Sponsors Link

15 Makanan Untuk Ginjal Bengkak yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Ginjal bengkak atau yang dikenal dengan istilah medis hidronefrosis adalah sebuah keadaan di mana terjadi penumpukan urine pada salah satu atau kedua sisi ginjal. Penumpukan ini terjadi karena urine tidak bisa keluar menuju kandungan kemih. Penyakit ginjal yang satu ini bisa menyerang salah satu ginjal saja atau kedua ginjal: yakni ginjal bengkak sebelah kanan atau pembengkakan ginjal kiri.

ads

Pada ginjal yang normal, organ ini menyaring kotoran yang ada dalam darah dan membuangnya melalui urine. Urine disalurkan melalui ureter menuju kandung kemih. Namun terjadi hambatan yang membuat urine tidak bisa dikeluarkan oleh kandung kemih dan terjadi penumpukan urine di dalam ginjal. Akibatnya ginjal akan semakin penuh hingga akhirnya membengkak.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya ginjal bengkak pada seseorang, berikut penjelasan singkat tentang penyebab seseorang terkena ginjal bengkak:

Penyakit batu ginjal pada orang dewasa akan menyebabkan terjadinya ginjal bengkak. Hal ini dikarenakan batu yang terbentuk dalam ginjal menyumbat saluran urine sehingga membuat urine menumpuk di dalam ginjal.

Ginjal yang mengalami infeksi akan sangat rentan terkena penyakit yang lain salah satunya adalah pembengkakan. Jika seseorang sudah terkena infeksi ginjal, maka lakukan penanganan lebih lanjut untuk mengobati infeksi pada ginjalnya.

Seseorang yang terkena ginjal polikistik beresiko terkena ginjal bengkak juga. Sindrom polkistik biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau bawaan sejak lahir yang ditandai dengan tumbuhnya kista pada organ ginjal.

  • Infeksi saluran kemih

Penyakit infeksi saluran kemih akan menganggu kelancaran urine keluar dari tubuh. Itulah mengapa infeksi yang menyerang saluran kemih bisa berakibat pada ginjal bengkak.

Makanan untuk Ginjal Bengkak yang Wajib Dikonsumsi

Merawat penyakit ginjal bengkak tidak cukup hanya dengan pengobatan medis saja. Konsumsi makanan untuk ginjal bengkak yang sehat agar penyakit tersebut dapat segera disembuhkan. Berikut jenis makanan sehat untuk ginjal bengkak:

1. Kecambah

Kecambah atau tauge sangat baik untuk kesuburan dan pertumbuhan pada manusia. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari sayuran mungil ini dapat dirasakan oleh penderita ginjal bengkak. Kecambah dapat membantu membersihkan ginjal secara alami, termasuk melancarkan urine keluar dari dalam tubuh, serta mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

Sponsors Link

2. Bawang putih

Bawang putih masuk ke dalam daftar makanan sehat untuk ginjal yang wajib dikonsumsi. Bawang putih dapat meredakan peradangan pada ginjal karena bekerja sebagai anti inflamasi dan rendah kandungan kalium sehingga aman untuk gnjal. Berbagai kandungan di dalam bawang putih seperti kromium, mineral, protein, dan karbohidrat dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal yang bengkak.

3. Buah apel

Satu lagi makanan untuk ginjal bengkak yang wajib dikonsumsi. Buah apel baik untuk ginjal bengkak karena mampu membantu membersihkan ginjal dan mengeluarkan semua racun yang ada di dalamnya. Namun konsumsinya harus dibatasi karena apel memiliki banyak kandungan air.

ads

4. Buah Anggur

Sama seperti apel, buah anggur dapat mendetoksifikasi ginjal secara alami. Buah anggur akan membantu melancarkan urine dan membersihkan ginjal dari kotoran. Namun karena buah ini mengandung banyak air maka konsumsinya juga harus dibatasi.

5. Kubis

Sayuran kubis mengandung banyak senyawa phytochemical yang hanya bisa ditemukan pada buah sayur tertentu saja. Kandungan vitamin dalam kubis yang baik untuk ginjal bengkak di antaranya adalah vitamin K, vitamin C, vitamin B6, serat, dan asam folat. Karena kubis memiliki kandungan kalium rendah, maka sayuran ini aman untuk ginjal.

6. Ikan laut

Ikan laut memang menjadi salah satu pantangan makanan penderita ginjal karena memiliki kandungan protein yang tinggi.  Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, makanan ini sangat baik untuk ginjal. Ikan laut seperti salmon, sarden, rainbow trout, tuna, dan herring memiliki kandungan omega 3 yang bisa menjadi anti peradangan sehingga bisa membantu memperbaiki fungsi ginjal.

7. Putih telur

Satu lagi makanan sumber protein tinggi yang baik untuk ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Protein murni yang ada pada putih telur baik untuk penderita ginjal bengkak karena kandungan fosfornya yang rendah.

8. Paprika merah

Kandungan di dalam paprika merah yang sangat baik untuk ginjal bengkak adalah serat, asam folat, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Berbagai nutrisi alami tersebut dapat membersihkan ginjal secara alami dan mengeluarkan racun yang ada di dalamnya.

9. Minyal zaitun

Seseorang yang mengalami ginjal bengkak disarankan untuk memasak makanannya dengan menggunakan minyak zaitun. Kandungan yang ada di dalam minyak zaitun adalah anti inflamasi, anti oksidan, dan asam lemak alami. Ketiga kandungan bahan tersebut mampu meningkatkan kesehatan ginjal dan membersihkan penumpukan racun yang ada dalam organ ginjal.

10. Bayam

Makanan untuk ginjal bengkak yang baik untuk dikonsumsi adalah sayur bayam. Sayuran berdaun hijau ini memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, asam folat, dan serat. Bayam sangat baik untuk penderita ginjal bengkak karena memiliki kandungan kalium yang rendah. Semua kandungan yang ada di dalam bayam dapat menjaga kesehatan ginjal dan membantu meringankan kerja ginjal.

11. Rempah-rempah

Aneka macam rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur seperti kunyit, jahe, dan ketumbar memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Rempah-rempah akan membantu proses detoksifikasi alami pada ginjal, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita ginjal bengkak.

12. Yogurt

Yogurt adalah hasil fermentasi susu yang mengandung banyak bakteri baik. Oleh karena itu yogurt memiliki fungsi probiotik yang sangat baik untuk kesehatan ginjal. Yogurt bisa membantu menghentikan peradangan pada ginjal dengan cara menyingkirkan bakteri jahat yang ada pada ginjal. Namun takarannya harus tetap diperhatikan.

Sponsors Link

13. Buah Cherry

Buah mungil berwarna merah ini ternyata punya kandungan anti oksidan tinggi di dalamnya serta dapat bekerja sebagai anti inflamasi yang mengurangi peradangan. Buah cherry aman dikonsumsi penderita ginjal bengkak karena kandungan proteinnya rendah.

14. Strawberry

Warna merah buah strawberry dihasilkan dari kandungan anti oksidan tinggi di dalamnya. Buah ini mampu melindungi sel-sel tubuh secara keseluruhan dan merupakan sumber serat yang baik. Kandungan dua jenis fenol pada strawberry melindungi jantung dengan baik serta menghentikan peradangan yang ada dalam tubuh, termasuk yang ditimbulkan oleh ginjal bengkak.

15. Raspberry

Buah berry yang satu ini mampu menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas serta mencegah kerusakan sel dan organ penting pada tubuh, termasuk ginjal. Kandungan penting dalam raspberry di antaranya adalah phytonutrient atau asa ellagic.

Itulah berbagai jenis makanan untuk ginjal bengkak yang baik untuk dikonsumsi. Penyakit ginjal bengkak harus ditangani dengan baik agar tidak menjadi semakin parah dan menimbulkan penyakit ginjal yang lainnya. Selain makanan, ada juga pantangan ginjal bengkak yang harus dihindari oleh siapa saja yang ingin sembuh dari penyakit. Lakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala dengan dokter ahli agar seseorang yang menderita ginjal bengkak dapat sembuh dengan sempurna.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :