Sponsors Link

18 Makanan untuk Penderita Gagal Ginjal Paling Sehat

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ yang sangat berharga bagi tubuh kita. Gangguan pada organ yang satu ini dapat menyebabkan berbagai masalah yang mungkin akan menyerang kita baik di masa depan ataupun dalam jangka pendek. Oleh karena itu semua orang harus mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal dengan baik. Pun demikian, ketika misalnya penyakit ginjal sudah terlanjur kita alami atau dialami oleh orang-orang terdekat yang kita miliki, kita pun perlu mengetahui banya hal seperti misalnya penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor dan lain sebagainya. Tetapi tentu saja jauh sebelum itu kita perlu mengetahui penyebab penyakit ginjal, beberapa ciri-ciri penyakit ginjal seperti gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria

ads

Gagal ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang sangat membahayakan tubuh kita. Apabila Anda menderita penyakit yang satu ini, besar kemungkinan hidup Anda tidak akan sama dengan yang sebelumnya. Ketika ini terjadi, maka yang perlu Anda lakukan adalah bertahan hidup dan berusaha sebisa mungkin untuk mengatasi permasalahan ginjal Anda dengan perlahan. Kesembuhan hanya bisa capai ketika Anda menjalankan semua perawatan dan mengatasinya dengan baik. Salah satu hal yang perlu kita lakukan ketika kita terkena gagal ginjal adalah memakan atau mengonsumsi makan-makanan tertentu yang baik untuk kesehatan ginjal kita yang saat itu sedang mengalami kerusakan lumayan parah.

Oleh karena itu dalam artikel kali ini kita akan membahas makanan untuk penderita gagal ginjal yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui jenis makanan apa yang dapat kamu makan ketika kamu menderita gagal ginjal. Selain itu, pengetahuan tentang makanan untuk penderita gagal ginjal berikut ini juga akan membatumu untuk mengatasi permasalahan gagal ginjal yang mungkin diderita oleh anggota keluargamu yang sedang sakit ginjal.

Apa saja makanan untuk penderita gagal ginjal yang yang bisa dimakan ketika seseorang menderita gagal ginjal? Silakan perhatikan di bawah ini ya.

1. Paprika merah

Paprika merah adalah salah satu jenis makanan yang dapat kita konsumsi ketika menderita gagal ginjal karena mengandung potasium dalam kadar yang rendah, sehingga baik untuk kesehatan ginjal kita. Selain itu, paprika merah juga mengandung banyak vitamin, seperti misalnya vitamin C, vitamin B6, vitamin A, asam folat dan juga serat. Berbagai macam kandungan tersebut sangat baik dalam membantu sistem pencernaan atau sistem tubuh secara umumnya termasuk membantu mempercepat penyembuhan ginjal.

Selain mengandung berbagai macam jenis kandungan di atas, paprika merah juga mengandung senyawa antioksidan yang bernama likopen yang membantu melawan serangan kanker tertentu. Jadi, selain membantu ginjal jadi lebih sehat, paprika merah juga akan membantu melindungi tubuh dari kanker. Artinya, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui bukan?

2. Bunga atau kembang kol

Makanan untuk penderita gagal ginjal berikutnya adalah kembang kol. Kembang kol adalah makanan yang sangat baik dan ramah bagi ginjal kita. Mengonsumsi kembang kol dalam jumlah yang cukup tidak akan membuat kita mengalami dampak-dampak negatif tertentu. Selain itu, ada bnayak jenis kandungan gizi yang terdapat di dalam kembang kol. Beberapa jenis kandungan gizi yang ada di dalam kembang kol antara lain adalah vitamin C, serat dan folat yang dapat membantu kesehatan ginjal kita. Selain memberikan manfaat di atas, kembang kol juga mengandung komposisi lainnya yang penting untuk hati serta mampu menetralkan senyawa berbahaya yang masuk melalui tubuh kita.

Sponsors Link

3. Bawang putih

Makanan berikutnya adalah makanan yang telah laim digunakan oleh orang Indonesia sebagai salah satu bumbu berbagai jenis masakan yang kita makan, yaitu bawang putih. Semua orang pasti tahu bahwa bawang putih adalah salah satu bahan bumbu yang paling sering digunakan oleh hampir sebagian orang Indonesia saat masak.

Selain membuat masakan menjadi enak, bawang putih merupakan makanan yang mengandung senyawa tertentu yang mampu mengurangi potensi peradangan dan jumlah kolesterol buruk di dalam tubuh kita. Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan dan senyawa yang mampu mencegah terjadinya pembekuan darah sehingga membantu ginjal bekerja secara optimal.

ads

4. Bawang merah

Teman akrab bawang putih, yaitu bawang merah yang rendah potasium ini juga sangat baik untuk tubuh kita. Bawang merah mengandung senyawa flavonoid dan quercetin dapat yang mencegah berkumpulnya lemak di dalam aliran darah sehingga aliran darah akan menjadi lancar dan beban kerja ginjal pun menjadi lebih ringan. Senyawa quercetin adalah salah satu jenis antioksidan yang dapat pula mengurangi risiko penyakit jantung serta kanker. Bawang merah juga mengandung senyawa chromium yang dapat membantu mencerna lemak, protein, dan karbohidrat, sehingga kinerja sistem pencernaan tubuh akan menjadi lebih ringan.

5. Apel

Apel adalah salah satu jenis buah dengan kandungan serat tinggi yang mampu mencegah peradangan dalam jumlah yang banyak. Buah apel dapat membantu kita mengurangi jumlah kolesterol buruk, mencegah terjadinya konstipasi, mengurangi risiko penyakit jantung atau kanker. Selain itu kandungan apel secara umum juga sangat baik untuk tubuh kita, seperti misalnya kandungan vitaminnya yang sangat banyak dan juga bervariasi. Oleh karena itu pada kondisi normal buah apel termasuk salah satu jenis buah yang layak untuk kita konsumsi sebagai salah satu buah wajib untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tidak mengalami sakit-sakit tertentu yang dapat mengakibatkan tubuh aktivitas kita menjadi terganggu.

Pada akhirnya, dengan memakan buah apel maka penderita penyakit ginjal dapat mendapatkan gizi yang baik tanpa harus mencederai ginjal mereka sendiri.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu jenis ‘makanan’ yang telah banyak disebut dan dikenal mengandung berbagai macam manfaat untuk tubuh manusia. Minyak ini sering digunakan sebagai obat karena kandungan dan efeknya yang luar biasa terhadap kesehatan manusia tersebut.

Salah satu kandungan minyak zaitun adalah asam oleat yang dapat membantu tubuh melindungi diri dari oksidasi. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung senyawa polifenol dan senyawa antioksidan lainnya yang dapat membantu mencegah inflamasi dan oksidasi yang dapat membahayakan tubuh.

Para penderita sakit ginjal seperti gagal ginjal dapat mengonsumsi minyak zaitun karena hal tersebut akan membantu tubuh untuk memperbaiki sel ginjal yang mengalami kerusakan sehingga ginjal dapat kembali sembuh dan sehat seperti sedia kala. Tentu saja persetujuan dan konfirmasi dari dokter sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Tauge

Tahu tauge kan? Buat kamu yang belum tahu, tauge atau kecambah adalah salah satu sayuran yang dapat kita konsumsi saat anda menderita penyakit ginjal. Tauge dapat membantu tubuh membersihkan ginjal dan menghindari pembentukan batu ginjal yang dapat memperparah kondisi ginjal saat sakit. Sebaiknya tauge tidak dikonsumsi dalam bentuk yang sudah diolah seperti misalnya dalam bentuk sayur tertentu, namun langsung di makan mentah begitu saja setelah dibersihkan dengan air bersih.

Sponsors Link

Selain sepuluh makanan di atas, makanan lain yang juga baik untuk ginjal di saat ginjal kita mengalami sakit tertentu adalah sebagai berikut:

  1. Anggur hijau
  2. Anggur ungu
  3. Manggis
  4. Stroberi
  5. Raspberi
  6. Ceri
  7. Probiotik
  8. Blueberi
  9. Cranberi
  10. Seledri
  11. Anggur merah

Itulah beberapa makanan untuk penderita gagal ginjal yang baik untuk dikonsumsi ketika kita menderita penyakit gagal ginjal sekaligus dapat membantu penyembuhan penyakit gagal ginjal ketika kita menderita penyakit gagal ginjal, dan juga cocok sebagai salah satu makanan untuk penderita ginjal bocor atau mungkin makanan untuk ginjal sehat pada umumnya. Selain makanan di atas, sebaiknya kamu juga mengetahui makanan penyebab sakit ginjal, dan juga makanan yang baik untuk ginjal agar kamu dapat memaksimalkan pengetahuanmu tentang kesehatan ginjal.

Saat kita menderita gagal ginjal, hal terpenting yang perlu kita lakukan adalah menjaga kesehatan ginjal kita agar tidak bertambah menjadi parah. Kita perlu mengonsumsi makanan yang dapat membantu menumbuhkan bakteri baik, mengurangi inflamasi di dalam ginjal, membuat kinerja ginjal dalam menyaring zat-zat menjadi lebih ringan, serta menjaga aliran darah agar tetap jernih. Dengan demikian ginjal yang telah mengalami kerusakan cukup parah dapat mengalami penyembuhan secara alami dan bertahap hingga dia menjadi sehat kembali. Terlebih lagi ketika penyakit ginjal yang kita derita adalah penyakit gagal ginjal akut yang masih memungkinkan untuk sembuh dengan cara alami dalam arti tidak membutuhkan transplantasi tertentu.

Sponsors Link
>
, , ,