Sponsors Link

8 Makanan Sehat Untuk Penderita Kista Ginjal yang Dianjurkan

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang mempunyai peran vital, yaitu menyaring semua kotoran dan zat sisa metabolisme dalam tubuh kemudian membuangnya melalui urine. Namun ginjal juga menjadi salah satu organ tubuh yang rentan terkena penyakit. Berbagai penyakit yang mungkin menyerang ginjal antara lain adalah batu ginjal, radang ginjal, ginjal bengkakinfeksi ginjal, ginjal rusak, ginjal mengecil, gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis, ginjal bocor, hingga penyakit uremia dan kista ginjal.

ads

Penyakit kista ginjal adalah sebuah kondisi dimana muncul kantong berbentuk bulat atau oval di dalam organ ginjal yang berisi cairan. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh keturunan dan dialami pria di atas 50 tahun. Penderita kista ginjal tentu harus memperhatikan asupan makanannya dengan baik. Konsultasikan dengan dokter tentang makanan sehat untuk penderita kista ginjal yang wajib dikonsumsi.

Berikut rekomendasi makanan sehat untuk penderita kista ginjal yang wajib Anda ketahui:

1. Ikan laut

Ikan laut mengandung banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan ginjal. Minyak ikan atau omega 3 dalam ikan laut adalah vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh secara umum. Mengonsumsi ikan laut juga bisa menjauhkan Anda dari penyakit kanker.

2. Tomat

Buah tomat adalah salah satu makanan sehat untuk penderita kista ginjal yang wajib dikonsumsi. Tomat adalah sumber utama vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, tomat juga memiliki manfaat untuk mencegah gumpalan cairan di dalam ginjal dan mencegah munculnya kista pada ginjal. Selain mencegah munculnya kista ginjal, buah tomat juga bisa mencegah munculnya penyebab kista di ginjal.

3. Selada

Selada adalah sayuran yang kaya akan kandungan anti oksidan alami untuk tubuh. Anti oksidan ini mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit seperti anemia, eksim, tumor, bisul, hingga gangguan ginjal seperti kista ginjal. Daun selada juga mengandung zat yang mampu melakukan resistensi terhadap insulin, yang merupakan salah satu penyebab utama kista ginjal. Namun karena sayur ini juga mengandung kalium yang tinggi, konsumsinya juga harus dibatasi. Ketahui lebih lengkap tentang apa saja pantangan makanan penderita ginjal yang harus dihindari.

3. Paprika merah

Sayuran yang satu ini sangat baik dikonsumsi penderita kista ginjal. Kandungan potassium dalam paprika merah tergolong rendah, sehingga tidak membahayakan ginjal. Banyak pula kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam paprika merah seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin A, serat, dan asam folat. Semua kandungan tersebut baik untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Paprika merah selain baik untuk dikonsumsi penderita kista ginjal, juga menjadi salah satu cara mengobati ginjal bocor yang disarankan.

Sponsors Link

4. Bawang putih

Bawang putih menjadi salah satu makanan pencuci ginjal yang aman untuk dikonsumsi. Bumbu dapur yang ada hampir di setiap jenis masakan ini mempunyai sifat anti inflamasi yang mencegah terjadinya peradangan pada ginjal yang terkenal kista. Dengan kandungan anti oksidan yang dimiliki bawang putih, pembekuan darah pada ginjal dapat dicegah sehingga ginjal dapat bekerja dengan baik.

ads

5. Apel

Kalau Anda penasaran buah apa yang baik untuk kista ginjal, apel adalah jawabannya. Menjadi buah yang menyehatkan ginjal, apel memiliki kandungan serat yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi satu buah apel sehari, Anda akan dijauhkan dari kolesterol, kanker, serangan jantung, konstipasi, dan tentu saja gangguan ginjal.

6. Teh hijau

Meski bukan termasuk ke dalam jenis makanan, namun penderita kista ginjal sangat dianjurkan meminum satu cangkir teh hijau setiap harinya. Di antara semua jenis teh yang ada, teh hijau memiliki kandungan anti oksidan yang paling tinggi. Anti oksidan sangat dibutuhkan tubuh untuk melawan racun dan radikal bebas agar tidak menyebabkan penyakit, termasuk kista ginjal. Bagi penderita kista ginjal, teh hijau akan membantu mencegah munculnya penyakit lain yang bisa memperparah kondisi ginjal. Hindari pula berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal.

7. Kacang kedelai

Kacang kedelai termasuk salah satu makanan untuk ginjal bengkak yang wajib untuk dikonsumsi. Namun tidak hanya itu, kandungan protein nabati di dalam kacang kedelai mampu memperlambat pertumbuhan kista pada ginjal hingga tingkat tertentu. Namun mengingat adanya kandungan protein yang cukup tinggi pada kacang kedelai, batasi jumlah konsumsinya dan seimbangkan dengan kandungan gizi yang lain.

8. Buah berry

Semua jenis buah berry yaitu strawberry, blueberry, raspberry, dan cranberry mengandung anti oksidan alami yang tinggi di dalamnya. Kandungan anti oksidan ini sangat dibutuhkan oleh penderita kista ginjal agar penyakitnya tidak semakin parah dan kista yang ada di dalam ginjal tidak membesar dengan cepat. Oleh karena itu buah berry termasuk ke dalam jenis makanan sehat untuk penderita kista ginjal yang wajib dikonsumsi.

Itulah berbagai makanan sehat untuk penderita kista ginjal yang wajib untuk dikonsumsi. Sebelum Anda terkena penyakit ginjal apapun jenisnya, jaga kesehatan ginjal dengan baik. Anda bisa memulainya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menjauhi semua kebiasaan yang bisa merusak ginjal. Ginjal adalah salah satu organ penting yang fungsinya tak tergantikan. Jaga kesehatan ginjal Anda dengan baik ya!

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman