Sponsors Link

18 Makanan Rendah Protein untuk Penderita Gagal Ginjal

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan dalam menyaring zat sisa metabolisme pada tubuh. Akan tetapi ada beberapa orang yang mengalami gagal ginjal kronis karena riwayat ataupun Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Ginjal. Akibatnya, pola makanan pun perlu diatur sedemikian rupa agar bisa mengurangi beban kerja ginjal. Salah satunya dengan mengatur pola makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal. Dalam hal ini, penderita gagal ginjal bukan berarti dilarang mengonsumsi protein sama sekali, namun perlu dibatasi. Berikut batasan diet rendah protein tersebut.

ads
  • Asupan protein pada pasien dengan berat badan 50 kg adalah 30 gram
  • Asupan protein pada pasien dengan berat badan 60 kg adalah 35 gram
  • Asupan protein pada pasien dengan berat badan 65 kag adalah 40 gram

Adapun bahan makanan yang rendah protein dan bisa dikonsumsi untuk Diet Gagal Ginjal antara lain sebagai berikut.

  1. Apel

Apel adalah salah satu buah yang memang baik untuk kesehatan. Apel juga relatif aman bagi penderita penyakit ginjal. Apel bisa dikonsumsi secara sehat dengan kadar tertentu dan tidak berlebihan.

  1. Anggur merah

Buah lain yang bisa dijadikan makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal adalah anggur merah. anggur merah ini bisa juga membantu memenuhi nutrisi bagi penderita gagal ginjal. Akan tetapi konsumsinya juga tidak perlu berlebihan, cukup 3 buah saja per harinya.

  1. Ceri

Buah ceri merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan yang baik. Buah ceri juga bisa membantu mengurangi kadar kalium pada tubuh sehingga aman bagi penderita gagal ginjal yang juga biasanya disarankan untuk melakukan diet rendah kalium.

  1. Bawang putih

Salah satu bumbu dapur yang memang sehat dan menyehatkan adalah bawang putih. Bawang putih bisa dijadikan bumbu masak utama bagi penderita Gagal Ginjal Kronis. Bawang putih ini juga bisa menghambat pembekuan darah karena khasiatnya bagi tubuh yang beragam.

  1. Touge atau kecambah

Makanan yang satu ini juga bisa dikategorikan sebagai makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal yang bisa dikonsumsi secara sehat. Makanan ini bahkan juga merupakan makanan yang baik untuk mencegah batu ginjal pada tubuh.

  1. Bawang merah

Selain bawang putih, ternyata bawang merah juga merupakan bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Bawang merah juga bisa dijadikan bumbu masak yang sehat karena juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh dan kesehatan.

  1. Telur ayam

Bagi penderita gagal ginjal yang memang diharuskan mengonsumsi makanan rendah protein, telur masih bisa dikonsumsi. Namun konsumsi telur yang bsia dilakukan hanya 1 butir per harinya (50 gram saja).

  1. Tempe atau tahu

Selain telur, makanan lain yang masih aman dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal adalah tempe dan tahu. Walau kedua bahan makanan ini juga mengandung sejumlah protein, namun masih bisa dikonsumsi. Akan tetapi maksimal hanya 25 gram saja.

Sponsors Link

  1. Paprika merah

Makanan lain yang bisa dikonsumsi sebagai Makanan Baik Untuk Penderita Ginjal adalah paprika merah. Paprika merah juga bisa meringankan penyakit ginjal. Selain itu, paprika merah juga tidak banyak mengandung kalium, sehingga aman juga bagi penderita ginjal yang direkomendasikan untuk menghindari kalium.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang bisa dikonsumsi bagi penderita gagal ginjal. Bahkan minyak zaitun ini memang sehat untuk dikonsumsi orang normal yang tidak memiliki masalah kesehatan.

  1. Kubis

Kubis adalah jenis sayuran yang mengandung nutrisi baik bagi tubuh. Namun perlu diketahui bahwa kubis juga mengandung sejumlah kalsium. Bagi penderita ginjal yang dilarang mengonsumsi kalsium berlebihan, perhatikan porsi Anda.

Sponsors Link

  1. Yogurt

Jenis olahan susu ini juga baik dikonsumsi sebagai makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal. Namun yigurt juga mengandung sejumlah kalsium yang perlu diperhatikan takarannya.

  1. Rempah-rempah

Selain bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih, rempah-rempah sepeti jahe, kunyit, ketumbar dan lainnya masih boleh dikonsumsi. Rempah-rempah selain memberi rasa juga bisa membantu menyehatkan tubuh. Namun perhatikan juga takarannya.

  1. Raspberry

Buah untuk Penderita Ginjal dan Diabetes adalah raspberry. Makanan yang satu ini mengandung zat untuk mencegah kerusakan sel, sehingga aman untuk penderita ginjal.

  1. Stoberi

Buah ini juga bisa dikonsumsi secara sehat karena bisa mencegah kerusakan oksidatif pada tubuh dan merupakan sumber vitamin C bagi tubuh.

  1. Bluberi

Buah bluberi adalah buah yang kaya akan antioksidan dan baik untuk dikonsumsi secara sehat bagi orang normal atau penderita ginjal.

  1. Susu bubuk

Susu bubuk bagi penderita gagal ginjal yang direkomendasikan hanya 10 sampai 20 gram per harinya.

  1. Madu

Madu sebagai bahan alami juga bisa dikonsumsi, maksimal hanya 20 hingga 30 gram per harinya.

Demikianlah beberapa makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal yang bisa dikonsumsi. Semoga bermanfaat. Tetap lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui seberapa kadar dari makanan di atas, karena masing-masing pasien gagal ginjal memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman