Sponsors Link

Makanan Tinggi Kalsium Oksalat Penyebab Batu Ginjal

Sponsors Link

Kalsium oksalat merupakan salah satu material pembentuk batu ginjal atau Penyebab Batu Ginjal pada Wanita dan pria di dalam tubuh yang cukup sering terjadi. Tentunya makanan tinggi kalsium oksalat tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan, apalagi jika Anda pernah mengidap Penyakit Ginjal batu ginjal. Karena batu ginjal kebanyakan terjadi akibat pola makan yang tidak seimbang atau kebiasaan makan makanan tertentu secara terus menerus, sehingga terjadi penumpukan material yang akhirnya mengeras di ginjal.

ads

Maka dari itu, kenali beberapa makanan yang tinggi akan kalsium oksalat sehingga Anda bisa mengatur porsi dan juga nutrisi dari makanan tersebut.

Makanan dengan Tinggi Kalsium Oksalat

Pada dasarnya, mengonsumsi makanan tinggi kalsium oksalat tetap diperbolehkan, asalkan asupannya tidak lebih dari 40 hingga 50 mg per hari. Batas sekian masih dikatakan aman untuk dikonsumsi. Namun sebaiknya jangan mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini terlalu berlebihan, karena berisiko membentuk Jenis Jenis Batu Ginjal kalsium oksalat.

  1. Sayuran

Beberapa jenis sayuran ada yang mengandung kalsium oksalat tinggi. Beberapa di antaranya adalah bayam, kangkung, terong, daun bawang, kentang, peterseli, paprika, ubi jalar, seledri, buncis, bit, okra, dan wortel. Sayuran yang disebutkan ini memiliki kandungan kalsium oksalat yang tinggi sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita batu ginjal atau memiliki riwayat batu ginjal.

  1. Buah-buahan

Selain dari jenis sayur-sayuran, makanan tinggi kalsium oksalat berikutnya berasal dari jenis buah-buahan. Bagi Anda yang pernah mengidap batu ginjal jenis kalsium oksalat, mungkin sebelumnya Anda sangat menyukai buah kiwi, jeruk, stroberi, raspberry, blackberry, blueberry, anggur concord, kulit jerik, elderberry, atau buah ara. Buah-buahan yang disebutkan itu memang mengandung kalsium oksalat yang cukup tinggi sehingga Anda yang sedang melakukan proses penyembuhan dari Penyakit Batu Ginjal tidak diperkenankan mengonsumsi terlalu berlebihan.

  1. Makanan lainnya

Dalam mengonsumsi makanan, kita memang selalu direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Namun mengonsumsi makanan yang sehat saja tidak cukup, karena yang paling tepat adalah mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang berbeda-beda setiap harinya. Dalam artian, jenis makanan juga perlu diubah agar lebih bervariasi. Tujuannya agar bisa menggenapi kebutuhan nutrisi harian secara seimbang dan tidak membuat salah satu nutrisi saja yang tertimbun di tubuh.

Makanan yang kaya akan kalsium oksalat berikutnya yang sebaiknya dihindari oleh penderita batu ginjal adalah biji wijen, kacang-kacangan, kedelai, talas, produk olahan gandum, sereal tinggi serat, dan pretzel. Makanan ini memang sehat, namun kandungan kalsium oksalatnya yang cukup tinggi menjadikan Anda perlu mengatur kembali porsi dan pola makan Anda.

Sponsors Link

  1. Minuman

Jenis minuman yang tergolong sebagai makanan yang tinggi akan kalsium oksalat juga ada beberapa, antara lain teh hitam, susu kedelai, cokelat susu, cokelat panas, dan segala macam jus yang terbuat dari buah-buahan tinggi kalsium oksalat.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai makanan tinggi kalsium oksalat yang perlu dihindari bagi penderita batu ginjal kalsium oksalat dan termasuk ke dalam Pantangan Makanan Setelah Operasi Batu Ginjal yang perlu dihindari juga. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman