Sponsors Link

7 Makanan Sehat untuk Ginjal dan Jantung Wajib Dimakan

Sponsors Link

Ginjal dan jantung adalah dua organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Dua organ ini saling berkaitan karena memiliki hubungan kerja yang sangat dinamis, dalam arti senantiasa bekerja bersama untuk melakukan berbagai macam fungsi yang harus mereka lakukan seperti mengatur tekanan darah dan lain sebagainya. Apabila salah satu organ mengalami kerusakan atau gangguan, maka seluruh sistem tubuh juga akan mengalami getahnya. Oleh karena itulah kita harus mengurangi memakan makanan penyebab sakit ginjal.

ads

Melihat betapa pentingnya nilai organ jantung dan ginjal di atas, maka tentu saja kita harus melakukan berbagai cara untuk mencegah agar organ ginjal dan jantung bisa sehat dan tidak mengalami berbagai macam gangguan yang berbahaya. Beberapa di antara yang bisa kita lakukan adalah dengan memakan makanan sehat untuk ginjal dan jantung agar kesehatan ginjal dan jantung bisa terjaga dengan baik.

Apa saja makanan sehat untuk ginjal dan jantung tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Buah Apel

Makanan yang baik dan sehat untuk ginjal dan jantung yang pertama kali kita bahas dalam kesempatan kali ini adalah buah apel. Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan serat tinggi dan bisa digunakan untuk membantu mencegah peradangan sel-sel tubuh. Buah apel juga bisa berkhasiat untuk membantu mengurangi jumlah kolesterol buruk di dalam tubuh, mencegah konstipasi atau sembelit, dan mencegah serangan penyakit jantung atau kanker.

Buah apel adalah salah satu jenis buah yang baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit ginjal sekalipun. Apalagi apabila dikonsumsi oleh orang-orang yang sehat secara rutin, maka pasti kesehatan ginjal dan juga jantung mereka bisa terjaga dengan relatif baik.

2. Buah Cranberi

Selain buah apel, buah cranberi juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk ginjal dan jantung. Buah ini digemari karena rasanya yang enak, dan juga karena memiliki beberapa khasiat yang penting untuk kesehatan tubuh seperti membantu membersihkan organ ginjal. Buah yang berasal dari kelas beri-berian ini memiliki kandungan vitamin C, magnesium, potasium, vitamin A dan lain sebagainya, yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itulah buah ini merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk dimakan.

Buah kecil berbentuk bulat berwarna merah ini juga mampu membantu mengurangi adhesi cairan di saluran kemih serta mencegah munculnya infeksi pada saluran kencing. Sebelum mengonsumsi buah cranberi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, khususnya bagi mereka yang memiliki beberapa jenis penyakit organ tertentu. Akan tetapi, apabila tubuhmu sehat-sehat saja, maka mengonsumsi buah ini sangat disarankan dengan kadar yang seimbang.

3. Buah Manggis

Buah manggis adalah makanan yang baik untuk kesehatan ginjal dan jantung berikutnya. Secara umum, buah manggis memang mengandung banyak manfaat bagi manusia. Selain membantu menjaga kebugaran tubuh, buah manggis juga berperan dalam mengatasi kondisi lambung yang bermasalah ketika ada masalah asam lambung, dan juga membantu memulihkan kondisi ginjal yang mengalami masalah kebocoran. Oleh karena itulah buah manggis adalah salah satu makanan yang baik untuk ginjal.

Sponsors Link

Berbagai macam manfaat di atas bisa terjadi karena di dalam buah manggis terkandung senyawa yang sangat baik untuk mengatasi kerusakan sel-sel tubuh, yaitu senyawa xanthone. Senyawa xanthone yang terdapat di dalamnya bisa membantu tubuh untuk menyembuhkan berbagai macam kerusakan sel dan jaringan tubuh, seperti misalnya menyembuhkan ginjal yang sedang bocor, ginjal mengecil, dan berbagai masalah yang lain.

Senyawa xanthone merupakan salah satu jenis senyawa yang dapat mengatasi radikal bebas secara efektif, oleh karena itulah mengonsumsi buah manggis dalam jumlah yang cukup bisa membantu untuk mencegah berbagai macam zat berbahaya, racun, kuman dan lain sebagainya yang berpeluang untuk mengganggu kinerja ginjal. Oleh karena itulah, dengan mengonsumsi buah manggis, ginjal bisa disembuhkan dengan relatif lebih cepat dibandingkan dengan apabila buah manggis tidak dikonsumsi.

Selain manfaat di atas, buah manggis juga bisa membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Hal itu tentu saja akan berpengaruh pada organ jantung dan juga ginjal ketika mereka bekerja untuk mengatur aliran darah. Oleh karena itulah, mengonsumsi buah manggis akan membantu menurunkan risiko munculnya penyakit jantung dan stroke karena aliran darah lancar dan tidak terhambat. Dengan adanya kondisi tersebut, maka beban kerja ginjal juga akan menurun sehingga ginjal dapat bekerja dengan lebih ringan dan efisien. Oleh karena itulah ginjal jadi tidak mudah rusak dan bahkan akan terbantu dalam masa penyembuhan ketika ginjal masih melemah. Selain manfaat-manfaat tersebut, buah manggis juga akan membantu menjaga kestabilan tingkat kolesterol yang ada di dalam tubuh.

ads

4. Rujak Polo

Tanaman rujak pulo juga disebut dengan nama latin Tribullus terestis. Tanaman yang satu ini kabarnya telah digunakan sejak lama bahkan masih digunakan dalam beberapa pengobatan tradisional untuk membantu mengatasi masalah sistem metabolisme tubuh termasuk di antaranya adalah merawat kesehatan ginjal. Pada kenyataannya, secara klinis rujak polo memang mengandung berbagai hal yang baik untuk kesehatan ginjal. Bahkan rujak polo bisa digunakan dalam cara menjaga kesehatan ginjal.

Senyawa-senyawa analgesik di dalam rujak polo mampu membantu meringankan nyeri tubuh yang dialami secara alami. Selain itu, kandungan senyawa sapnon, alkaloid karbolin, dan senyawa-senyawa penyembuhan lainnya juga akan membantu penyembuhan sel dan jaringan tubuh dengan cepat. Oleh karena hal tersebut, tanaman rujak polo merupakan salah satu tanaman pengobatan sekaligus makanan yang baik plus ramuan herbal yang bisa digunakan untuk membantu mengembalikan fungsi ginjal dan menyembuhkan sel dan jaringan organ tubuh yang terluka.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan rujak polo. Ekstrak rujak polo yang diambil dari bibit, akar, atau daun rujak polo memiliki kandungan antimikrobial yang sangat efektif untuk melawan bakteri jahat dan juga bisa digunakan untuk membantu mencegah atau memperbaiki infeksi saluran urine. Oleh karena adanya sifat diuretik dari tanaman ini, rujak polo bisa digunakan untuk membantu meningkatkan produksi urine. Oleh karena itulah rujak polo bisa menjadi salah satu alternatif makanan sehat untuk ginjal dan jantung.

5. Paprika merah

Paprika merah adalah salah satu makanan yang bisa dikonsumsi meskipun kita sedang menderita gagal ginjal. Kadar potasium yang rendah adalah yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Selain itu, paprika merah juga memiliki mengandung berbagai macam jenis vitamin dan senyawa yang baik untuk tubuh lainnya, seperti misalnya vitamin C, vitamin B6, vitamin A, asam folat dan juga serat. Dengan adanya kandungan-kandungan tersebut, paprika merah merupakan salah satu jenis makanan sehat yang sangat baik untuk kesehatan ginjal dan juga jantung.

Selain mengandung berbagai macam kandungan di atas, paprika merah juga mengandung senyawa antioksidan bernama likopen yang bermanfaat dalam membantu melawan beberapa serangan kanker. Dengan kata lain, selain membantu ginjal menjadi lebih sehat, paprika merah juga akan membantu melindungi tubuh dari kanker. Oleh karena itu paprika merah sangat baik untuk kita konsumsi. Bahkan bisa menjadi salah satu cara mengobati ginjal bocor.

6. Bunga atau kembang kol

Bunga kol merupakan sayuran yang juga yang sangat baik dan ramah untuk tubuh kita, khususnya ginjal. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi makanan yang satu ini harus diperhatikan dosisnya. Mengonsumsi bunga kol terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan ginjal ataupun organ tubuh yang lain.

Sponsors Link

Pada umumnya, ada berbagai macam manfaat atau kandungan gizi yang ada di dalam kembang kol. Bunga kol mengandung vitamin C, serat dan juga folat yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan organ ginjal yang kita miliki karena membantu dalam menyembuhkan dan meregenerasi sel ginjal ataupun sel jantung yang mengalami kerusakan. Bunga kol juga memberikan manfaat pada hati karena bisa membantu menyaring atau mengatasi berbagai racun yang masuk ke dalam saluran tubuh kita.

7. Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang putih sebenarnya merupakan salah satu jenis bahan utama masakan orang Indonesia. Walaupun berharga relatif murah, akan tetapi bumbu masakan yang satu ini memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk organ tubuh kita, khususnya ginjal dan tidak lupa juga jantung.

Bawang putih dan bawang merah memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko terjadinya inflamasi atau peradangan dan juga membantu menurunkan jumlah kolesterol buruk yang ada di dalam tubuh kita. Bawang putih dan bawang merah sama-sama mengandung antioksidan dan mampu mencegah terjadinya pembekuan darah sehingga membantu ginjal bekerja dengan optimal.

Selain itu, senyawa quercetin yang terdapat pada bawang merah, merupakan salah satu jenis antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi risiko munculnya penyakit jantung dan kanker. Tidak hanya itu, bawang merah mengandung senyawa chromium yang berguna dalam rangka membantu sistem pencernaan tubuh dalam mencerna lemak, protein, dan karbohidrat, sehingga membuat sistem pencernaan bisa bekerja dengan optimal.

Itulah beberapa makanan sehat untuk ginjal dan jantung yang bisa kita bahas dalam kesempatan kali ini. Semoga dengan beberapa pembahasan ini, kamu bisa menjaga kesehatan ginjal dan jantungmu dengan lebih baik ya. Jangan lupa membaca tips menjaga kesehatan ginjal agar kamu bisa menjaga ginjal dengan sempurna. Selamat menjaga hidup sehat!

Sponsors Link
>
, , , ,