Sponsors Link

20 Makanan Perusak Ginjal yang Wajib Dihindari

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang harus dijaga dengan baik. Kerusakan pada ginjal dapat mengakibatkan penyakit lain yang membuat aktivitas anda akan sangat terganggu. Oleh karena itu anda harus menjaga kesehatan ginjal anda. Salah satu hal yang dapat membuat ginjal anda rusak adalah makanan-makanan tertentu, yang dapat dibilang sebagai makanan perusak ginjal. Berikut ini adalah dua puluh makanan perusak ginjal yang patut anda hindari agar tidak menyebabkan kerusakan pada ginjal anda.

ads

Baca juga:

Makanan Perusak Ginjal

1. Protein hewani berlebihan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan protein hewani berlebihan dapat mengakibatkan resiko munculnya batu ginjal meningkat. Protein hewani merupakan salah satu zat yang dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Apabila anda mengonsumsi makanan dengan protein hewani secara berlebihan maka potensi besar akan terbentuk batu ginjal dalam ginjal anda sehingga mengganggu kinerja ginjal.

2. Aspartam

Aspartam merupakan salah satu pemanis buatan yang dapat mengganggu kinerja ginjal. Pemanis buatan adalah senyawa toksik yang mengganggu kinerja ginjal.

3. Sakarin

Sakarin merupakan salah satu pemanis buatan yang dapat mengganggu kinerja ginjal. Pemanis buatan adalah senyawa toksik yang mengganggu kinerja ginjal.

4. Soda

Minuman bersoda mengandung senyawa fosfat dalam jumlah yang banyak. Senyawa fosfat dapat mengambil cadangan kalsium yang ada di dalam tulang anda, sehingga dapat mengakibatkan osteoporosis. Selain itu, soda juga dapat mengakibatkan terjadinya penyakit ginjal kronis yang harus anda segera sembuhkan bila anda tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan.

5. Garam

Garam mengandung natrium klorida yang bersifat mengikat air di dalam tubuh. Apabila anda meminum banyak garam maka banyak pula kandungan air yang terikat di dalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini akan memperberat kinerja organ dalam anda, khususnya ginjal dan jantung. Lebih lanjut, apabila terlalu banyak mengonsumsi garam (natrium klorida) tanpa diimbangi dengan asupan kalium yang mencukupi dapat mengakibatkan anda terkena penyakit jantung. Ginjal anda juga dapat merasakan efek sampingnya.

6. Potassium tinggi

Salah satu unsur makanan yang perlu dihindari berikutnya adalah makanan yang mengandung kadar potasium sangat tinggi. Makanan yang mengandung potassium dalam jumlah yang tinggi dapat membuat ginjal anda bekerja terlalu keras sehingga menjadi lebih cepat rusak. Apabila ginjal anda sudah rusak maka potassium tidak akan dapat tersering lagi sehingga membuat anda terserang hiperkalemia sekaligus gagal ginjal.

7. Makanan modifikasi genetik

Makanan yang dimodifikasi secara genetik seperti jagung dan kedelai genetik dapat membuat ginjal dan hati anda rusak. Sebabnya kemungkinan karena dalam makanan yang dimodifikasi secara genetik terkandung residu pestisida serta memiliki sifat mutagenik dari jagung tersebut.

8. Asam oksalat

Makanan yang mengandung asam oksalat dalam jumlah tinggi juga sebaiknya anda hindari. Asam oksalat merupakan salah satu zat yang membentuk batu ginjal di dalam tubuh seorang manusia. Beberapa makanan yang mengandung asam oksalat dalam jumlah tinggi antara lain kopi, teh, buah bit, kacang, ubi dan cokelat.

9. Fosfor tinggi

Makanan yang mengandung fosfos dalam jumlah tinggi juga dapat merusak ginjal anda karena menggangu level elektrolit yang ada di dalam tubuh. Makanan dengan jumlah fosfor tinggi yang perlu anda kurangi antara lain yogurt, susu, keju dari kedelai, yogurt dari kedela, cokelat, serta minuman-minuman berkarbonasi.

Sponsors Link

10. Makanan yang dibekukan

Penyakit ginjal salah satunya disebabkan karena tekanan darah yang terlalu tinggi. Tekanan darah tinggi ini disebabkan karena sodium dalam darah seseorang juga dalam kondisi yang tinggi. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan ginjal yang anda harus lakukan adalah menjaga tekanan darah anda agar tidak terlalu tinggi dengan cara mengurangi konsumsi sodium tinggi.

Makanan yang dibekukan dan diawetkan merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung kadar sodium tinggi. Oleh karena itu sebaiknya anda menghindari makanan yang dibekukan sebagai salah satu makanan yang anda konsumsi.

Selain 10 makanan di atas, berikut 10 makanan lain yang dapat merusak ginjal sehingga perlu anda hindari untuk menjaga kesehatan ginjal anda.

11. Makanan dengan kadar kalium tinggi

12. Paprika dalam kadar yang tinggi

13. Cabai merah dalam kadar yang tinggi

14. Alpukat dalam jumlah yang tinggi

15. Coklat dalam jumlah yang tinggi

16. Aprikot kering dalam jumlah yang tinggi

17. Sup kalengan yang dibekukan dan diawetkan

18. Junk food

19. Hot dog

20. Daging olahan

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

ads

Selain menghindari makanan di atas, berikut beberapa tips yang dapat anda ikuti untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan ginjal yang dapat anda terapkan dalam kehidupan anda sehari-hari. (Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Ginjal )

1. Meminum air dengan cukup

Air adalah hal yang penting bagi tubuh, termasuk ginjal. Meminum air dengan cukup, sekitar empat sampai enam gelas per hari adalah seusatu yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Ahli ginjal James Simon, MD, mengatakan bahwa meminum air lebih dari cukup sama sekali tidak menambah manfaat untuk ginjal kita. Sehingga, tidak perlu meminum terlalu banyak, secukupnya saja.

2. Memakan makanan yang sehat

Kebanyakan masalah ginjal datang karena permasalahan kesehatan yang lain seperti tekanan darah tinggi atau diabetes. Sementara ginjal sendiri mampu menoleransi banyak sekali jenis makanan. Oleh karena itu menjaga pola makan kita adalah hal yang penting, karena hal itu dapat mengurangi potensi munculnya penyakit yang memicu permasalahan pada ginjal seperti diabetes.

3. Olahraga teratur

Olahraga dengan teratur dapat membantu menurunkan berat badan serta menyetabilkan tekanan darah. Namun jangan memaksakan diri apabila sedang tidak fit, karena olahraga di saat seperti ini justru akan membuat kerja tubuhmu lebih keras dari biasanya, terlebih apabila olahraga yang kamu lakukan membuat jaringan selmu terluka.

4. Hati-hati menggunakan suplemen dan obat herbal

Terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin atau suplemen dari ekstrak herbal dapat membuat ginjalmu bermasalah karena bekerja terlalu keras untuk mengolah ekstrak yang masuk ke tubuhmu. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsilah suplemen dan ekstrak herbal setelah berkonsultasi dengan dokter tentang kebutuhan tubuhmu dan kemampuan tubuhmu menerima suplemen dan obat herbal tersebut.

5. Berhenti merokok

Merokok dapat merusak aliran darah yang dapat mengurangi aliran darah yang masuk ke ginjalmu sehingga menghambat kinerja ginjal secara sempurna. Selain itu merokok juga meningkatkan potensi darah tinggi dan kanker ginjal. (Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal)

6. Jika sedang menderita penyakit berat, rutinlah cek up

Jika sedang menderita penyakit seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, rutinlah melakukan cek up termasuk pada kondisi ginjalmu. Dengan cek up dokter dapat mengantisipasi keadaan apa yang akan terjadi sehingga mampu memberikanmu saran untuk menjaga keadaan tubuhmu, termasuk menjaga ginjalmu.

7. Jangan terlalu banyak menggunakan obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri yang bisa didapatkan di apotik umum seperti ibuprofen dan naproxen dapat membahayakan ginjalmu bila dikonsumsi dalam jangka panjang dan terus menerus. Sehingga lebih baik, apabila kamu merasakan nyeri yang sering, periksalah ke dokter dan jangan mengandalkan obat tersebut. Oleh karena selain membahayakan ginjalmu, bisa jadi penyakit yang kamu derita malah tidak sembuh-sembuh.

Sponsors Link

8. Seringlah bergerak aktif

Tubuhmu tidak didesain untuk terus menerus diam di satu tempat saja. Banyak penyakit yang muncul dalam jangka panjang apabila kita sering menghabiskan waktu duduk atau berdiam diri (bermalas-malasan), termasuk penyakit ginjal. Oleh karena itu, seringlah bergerak, baik dengan berjalan kaki ke tempat kerja atau yang lainnya untuk menjaga agar tubuhmu tetap aktif.

9. Mengawasi kadar gula darah anda

Banyak penyakit ginjal yang muncul karena penyakit diabetes. Dengan memonitor jumlah gula darah di darah anda secara teratur, maka anda dapat mendeteksi serta mengurangi resiko terkena penyakit diabetes yang bisa memunculkan penyakit ginjal. (Baca juga: Glukosaria)

10. Mengawasi tekanan darah anda

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab mengapa ginjal bisa bermasalah. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengawasi tekanan darah yang anda miliki agar dapat mengetahui apa yang harusnya anda lakukan. Dengan mengetahui tekanan darah anda, anda bisa memutuskan harus makan apa dan harus seberapa sering anda berolahraga. Sehingga resiko terkena darah tinggi yang bisa membuat ginjal anda bermasalah menjadi berkurang.

Itulah beberapa Makanan Perusak Ginjal dan tips menjaga ginjal yang dapat anda terapkan. Selamat menjaga kesehatan ginjal anda!

Sponsors Link
>
, ,