Sponsors Link

21 Makanan Untuk Penderita Ginjal Dan Diabetes Super Sehat

Sponsors Link

Jika anda masih tidak mengetahui tentang penyakit yang saling berhubungan, maka tentunya harus terlebih dahulu mengenal tentang fungsi dan kinerja organ – organ tubuh. Karena beberapa penyakit ternyata saling berhubungan satu sama lain, misalnya saja hubungan diabetes dengan gagal ginjal kronik. Frekuensi penderita penyakit gagal ginjal cenderung meningkat tiap tahunnya dan hal ini akan memicu pedulinya masyarakat akan gejala penyakit ginjal dan pengobatannya.

ads

Penyakit diabetes, adalah sekumpulan gejala dimana akan timbul ketika tubuh seseorang tidak bisa menggunakan hormon insulin atau kekeruangan hormon insulin. Insulin sendiri merupakan sebuah hormon yang berperan dalam pengendalian gula darah. Jika level gula darah anda tinggi, maka akan menimbulkan beragam penyakit di dalam tubuh anda.

Diabetes sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu tipe 1 dan tipe 2. Pada diabetes tipe 1 maka insulin tidak bisa di buat secara maksimal oleh pankreas hingga penderita harus melakukan terapi suntikan insulin. Diabetes tipe 1 di kenal juga dengan sebutan juvenile onset. Sedangkan pada tipe 2 dimana kondisi pankreas bisa dengan normal memproduksi hormon insulin, namun tubuh tidak bisa memakai atau menggunakannya dengan benar, hingga gula darah tetap tinggi walaupun pasokan insulin normal dan bahkan berlebih. Biasanya terjadi pada orang dewasa dan penangananya adalah terapi insulin.

Bagaimana Hubungan Diabetes Dengan Penyakit Ginjal?

Pasien yang mengalami diabetes, cenderung akan lebih mudah terkena penyakit ginjal. Ini dikarenakan adanya hubungan antara diabetes dan penyakit ginjal. Pembuluh darah vena atau vaskuler akan lebih rentan terluka ketika mengidap penyakit diabetes. Ginjal tentunya tidak bisa berfungsi dengan baik ketika hal tersebut terjadi. Hingga di dalam tubuh anda akan tertahan garam dan air yang lebih banyak dari yang seharusnya dan akan otomatis meningkatkan berat badan sekaligus mengalami udema atau pembengkakan akibat cairan di pergelangan kaki. Berbagai zat limbah dan protein akan menumpuk di dalam darah dan urine anda.

Anda akan sulit dalam melakukan refleks mengosongkan kandung kemih karena adanya kerusakan saraf pada dalam tubuh akibat penyakit diabetes yang melanda. Ginjal akan di perburuk dan terlukai oleh adanya tekanan yang berlebihan dari daerah kandung kemih. Bahkan infeksi di kandung kemih dapat terjadi jika penahanan urin yang tidak di keluarkan dalam jangka waktu yang lama. Dan itu adalah serangkaian faktor penyebab gagal ginjal yang di timbulkan oleh penyakit diabetes.

Gagal ginjal memang merupakan salah satu komplikasi buruk dari penyakit diabetes. Penanganannya adalah dengan program perencanaan diet yang bagus. Jika seorang pasien diabetes telah terdeteksi terkena gagal ginjal maka konsultasi dengan pakar kesehatan gizi adalah hal yang sangat di sarankan, karena ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan gagal ginjal yang sangat tidak di sarankan untuk di konsumsi dan memperparah tingkatan level penyakit tersebut.

Rencana atau program diet ini akan membantu dalam mengontrol level dari gula darah di dalam tubuh dan membantu dalam mengurangi dan mempercepat pembuangan dari produksi limbah cairan yang tertahan di dalam tubuh. Jumlah kalori harian yang baik untuk di konsumsi akan di atur oleh para ahli gizi. Dan di saat yang bersamaan diet ini akan mengontrol cairan, fosfor, kaliem dan natrium di dalam tubuh. Bagi penderita diabetes dengan komplikasi penyakit ginjal, sebaiknya mengetahui makanan untuk penderita ginjal dan diabetes agar tidak memperburuk keadaan. Berikut beberapa makanan yang disarankan beserta uraiannya :

Sponsors Link

1. Brokoli Kukus

Brokoli di yakini sebagai salah satu makanan yang baik untuk ginjal dan juga untuk pendderita diabetes. Ini di karenakan adanya kandungan dari senyawa sulforaphane yang bisa meperbaiki kembali kerusakan pembuluh darah yang di sebabkan oleh penyakit diabetes. Karena seperti yang telah di jelaskan pada awal artikel, bahwa penyakit diabetes akan sangat rentan dalam pemperburuk dan merusak sistem kardiovaskuler terutama pembuluh darah vaskuler.

Selain fungsi penting dari brokoli di atas, brokoli juga bisa membantu dalam proses sistem detoksifikasi alami dan membantu dalam mengontrol kadar dari glukosa di dalam darah. Brokoli juga aktif dalam membantu sel tubuh agar dapat kembali beregenerasi dan meningkatkan kekebalan imun sehingga proses ini akan menghambat terjadinya kanker.

ads

2. Buah Strawberry

Makanan yang baik untuk penderita ginjal dan juga diabetes adalah strawberry. Karena khasiat strawberry memang sangat banyak untuk kesehatan. Selain baik untuk kesehatan ginjal, strawberry juga sangat bagus untuk kesehatan pencernaan, mencegah kanker, anti radang dan menjaga kesehatan jantung.

3. Yogurth Tanpa Gula

Yogurth bebas gula sangat baik di konsumsi oleh penderita ginjal dan diabetes karena memiliki kandungan bakteri baik dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Semangkok dari yogurth jenis ini akan mengandung vitamin D dan kalsium yang sangat bagus untuk memelihara kesehatan tulang.

4. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu cemilan sehat untuk makanan penderita ginjal dan diabetes. Kandungan gizi di dalam oatmeal sangat bagus untuk mencegah kanker payudara, mencegah adanya pengerasan arteri, menurunkan kadar kolesterol, mencegah diabetes dan membantu dalam pengobatan celiac.

5. Krim Gandum

Makanan ini mengandung lemah rendah dan juga kadal kolesterol yang rendah. Krim gandum juga mengandung senyawa magnesium yang berperan sebagai sekresi glukosa dan juga berfungsi untuk membantu peranan insulin dalam darah.

6. Buah Apel

Rutin mengkonsumsi buah apel dapat membantu menyehatkan tubuh terutama dalam kesehatan jantung, pencegahan wasir, mengatasi diare, mencegah terjangkit penyakit katarak, mengeluarkan racun, mengontrol gula darah dan berperan dalam meningkatkan sistem imunitas.

7. Bubur Jagung

jagung memiliki segudang manfaat kesehatan, beberapa di antaranya adalah baik untuk kesehatan jantung, baik untuk kesehatan mata, ramah bagi ibu hamil, mencegah terjadinya anemia, mengontrol penyakit diabetes dan membantu melawan sel kanker.

8. Potongan Aprikot

Buah yang bergizi dan memiliki banyak manfaat kesehatan ini memiliki cita rasa manis. Buah ini mengandung nutrisi yang bagus untuk kesehatan kulit, merawat jantung, mengatasi sembelit dan mencegah sel kanker.

9. Terong

Sayuran yang bisa menjadi olahan makanan ini sebenarnya memiliki berbagai kegunaan dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah membantu menurunkan berat badan, kesehatan kulit, membantu menjaga sel – sel otak dan mengurangi kadar gula darah.

10. Jus Cranberry

mengkonsumsi jus buah cranberry yng rendah gula adalah salah satu menu diet bagi penderita penyakit ginjal dan diabetes. Kandungan gizi di dalam buah cranberry sangat efektif untuk mencerahkan kulit, mengontrol tekanan darah, mengurangi tingginya level gula darah, baik untuk pencernaan dan kesehatan ginjal.

11. Putih telur

Dibandingkan dengan kandungan kuning telur yang memiliki banyak kandungan protein. Kandungan dari putih telur tergolong sangat ramah bagi kesehatan ginjal dan bagus untuk menu diet penderita penyakit ginjal dan diabetes.

12. Sawi

Sawi yang kaya akan kadar anti oksidan sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah. Sawi juga bermanfaat untuk pencegahan kanker, kandungan kolin yang terdapat di dalam sawi dapat mengatasi mood swing dan membuat anda tidur lebih nyenyak.

13. Pir

Buah yang kaya akan kandungan air ini memiliki segudang manfaat. Beberapa diantaranya adalah mengontrol gula darah, baik untuk kesehatan jantung dan mengatasi keluhan sembelit.

Sponsors Link

14. Daun Bawang

Daun bawang di kenal sebagai sayuran yang memiliki senyawa pencegah diabetes, sumber dari zat besi, memiliki kandungan serat alami, baik untuk kesehatan jantung dan memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi.

15. Plum

Buah satu ini memiliki nilai gizi yang sebanding dengan harganya. Plum memiliki sifat anti hiperglikemia dan akan membantu dalam mengontrol kadar gula yang berlebih untuk para penderita diabetes.

16. Okra

Ini adalah sayuran yang kaya akan senyawa glutation dan serat. Baik untuk kesehatan paru – paru, melancarkan pencernaan, baik untuk kulit dan pencegahan kanker.

17. Nanas

Buah satu ini termasuk populer untuk di jadikan cemilan. Buah ini baik untuk menjaga keelastisan kulit, membantu kelancaraan pencernaan, meredakan mual dan mencegah hipertensi.

18. Lobak

Lobak merupakan sayuran kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi. lobak dapat membantu menjaga kesehatan hati, perawatan penyakit eksim dan membantu membuang racun di dalam tubuh.

19. Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang banyak, tidak berlemak dan juga tidak mengandung kolesterol. Semangka sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan dan memiliki fungsi sebagai pengobatan katarak.

20. Kacang Hijau

Ini merupakan sumber protein nabati yang rendah kolesterol, baik untuk kesehatan jantung dan juga baik untuk kesehatan tulang.

21. Bayam

Sayuran ini sangat baik untuk kesehatan tulang, jantung dan melancarkan pencernaan.

Demikianlah 21 daftar makanan untuk penderita ginjal dan diabetes yang sebaiknya di pertimbangkan di dalam susunan menu diet harian dan sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal anda.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman