderita ginjal mengecil itu? Silakan simak di bawah ini ya.

1. Buah Apel

Salah satu makanan yang dapat kamu coba walaupun ginjalmu sedang mengecil kemungkinan adalah buah apel. Buat kamu yang belum tahu, buah apel adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan serat sangat tinggi dan mampu mencegah peradangan sel-sel tubuh. Selain itu, buah apel dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol buruk yang membuat tubuh kita mengalami penurunan fungsi, membantu mencegah timbulnya konstipasi atau dikenal pula dengan sebutan sembelit, dan juga mampu mencegah serangan penyakit jantung atau kanker.

Ketika kita mengonsumsi buah ini sebagai suplemen saat kita mengalami ginjal mengecil, maka kita akan mampu memperoleh asupan gizi yang baik tanpa harus mencederai ginjal kita yang telah sakit. Oleh karena itulah apel menjadi salah satu jenis buah yang disarankan untuk dimakan oleh para pasien yang menderita penyakit ginjal seperti ginjal bocor dan ginjal bengkak. Akan tetapi perlu disadari bahwa konsumsi apel tetap harus dibatasi pada kadar tertentu sesuai dengan keadaan tubuh para penderita sakit ginjal mengecil. Pada beberapa kasus, konsumsi buah apel mungkin disarankan untuk dihindari karena dapat mengakibatkan hal-hal yang buruk untuk tubuh kita dalam jangka panjang.

Sponsors Link

2. Buah Cranberi

Buah cranberi selain banyak digemari karena rasanya yang enak, juga banyak dicari karena memiliki khasiat dapat membantu membersihkan organ ginjal kita. Salah satu jenis buah yang berasal dari kelas beri-berian ini memiliki kandungan vitamin C, magnesium, potasium, vitamin A dan lain sebagainya. Kandungan yang ada di dalam buah cranberi tersebut menjadikan buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, layaknya buah-buahan untuk obat ginjal yang lain. Akan tetapi mengonsumsi buah ini terlalu banyak juga memiliki dampak negatif tertentu yang dapat membuat tubuh kita bermasalah. Buah kecil berbentuk bulat berwarna merah ini selain memiliki kemampuan un untuk membersihkan ginjal juga dapat membantu mengurangi adhesi cairan di saluran kemihserta mencegah infeksi pada saluran kencing. Sebelum mengonsumsi buah ini, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kepercayaanmu apakah tubuhmu mampu atau dapat mengonsumsi buah ini atau tidak, sebab dokter mungkin tidak akan memperbolehkan mengonsumsi buah ini apabila tubuh kita mengalami kondisi-kondisi tertentu yang tidak memungkinkan untuk mencerna zat-zat yang terkandung di dalam cranberi.

ads

3. Buah Manggis

Khusus untuk buah yang satu ini, sepertinya sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu jenis buah yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Sayangnya, di masa modern ini justru semakin sedikit generasi muda bangsa Indonesia yang mengetahui bahwa buah manggis punya banyak manfaat. Akhirnya mereka malah jarang mengonsumsinya secara rutin. Memang benar bahwa konsumsi manggis yang berlebihan juga tidak baik, akan tetapi apabila manggis dikonsumsi dengan pola yang tepat dengan mengikuti pola-pola interval tertentu, maka manfaat yang didapatkan justru akan sangat baik untuk membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit ginjal.

Khasiat buah manggis untuk ginjal memberikan banyak manfaat bagi manusia. Selain membantu dalam menjaga kebugaran tubuh, berperan dalam memperbaiki kondisi lambung ketika ada masalah asam lambung, dan berbagai manfaat penting yang lain, manggis juga mampu mempercepat proses penyembuhan ginjal yang sedang mengalami kebocoran. Hal tersebut dapat terjadi karena di dalam manggis terkandung senyawa yang baik untuk mengatasi kerusakan sel-sel tubuh, yaitu senyawa xanthone. Adanya senyawa xanthone ini membuat manggis dapat membantu menyembuhkan ginjal yang sedang bocor. Hal yang sama juga dapat diduga akan bermanfaat bagi ginjal yang sedang mengalami ginjal mengecil.

Senyawa xanthone mungkin terdengar asing dan tidak banyak diketahui oleh orang pada umumnya. Akan tetapi hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa xanthone merupakan salah satu senyawa yang dapat mengatasi radikal bebas secara efektif, sehingga dapat membantu tubuh mencegah berbagai macam zat berbahaya ataupun racun yang akan mengganggu kinerja ginjal. Dengan demikian, ketika ginjal mengalami masalah tertentu, ginjal dapat kembali pulih dengan cepat apabila buah manggis dikonsumsi dengan pola yang tepat.

Selain mengandung senyawa xanthone dalam jumlah yang tinggi, buah manggis juga dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Dengan demikian, mengonsumsi buah manggis dapat membantu menurunkan risiko munculnya penyakit jantung dan stroke dengan sangat efektif. Manfaat dari hal ini juga akan berdampak pada ginjal, yaitu menurunnya beban kerja ginjal sehingga ginjal dapat bekerja dengan lebih efisien. Selain manfaat tersebut, buah manggis juga dapat menjaga tingkat kolesterol agar tetap stabil.

Ringkasnya, memakan buah manggis dengan kadar yang cukup, akan mengakibatkan tubuh menjadi sehat dan penyakit ginjal akan dapat diatasi dengan relatif lebih mudah. Bagi penderita gagal ginjal atau ginjal mengecil, konsumsi manggis dapat dilakukan untuk membantu meringankan kerja ginjal sehingga ginjal dapat pulih dengan relatif lebih cepat terutama apabila pengecilan tersebut belum terjadi secara ekstrem. Akan tetapi tentu saja hal ini bergantung pada bagaimana kondisi tubuh Anda sebelum mengonsumsi buah manggis. Oleh karena itulah, melakukan konsultasi dengan dokter merupakan syarat utama sebelum mengonsumsi suplemen-suplemen di atas.

4. Rujak polo

Rujak polo adalah salah satu jenis tanaman yang dapat kamu manfaatkan untuk banyak hal termasuk dikonsumsi. Walaupun ada nama rujak, tetapi bukan berarti makanan ini berasal dari hasil olahan rujak lo ya. Tak hanya namanya saja yang keren, akan tetapi khasiat tanaman ini juga sangat baik untuk tubuh manusia. Selain dikenal dengan nama rujak polo, tanaman ini juga disebut dengan nama latin Tribullus terestis. Sementara di dalam bahasa Inggris, tanaman ini bernama land caltrops.

Sponsors Link

Konon kabarnya, rujak polo telah dipakai selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam penyakit yang diderita oleh manusia, bahkan sejak masa Yunani kuno. Salah satunya adalah diterapkan pada model pengobatan Ayurvedi. Pada model pengobatan Ayurvedi, salah satu pengobatan tradisional yang banyak menggunakan bahan-bahan herbal itu, rujak polo digunakan sebagai jamu untuk menjaga efektivitas produksi urine dan fungsi-fungsi ginjal yang lainnya. Tidak hanya itu, rujak polo juga dapat dimanfaatkan untuk meringankan nyeri yang muncul di sekitar ginjal.

Senyawa-senyawa analgesik yang ada di dalam tanaman rujak polo mampu meringankan nyeri tubuh yang kita alami. Selain itu, senyawa sapnon, alkaloid karbolin, dan senyawa-senyawa penyembuhan lainnya juga sangat banyak terkandung oleh tanaman rujak polo. Oleh karena itulah rujak polo merupakan salah satu tanaman pengobatan sekaligus makanan yang baik digunakan sebagai ramuan herbal dalam membantu mengembalikan fungsi ginjal dan menyembuhkan sel-sel yang terluka.

Dalam memanfaatkan rujak polo, ada banyak bagian tanaman yang dapat kamu manfaatkan. Ekstrak-ekstrak rujak polo yang diambil dari bibit, akar, atau daun rujak polo memiliki kandungan antimikrobial yang efektif dalam melawan bakteri jahat dan dapat membantu mencegah atau memperbaiki infeksi di saluran urine. Sifat diuretik yang dimiliki tanaman rujak polo dapat membantu meningkatkan produksi urine. Oleh karena sebab-sebab di atas, tanaman rujak polo dapat menjadi salah satu alternatif makanan sekaligus obat ketika kita mengalami ginjal mengecil, apalagi ketika kita sedang mengalami sakit gagal ginjal, terutama gagal ginjal akut.

5. Buah kelapa kuning dan kaktus ekor tikus

Buah kelapa kuning dan kaktus ekor tikus adalah alternatif makanan berikutnya yang dapat kamu makan ketika kamu sedang menderita ginjal mengecil. Buah ini sebenarnya dikenal ampuh untuk mengatasi masalah gagal ginjal. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila kita mengonsumsi buah-buahan tersebut untuk dimakan ketika sedang mengalami ginjal mengecil, terutama apabila pengecilan ginjal yang terjadi belum terlalu parah.

Itulah beberapa makanan untuk penderita ginjal mengecil yang dapat kamu sampaikan atau kamu gunakan untuk mengatasi berbagai masalah ginjal mengecil yang diderita oleh orang-orang di sekitarmu atau mungkin kamu sendiri. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi tanaman obat untuk memperbaiki fungsi ginjal ketika sakit yang dapat kamu baca di situs ini. Selamat merawat ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,