Sponsors Link

7 Makanan Sehat Untuk Penderita Sindrom Nefrotik

Sponsors Link

Sindrom nefrotik adalah salah satu kelainan ginjal yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia baik yang berusia dewasa maupun sejak anak-anak. Seseorang yang memiliki penyakit ini akan kehilangan banyak protein dalam tubuhnya saat terjadi proses penyaringan dalam ginjal, lalu protein tersebut akan terbuang dengan percuma. Maka dari itu, penderita sindrom nefrotik perlu mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal yang dapat membantu memperkuat kondisi fisik serta memberikan tenaga kepada ginjal agar dapat bekerja secara maksimal.

ads

Berikut dibawah ini beberapa jenis makanan sehat untuk penderita sindrom nefrotik yang dapat anda konsumsi sehari-hari:

1. Ikan

Makanan sehat untuk penderita sindrom nefrotik yang pertama adalah ikan. Ikan merupakan salah satu hewan yang hidup di air dan mayoritas dapat dikonsumsi oleh manusia secara aman. Untuk penderita sindrom nefrotik, anda dapat secara bebas mengonsumsi ikan dengan jenis apapun disekiat anda. Karena pada dasarnya ikan mengandung protein yang sangat tinggi dan mampu membantu ginjal anda untuk bekerja dan bertahan lebih lama karena protein memberikan tenaga atau energi yang melimpah untuk ginjal anda sehingga ginjal anda dapat bekerja semaksimal mungkin.

Selain mengandung protein, ikan juga mengandung omega 3 yang sudah diketahui memiliki kandungan yang baik untuk otak anda. Jika dikonsumsi secara rutin, ikan akan memberikan efek yang baik pada otak serta ginjal anda.

Untuk mengonsumsi ikan, anda dapat memilih dua cara. Yang pertama adalah dengan direbus dan yang kedua adalah dengan cara di presto hingga lunak ditambah dengan kuah asam manis atau kunyit. Cara pengolahan ikan diatas disarankan agar nutrisi yang ada di dalam ikan seperti omega 3 dan juga protein tidak terbuang sia-sia dan juga agar lebih praktis dan mudah dikonsumsi.

2. Buah dan Sayur

Berbeda dengan ikan, buah dan sayur ini memang tidak semuanya mengandung protein yang tinggi sehingga mampu membantu ginjal anda bekerja secara maksimal. Namun, buah dan sayur ini mampu menurunkan tingkat kolesterol dalam darah anda sehingga ginjal anda bekerja lebih ringan dan tubuh anda lebih bersih dari kolesterol. Buah dan sayur disarankan untuk dikonsumsi karena mereka tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali didalamnya. Sebagai makanan sehat untuk penderita sindrom nefrotik, buah dan sayur memiliki banyak vitamin dan mineral.

Buah dan sayur ini dapat anda konsumsi dengan berbagai macam cara. Anda bisa membuatjus, di konsumsi secara langsung atau dapat juga direbus hingga lunak. Jika anda ingin variasi yang berbeda, anda bisa membuat salad dari buah dan sayur tersebut dengan diberikan saus atau dressing kesukaan anda. Selain segar, anda akan lebih merasakan nikmatnya buah dan sayuran.

Sponsors Link

3. Putih Telur

Hampir seluruh orang menyukai telur karena rasanya yang lembut dan memiliki banyak gizi. Telur sendiri menjadi bahan makanan yang saat ini mudah ditemui di ekitar anda sekalian. Harga untuk mendapatkannya juga termasuk murah. Namun, siapa sangka bahwa telur ini ternyata mampu membantu penderita sindrom nefrotik dalam kinerja ginjalnya.

Telur, khususnya pada bagian putih telur mengandung protein yang sangat tinggi yang mampu membantu kinerja ginjal menjadi lebih baik. Selain protein, telur juga mengandung albumin dan kolesterol yang rendah yang mampu meningkatkan kebutuhan protein dalam tubuh anda dengan maksimal.

Cara mengonsumsi putih telur ini sangat mudah, yaitu dengan merebusnya dan langsung saja dikonsumsi. Namun, anda juga bisa mengonsumsi putih telur ini dengan nasi.

ads

4. Daging Ayam

Daging ayam menjadi opsi lain apabila anda kurnag menyukai telur ayam atau putih telur ayam. Daging ayam ini salah satu makanan sehat untuk penderita sindrom nefrotik yang sangat sehat dan bermanfaat. Dengan mengonsumsi daging ayam secara teratur, tubuh anda akan semakin terpenuhi kebutuhan proteinnya karena sebelumnya protein dalam tubuh terbuang bersama dengan urin, dan ginjal anda dapat bekerja lebih kuat dan maksimal.

Namun, untuk mengonsumsi daging ayam, anda hanya boleh mengonsumsi bagia dada ayam saja karena pada area dada ayam kolesterol dan lemak sangat sedikit. Selain itu, hindari mengolah daging ayam dengan cara menggoreng atau membakar daging ayam karena kolesterol akan menumpuk. Dengan merebus atau mengukus, daging ayam dapat menjadi makanan yang baik untuk penderita sindrom nefrotik

5. Makanan Dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Saat ini pasti anda sedang bertanya-tanya, apakah dengan mengonsumsi makanan dan minuman dengan vitamin C tinggi mampu membantu menyembuhkan sindrom nefrotik? Sebetulnya, tidak ada hubungan penggunaan makanan dengan vitamin C ini dengan kemampuannya menyembuhkan penyakit sindrom nefrotik. Namun, Vitamin C ini membantu penderita lebih segar memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas setiap harinya.

Anda dapat mengonsumsi berbagai macam makanan dengan kandungan Vitamin C dari buah berwarna cerah seperti strawberry dan jeruk atau jus kemasan dengan rasa asam dan manis yang mendominasi dan jus ini menjadi salah satu minuman pembersih ginjal yang baik. Untuk mengonsumsi nya cukup mudah, hanya dengan mencucinya hingga bersih kemudian buah tersebut dikupas dan dikonsumsi serutin mungkin. Pasti badan anda akan lebih bersemangat dan segar.

6. Susu Low Fat

Jika anda menyukai mengonsumsi susu, tentu saja hal ini akan menjadi hal yang mudah bagi anda. Susu mengandung banyak sekali protein yang dibutuhkan oleh tubuh khususnya oleh ginjal anda. Penderita sindrom nefritis umumnya akan kekurangan dan sering kehilangan protein bersamaan dengan urin.

Susu menjadi minuman yang tergolong praktis karena dapat dikonsumsi kapan saja dan dimana saja. Jika suasana sedang dingin, anda bisa mengonsumsi susu selagi hangat dan sebaliknya ketika matahari sedang terik, anda bisa mengonsumsi susu dingin yang terasa sangat segar. Namun, satu hal yang harus anda ingat bahwa anda harus mengonsumsi susu low fat atau rendah lemak untuk dapat membantu ginjal anda bekerja dengan baik.

7. Batasi Konsumsi Garam

Makanan sehat untuk penderita sindrom nefrotik terakhir adalah segala jenis makanan yang memiliki kandungan garam terbatas atau sedikit. Dengan mengurangi kandungan garam pada setiap makanan yang anda konsumsi akan mengurangi kemungkinan terbentuknya kristal zat dan racun dalam ginjal yang merupakan awal mula batu ginjal serta mampu mencegah protein dalam ginjal terbuang bersama urin.

Sponsors Link

Itulah diatas ulasan singkat terkait makanan sehat untuk penderita sindrom nefrotik yang aman dan baik untuk anda konsumsi secara rutin dengan waktu kapan saja dan dimana saja. Makanan diatas bukanlah makanan yang sulit ditemui dan sulit untuk diolah. Selain mengonsumsi beberapa jenis makanan diatas, disarankan anda juga melakukan olahraga rutin agar mampu meningkatkan kesehatan fisik anda. Terlebih, anda juga harus menghindari  kebiasaan yang bisa merusak ginjal yang merugikan tubuh anda. Terkahir, kenalilah  makanan penyebab sakit ginjal sehingga anda dapat menghindarinya dengan tepat.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman