Sponsors Link

30 Makanan Sehat untuk Ginjal (#Anda Wajib Tahu)

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ manusia yang berfungsi sebagai penyaring. Ginjal menyaring urin agar terpisah dari zat-zat yang dibutuhkan tubuh sehingga zat-zat terserap oleh tubuh namun kotoran terbuang bersama dengan urin. Selain itu ginjal juga berfungsi sebagai pengatur ph darah serta manjaga keseimbangan cairan tubuh. Jika ginjal terganggu, maka proses penyaringan juga akan terganggu. Hal ini tentu akan menggangu organ lainnya karena tidak mendapat nutrisi sebagai mana semestinya. Keseimbangan cairan juga akan terganggu dan menyebabkan kelebihan atau kekurangan air nantinya. Oleh karena itu, untuk menjaga fungsi ginjal ini, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar ginjal tetap sehat. ( Baca juga : makanan penderita ginjal bocor )

ads

Makanan Sehat untuk Ginjal

  1. Kembang Kol

Kembang kol merupakan salah satu makanan sehat untuk ginjal karena  memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kembang kol memiliki antioksidan yang dapat mendetoksifikasi ginjal sehingga meminimalisir peradangan atau infeksi. ( Baca juga : cara mengobati gagal ginjal )

  1. Bawang putih

Bawang putih sangat baik untuk ginjal karena memiliki antioksidan yang tinggi. Bawang putih juga mampu melancarkan peredaran darah sehingga dapat tidak khawatir terjadi penggumpalan yang dapat membahayakan ginjal. Selain itu bawang putih juga dapat menurunkan kolestrol jahat. ( Baca juga : tips menjaga kesehatan ginjal )

  1. Paprika Merah

Paprika memiliki serat yang banyak serta vitamin yang baik untuk kesehatan ginjal seseorang. Paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, paprika merah juga memiliki zat anti kanker yang baik untuk ginjal. ( Baca juga : khasiat buah mengkudu untuk ginjal )

  1. Toge

Toge memiliki kandungan yang sangat baik untuk fungsi ginjal. Toge dapat menghancurkan batu atau kristal-kristal yang ada di dalam ginjal.

  1. Bawang bombay

Makanan sehat untuk ginjal yang selanjutnya ialah bawang bombay. Bawang bombay mampu menghancurkan batu yang mengendap di ginjal. Sehingga mampu membersihkan dan memperlancar pengeluaran urin. ( Baca juga : khasiat buah manggis untuk ginjal )

  1. Putih telur

Putih telur rendah akan fosfor di dalamnya.  Purtih telur menjadi makanan yang sehat untuk ginjal karena ginjal memerlukan  makanan yang rendah fosfor namun tinggi asam amino. ( Baca juga : ciri ciri batu ginjal pada wanita )

  1. Ikan

Ikan mengandung omega 3 yang baik untuk memperbaiki jaringan. Ginjal membutuhkan kandungan ini agar jika ada jaringan yang rusak segera diperbaiki dengan sendirinya. ( Baca juga : ciri ciri batu ginjal pada wanita )

  1. Stroberi

Stroberi sangat baik untuk fungsi ginjal. Buah ini dapat mencegah inflamasi atau peradangan pada ginjal. Stroberi mengandung anthocyanin yang mampu mencegah peradangan. ( Baca juga : cara mengobati ginjal bocor )

  1. Blueberry

Blueberry sama dengan stroberi mengandung antioksidan yang tinggi. selain itu Blueberry mengandung phtokimia yang mampu menangkal radikal bebas Sehingga ginjal terhindar dari kanker. ( Baca juga : cara mengobati ginjal bengkak )

Sponsors Link

  1. Ceri

Ceri adalah buah yang rendah protein dan fosfor. Protein dan fosfor sangan tidak dianjurkan untuk kesehatan ginjal. ( Baca juga : ciri ciri infeksi ginjal )

  1. Wortel

Tekanan darah sangat berpengaruh pada ginjal. Wortel dapat menurunkan hipertensi seseorang. Hal inilah yang membuat wortel menjadi makanan yang sehat untuk ginjal. Seseoarang yang mengalami hipertensi akan dapat menggumpal darahnya sehingga dapat menjadi plak dan menghambat aliran darah yang dapat menghambat aliran darah. Wortel dapat mencegah hal tersebut terjadi. Hal ini tentu baik untuk menjaga ginjal agar tidak bertambah rusak. ( Baca juga : ciri ciri infeksi ginjal )

  1. Brokoli

Brokoli memiliki kadar vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Namun, brokoli rendah akan kolestrol. Sehingga baik untuk kesehatan ginjal. Seperti yang telah dijelaskan sebeumnya bahwa ginjal memerlukan makanan yang bervitamin tinggi dan menghindari yang berkolestrol tinggi. Selain itu brokoli juga memiliki sifat anti kanker. Kanker sangat sering menyerang area ginjal. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan ginjal, diperlukan makan berserat tinggi yang anti kanker. ( Baca juga : makanan pembersih ginjal )

ads
  1. Tomat

Tomat memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, terlebih pada ginjal. Manfaat tomat antara lain dapat mencegah sistem daya tahan tubuh, mencegah cairan yang menggumpal serta mencegah kista muncul. Kista sangat berbahaya jika dibiarkan tumbuh. Oleh karena itu dengan mengonsumsi tomat, diharapkan tubuh manusia dapat menangkal pertumbuhan kista pada ginjal. ( Baca juga : makanan perusak ginjal )

  1. Selada

Salada memiliki zat yang dapat meristensi insulin di mana resistensi insulin merupakan penyebab kista gnjal. Untuk itu dengan mengonsumsi salada dapat mencegah timbulnya kista atau kanker pada ginjal. ( Baca juga : albuminuria )

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan ginjal. Minyak zaitun mampu mencegah peradangan pada ginjal serta mampu menghancurkan kristal-kristal pada ginjal agar larut dalam urin. ( Baca juga : sistitis )

  1. Bawang merah

Bawang merah mengandung zat antioksidan yang kuat sehingga dapat menangkal radikal bebas. Selain itu bawang merah juga mengandung zat flavonoid yang dapat mencegah ginjal dari kanker. ( Baca juga : penyebab uremia )

  1. Anggur merah

Tidak hanya bawang merah, anggur merah juga mengandung zat flavonoid yang dapat menjaga tubuh dari pembentukan sel yang abnormal. Sehingga ginjal terhndar dari kanker. ( Baca juga : pielonefritis )

  1. Jeruk bali

Jeruk bali mampunyai kandungan zat flavonoid juga sehingga dapat pencegah kerusakan organ ginjal. Mencegah pembentukan sel abnormal dan memperbaiki sel yang rusak. ( Baca juga : ketosis )

  1. Buah manggis

Buah manggis memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan ginjal manusia. Meningkatkan sistem imun sehingga tubuh lebih terjaga.

  1. Kulit buah manggis

Kulit dari buah manggis mengandung xhanthone yang dapat memperbaiki fungsi ginjal yang telah rusak. Sehingga ginjal mampu menyaring dengan normal lagi.

  1. Biji kenari

Biji kendari memiliki kandungan omega 3 juga yang dapat mengurangi peradangan pada suluaran kemih manusia.

  1. Daun Seledri

Seledri memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Tidak heran disetiap makanan berlemah pasti akan ditambah daun seledri di dalamnya. Hal ini lantaran seledri kaya akan serat dan vitamin c. Seledri ini dapat memperbaiki kerusakan jaringan tubuh manusia.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan vitamin B di dalamnya. Vitamin B ini sangat berguna untuk kesehatan ginjal dalam hal detoksifikasi.

  1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang banyak mengandung vitamin B juga. Tentunya vitamin B ini akan sangat diperlukan oleh ginjal dalam menjalankan tugasnya.

  1. Semangka

Semangka juga merupakan buah yang kaya akan vitamin B. Semangka dapat membersihkan ginjal dan menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan akan membuat ginjal bekerja dengan ekstra. Oleh karena itu semangka sangat baik untuk kesehatan ginjal.

  1. Pisang

Selain pepaya dan semangka buah lainnya yang bagus untuk kesehatan ginjal adalah pisang. Pisang dapat mengatasi infeksi saluran kemih serta menghancurkan batu ginjal sehingga dapat keluar bersama dengan urine.

  1. Apel

Apel sangat bermanfaat untuk ginjal. Apel dapat menghancurkan batu-batu ginjal sehingga dapat keluar melalui urin. Selain itu apel juga dapat mengurangi tingkat keasaman pada urin sehingga dapat mengurangi resiko terjadi batu ginjal.

Sponsors Link

  1. Teh hijau

Selain kaya akan antioksidan, teh hijau juga memiliki kandungan inflamasi. Anti inflamasi ini yang dapat menjaga ginjal dari peradangan akibat infeksi. Selain itu juga dapat menjadi detoksifikasi untuk ginjal.

  1. Ubi

Ubi memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium berfungsi untuk pembentukan sel dan jaringan tubuh. selain itu ubi juga mengadung vitamiin A, C dan B-6 dimana sangat vitamin ini sangat berguna untuk  kesehatan ginjal.

  1. Cranbaries

Buah ini dapat melindungan kandung kemih agar tidak ada bakteri yang menempel pada dindingnya. Sehingga infeksi pada kandung kemih dapat terhindarkan.

  1. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang daoat membersihkan ginjal. Rempah-rempah sangat baik untuk tubuh, salah satunya jahe ini. Jahe dapat mengurangi kalori pada suatu makanan agar dapat menyehatkan ginjal

  1. Kunyit

Selain jahe, rempah-rempah lainnya yang baik untuk ginjal adalah kunyit. Kunyit mampu mengatasi infeksi dan peradangan pada ginjal. Selain itu, kunyit juga memiliki kegunaan sebagai anti  kanker dan hipertensi. Kunyit memiliki antioksidan yang dapat membawa racun keluar dari tubuh bersama dengan urine

  1. Mentimun

Mentimun mangandung banyak cairan yang tentunya sangat baik untuk ginjal. Selain itu kandungan kalium dan vitamin B yang banyak juga membuat mentmun dapat berguna untuk menyembuhkan penyakit ginjal.

  1. Yoghurt

Yoghurt mengandung prabiotik yang dapat mencegah bakteri masuk ke ginjal. Namun, mengonsumsi yoghurt tidak boleh berlebihan dan tetap pada anjuran pemakaian yang telah ditentukan.

  1. Mengkudu

Mengkudu mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan ginjal. Selain menangkal radikal bebas dan anti bakteri. Mengkudu juga mampu mengatur tekanan darah dan gula darah.

  1. Sukun

Sama halnya dengan mengkudu. Sukun juga mampu mengatur tekanan dan gula darah. Suka juga mampu mencegah bakteri masuk ke dalam ginjal serta mampu melawan radikal bebas. Sukun juga mampu melancarkan aliran darah dan membersihkan saluran perkemihan sehingga tidak ada batu ginjal.

Itulah berbagai makan makanan sehat untuk ginjal. Menjaga kesehatan ginjal dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat dan juga mengonsumsi air dalam keadaan yang cukup dapat membantu kesehatan ginjal sehingga fungsi ginjal dapat bekerja secara maksimal.

Sponsors Link
>
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman