Sponsors Link

5 Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal Kronis

Sponsors Link

Di dalam tubuh manusia terdapat berbagai organ yang memiliki fungsinya masing-masing. Jika organ-organ ini berfungsi secara baik maka tubuh manusia akan sehat dan manusia akan hidup lebih lama. Namun adakalanya organ-organ ini tidak berfungsi secara baik. Ginjal adalah salah satu organ manusia yang sering mengalami gangguan.

ads

Ketika ginjal mengalami gangguan, maka darah kotor tidak dapat tersaring dengan baik. Keadaan dimana ginjal mengalami kerusakan sehingga tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik dinamakan gagal ginjal. Penyebab gagal ginjal dan cuci darah diantaranya adalah karena terjadi infeksi pada ginjal. Penyakit gagal ginjal perlu didiagnosa sesegera mungkin. Diagnosa gagal ginjal kronis dapat dilakukan dengan uji laboratorium dan uji radiologi.

Cara tercepat untuk meredakan gagal ginjal adalah dengan melakukan cuci darah. Namun cara ini membutuhkan biaya yang besar dan tidak praktis. Sebenarnya ada cara lain untuk melakukan pengobatan gagal ginjal selain cuci darah. Salah satu caranya adalah dengan mulai mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk ginjal. Berikut adalah makanan untuk penderita gagal ginjal kronis.

1. Paprika Merah

Paprika merah memiliki kandungan potasium yang rendah. Di dalam setengah porsi paprika merah terdapat 1 miligram sodium, 88 miligram potasium dan 10 miligram fosfor. Selain karena kandungan potasiumnya yang rendah, alasan lain yang menjadikan paprika patut dijadikan salah satu menu makanan penderita gagal ginjal kronis adalah karena paprika merah mengandung banyak vitamin C, vitamin A dan vitamin B6. Cara mengkonsumsi paprika ini bisa dijadikan cemilan, atau dijadikan campuran omelet dan sandwich.

2. Kubis

Kubis merupakan makanan yang banyak mengandung fitokimia, yaitu senyawa kimia yang terkandung di dalam buah dan sayur yang fungsinya adalah menghancurkan radikal bebas sebelum dapat merusak tubuh. Kubis juga tinggi vitamin K, vitamin C, vitamin B6 dan serat. Di dalam satu porsi kubis rebus terkandung 6 miligram sodium, 60 miligram potasium dan 9 miligram fosfor. Kandungan potasiumnya rendah dan harganya murah, sehingga cocok untuk dikonsumsi sehari-hari. Anda bisa mengkonsumsi kubis dengan cara dikukus, dimasukan ke microwave atau dengan direbus. Kubis bisa dikonsumsi bersama dengan makanan utama atau hanya sebagai cemilan saja.

3. Bawang Putih

Makanan untuk penderita gagal ginjal kronis lainnya adalah bawang putih. Di dalam satu siung bawang putih terkandung 1 miligram sodium, 12 miligram potasium dan 4 miligram fosfor. Mengkonsumsi bawang putih dapat membantu mencegah plak yang ada di gigi, menurunkan tingkat kolesterol dan mencegah peradangan. Bawang putih dapat dimakan bersama dengan daging, salad ataupun sayuran lainnya. Bawang putih bisa juga dikonsumsi dengan cara dipanggang dan kemudian ditaburkan di atas roti. Mengkonsumsi bawang putih sangat baik bagi orang yang sedang menjalani dialisis atau cuci darah. Di sini peran garam dapat digantikan oleh bawang putih.

Sponsors Link

4. Kembang Kol

Terdapat 9 miligram sodium, 88 miligram potasium dan 20 miligram fosfor di dalam setengah porsi kembang kol. Kembang kol juga merupakan sumber folat dan serat yang baik. Selain itu, kembang kol juga mengandung  indoles, glucosinolates dan thiocyanates yaitu zat yang berguna untuk membantu hati dalam membuang racun. Anda dapat mengkonsumsi kembang kol dengan cara direbus atau dikukus, dapat juga dimakan bersama salad. Kembang kol dapat ditumbuk lalu dikonsumsi sebagai pengganti kentang tumbuk.

Sponsors Link

5. Bawang Bombai

Di dalam setengah porsi bawang bombai terkandung 3 miligram sodium, 116 miligram potasium dan 3 miligram fosfor. Bawang bombai kaya akan quercetin yaitu antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kanker pada hati. Kandungan potasium pada bawang bombai cukup rendah dan bawang bombai kaya akan chronium yaitu mineral yang dapat membantu memetabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Anda dapat mengkonsumsi bawang bombai secara mentah bersama dengan salad atau bersama dengan hamburger. Bawang bombai bisa juga dikonsumsi dengan cara digoreng menjadi onion ring.

Itulah makanan untuk penderita gagal ginjal kronis yang baik untuk dikonsumsi. Makanan-makanan yang telah disebutkan di atas baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan potasium yang rendah. Selain itu, makanan-makanan ini juga dapat membantu kinerja ginjal dengan cara membuang racun di dalam tubuh serta menangkal radikal bebas.

Sponsors Link
>
, ,