Sponsors Link

30 Makanan Penyebab Sakit Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sakit GinjalSebagai salah satu organ tubuh manusia, peran ginjal sangatlah kompleks bagi manusia. Salah satu nya yaitu sebagai alat ekskresi atau bertugas untuk mengeluarkan sisa penyaringan darah berupa urine.

ads

Agar bisa selalu bekerja dengan optimal penting bagi kita agar bisa merawat kesehatan ginjal. Salah satu caranya adalah dengan lebih memperhatikan pola makanan dan minuman yang biasa kita konsumsi sehari – hari.

Sehingga di bawah ini akan dibahas beberapa makanan yang bisa menyebabkan sakit ginjal, sehingga anda harus hati hati dalam mengkonsumsi makanan. Karena kesehatan anda bisa anda ketahui dari pola makanan yang anda konsumsi.

Baca juga :

Makanan penyebab sakit ginjal

1. Daging

Daging banyak mengandung protein hewani yang bisa menyebabkan adanya pembentukan batu ginjal atau kerusakan ginjal lainnya apabila dikonsumsi secara berlebihan. Resiko untuk terkena batu ginjal bahkan bisa mencapai 30 – 50% jika kita kurang cermat dalam menyiasati pengonsumsian jenis makanan ini. Hal ini dikarenakan asupan protein yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan timbulnya tekanan pada ginjal, karena limbah dari zat protein tergolong sulit untuk di buang.

2. Ikan Tuna

Pengonsumsian ikan tuna yang berlebih juga cukup mengkhawatirkan. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang cukup tinggi juga, meskipun tidak sebanyak protein pada daging. Dalam 100 gr ikan tuna terkandung 26 gr protein.

3. Kacang – kacangan

Tidak perlu diragukan lagi selain karbohidrat dalam kacang – kacangan juga terkandung kadar protein yang cukup tinggi, terutama pada jenis kacang kedelai dan kacang hijau. Oleh karena itu harus dibatasi pengonsumsian kacang – kacangan dalam kehidupan sehari – hari.

4. Garam

Penggunaan salah satu bumbu dapur ini dalam jumlah berlebih juga tidak baik untuk kesehatan ginjal karena bisa memicu peningkatan kandungan kalsium dalam urine yang dalam jangka panjang bisa menjadi salah satu faktor terbentuknya batu ginjal. Jadi bagi anda  yang suka makanan dengan rasa gurih atau asin, anda wajib berhati hati dan sebisa mungkin mengurangi asupan makanan tersebut.

5. Salad

Mungkin sebagian besar orang beranggapan bahwa banyak mengkonsumsi sayuran dapat membuat kesehatan lebih optimal, bahkan sampai ada suatu golongan yang hanya mengonsumsi sayur (biasa disebut vegetarian) agar bisa mendapatkan vitamin yang tinggi dari sayuran yang di konsumsinya. Tetapi wajib diingat pula segala sesuatu yang berlebihan tidak selamanya bagus, contohnya seperti terlalu sering mengkonsumsi salad ternyata dapat meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan oksalat dalam salad yang dapat menumpuk dan mengeras sehingga terbentuklah batu ginjal.

6. Sarden

Sarden merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan purin yang cukup tinggi. Sehingga untuk mengonsumsi sarden harus di batasi karena kandungan purinnya tersebut dapat menjadi salah satu faktor penyebab terbentuknya gagal ginjal.

7. Sayuran berdaun hijau tua

Sayuran berdaun hijau tua seperti kangkung, daun pepaya, bayam, sawi dan brokoli.Sayuran yang disebutkan diatas mengandung kadar kalsium yang cukup tinggi selain susu tentunya. Jadi penggunaannya harus dibatasi juga. Salah satu contohnya adalah brokoli yang dalam porsi 50 gr terkandung kadar kalsium mencapai 30 mg.

8. Selai kacang

Produk olahan dari kacang ini tentu harus dibatasi juga agar tidak terlalu sering dikonsumsi karena selain mengandung kadar protein yang tinggi juga terkandung zat fosfor didalamnya.

Sponsors Link

9. Kacang Arab dan Kacang Almond

Kacang – kacangan juga ada yang mengandung kalsium. Contohnya adalah kacang arab dan kacang almond. Dalam 100 gr kacang arab terkandung 45 mg kalsium, sedangkan untuk 15 gr kacang almond terkandung 35 mg kalsium.

10. Kentang

Sebagai salah satu makanan pokok kentang juga termasuk menjadi favorit bagi setiap orang. Namun wajib diketahui pula satu buah kentang besar mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Selain itu kandungan kalium nya juga mencapai 900 mg. Oleh karena itu kita harus membatasi untuk mengonsumsi kentang.

11. Ubi

Selain kentang kandungan kalium dalam ubi juga lumayan tinggi, sehingga kita harus memperhatikan banyaknya ubi yang telah dikonsumsi. Kandungan karbohidrat dalam ubi juga cukup tinggi.

12. Ikan

Sebagian besar ikan memang banyak mengandung kalium, termasuk salmon, tuna dan ikan laut lainnya. Selain ikan sarden yang sudah disebutkan sebelumnya kita juga harus memperhatikan jumlah ikan laut yang biasa dikonsumsi sehari – hari.

13. Buah alpukat dan pisang

Jenis buah diatas juga mengandung kalium yang lumayan tinggi. Meskipun kandungan nutrisinya berlimpah namun kita tetap harus memperhatikan porsinya agar tidak terlalu berlebihan.

14. Makanan Berpurin Tinggi

Zat purin merupakan salah satu bentuk senyawa alami yang bisa kita temukan di berbagai jenis makanan. Purin bisa terbentuk dari makanan hewani maupun nabati. Kandungan asam urat yang terbentuk mungkin tidak berbahaya, namun dalam jumlah tinggi dapat menimbulkan bahaya tertentu. Selain menyebabkan penyakit asam urat ternyata purin juga dapat mengganggu kesehatan organ ginjal yaitu terbentuknya batu asam urat. Contohnya makanan dengan kandungan purin cukup tinggi adalah : Ikan anchovy, hati sapi, jerohan, kuah kambing dan masih banyak lagi.

ads

15. Roti

Kita semua pasti sudah sama – sama mengetahui bahwa untuk sepotong roti gandum mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Untuk sepotong saja sudah bisa mengandung karbohidrat sebesar 20 gram. Dan hal itu juga tidak terlalu baik bagi kesehatan ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

16. Telur

Telur merupakan jenis makanan dengan nilai protein dan karbohidrat yang cukup tinggi, terutama di bagian putih telurnya. Hal ini tentu harus disiasati mengingat telur merupakan makanan pokok kita sehari – hari.

17. Jengkol

Sebagian besar masyarakat indonesia pasti tahu tentang jengkol, namun perlu diketahui juga perlunya menahan diri agar kita tidak mengonsumsi makanan ini terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan jengkol merupakan salah satu jenis makanan yang berpotensi menyebabkan penyakit ginjal.

Didalam makanan jengkol terkandung suatu kristal yang disebut jengkolic acid. Di dalam tubuh jengkolic acid ini akan menjadi kristal dan berpotensi menyumbat saluran kencing. Akibatnya proses pembuangan sampah dan racun dari dalam tubuh akan terhalang karena saluran kencing yang tertutup oleh kristal asam jengkol ini. Jika keadaan ini dibiarkan terus – menerus tentunya bisa berdampak pada infeksi saluran kemih dan akhirnya akan mengganggu kinerja ginjal.

18. Brokoli

Sudah dijelaskan diatas bahwa brokoli termasuk salah satu jenis sayuran dengan kalsium tinggi. Ternyata selain mengandung kalsium di dalam brokoli juga terkandung zat fosfor yang apabila dikonsumsi secara berlebihan juga berdampak kurang baik ke ginjal.

19. Jagung

Makanan pokok orang madura ini memang biasa menjadi alternatif pilihan sebagai menu pengganti nasi putih. Jagung termasuk jenis karbohidrat kompleks yang sangat baik bagi kesehatan. Selain itu di dalam jagung terkandung mineral termasuk fosfor dan kalium. Namun sekali lagi saya tekankan segala sesuatu yang terlalu berlebihan memang tidak bagus, apalagi jagung mengandung karbohidrat dan kalium serta fosfor lumayan besar dan tentu saja jika dikonsumsi berlebihan bisa mengganggu kesehatan ginjal

20. Buah pepaya beserta daunnya

Didalam buah pepaya dan daun pepaya yang biasa kita buat lalapan terkandung unsur kalium juga. Oleh karena itu kita harus memperhatikan agar tidak dikonsumsi secara berlebihan

21. Kacang kedelai

Salah satu jenis kacang – kacangan ini juga mempunyai kadar protein cukup tinggi sehingga kita perlu memperhatikan agar tidak dikonsumsi berlebihan. Dalam 100 gr kacang kedelai terkanndung protein sebanyak 36,49 gr.

22. Ikan asin

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa garam yang dikonsumsi berlebih tidak bagus untuk kesehatan ginjal. Termasuk juga salah satu produk olahan ikan yang satu ini. Dari namanya sudah jelas bahwa makanan ini banyak mengandung unsur garam didalamnya.

23. Obat Pelangsing

Hampir sebagian besar kaum hawa pasti menginginkan tubuh yang ideal sehingga rela untuk mengonsumsi obat pelangsing untuk menurunkan berat badan. Namun alangkah baiknya agar selalu memperhatikan efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian obat tersebut. Hal ini dikarenakan pemakaian obat pelangsing yang salah berpotensi menghilangkan cairan dalam tubuh.

24. Keju

Produk olahan dari susu yang satu ini mengandung kadar protein yang cukup tinggi. Dalam 100 gr keju terkandung 21 gr protein. Selain itu terkandung juga zat fosfor yang jika dikonsumsi terlalu berlebih juga tidak baik bagi organ ginjal

25. Buah blueberry & blackberry

Kedua buah ini mengandung kadar oksalat tinggi, meskipun jarang dijumpai di Indonesia

26. Wortel

Meskipun kandungan gizi wortel cukup tinggi, namun ternyata kadar oksalat nya juga tergolong tinggi sehingga harus diperhatikan pengonsumsian nya.

27. Bayam & kangkung

Siapa yang menyangka kedua sayuran yang hampir ditemui setiap hari itu juga perlu diwaspadai agar tidak dikonsumsi terlalu berlebihan juga. Selain unsur kalsium, kadar oksalat nya juga lumayan tinggi.

28. Okra

Didalam makanan yang satu ini terkandung kalsium yang cukup banyak (130 mg untuk 50 gr okra). Oleh karena itu harus dibatasi pula pengonsumsiannya.

29. Pemanis buatan

Makanan yang mengandung pemanis buatan juga tidak bagus untuk kesehatan ginjal. Bahkan setelah diteliti dapat disimpulkan bahwa makanan yang didalam nya mengandung pemanis buatan tanpa kalori lah yang menjadi faktor penyebab ginjal menjadi rusak.

30. Amfetamin

Jenis obat – obatan seperti amfetamin juga dapat memberikan dampak buruk bagi ginjal. Bentuk efek samping dari penggunaan amfetamin yang tidak benar adalah orang yang mengonsumsi akan mengalami susah tidur dan penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, suplay darah ke ginjal akan berkurang dan menyebabkan ginjal kekurangan makanan, akhirnya fungsi ginjal pun akan terganggu.

Jenis Makanan Penyebab Penyakit Ginjal

  1. Kopi

Kafein merupakan salah satu jenis zat yang berbahaya bagi ginjal, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Kita semua tahu kafein paling sering dijumpai dalam bentuk kopi. Meminum kopi yang terlalu banyak tidak bagus untuk kesehatan, karena selain menjadi faktor penyebab dari tekanan darah tinggi, kafein didalam kopi juga bisa memicu gagal ginjal.

Sponsors Link

  1. Teh

Baru – baru ini diketahui ternyata di dalam teh juga terkandung kafein, meskipun tidak sebanyak kopi. Kafein pada teh juga bisa menyebabkan infeksi di bagian organ ginjal, apalagi kalau mengonsumsinya secara berlebihan.

  1. Minuman Soda

Selain dua nama diatas minuman bersoda atau minuman berkarbonasi juga cukup populer bagi kebanyakan orang. Bahkan ada sebagian orang yang justru setelah makan memilih minum air soda ketimbang air putih. Kandungan gula pada minuman bersoda sangat tinggi dan itulah yang menjadi salah satu pemicu sakit ginjal paling sering. Oleh karena itu kurangilah minuman ini sebisa mungkin.

  1. Minuman Berenergi

Hampir sama dengan soda jenis minuman berenergi juga mengandung kadar gula sangat tinggi. Sehingga bila terlalu berlebihan dalam mengonsumsi justru akan berdampak kerusakan pada ginjal.

  1. Minuman Kemasan

Selain dua nama sebelumnya minuman kemasan juga terdapat kandungan gula yang tak kalah tinggi. Oleh karena itulah, banyak orang (terutama ana-anak) yang terlalu sering dan banyak mengonsumsi minuman kemasan dalam jangka panjang akan mengalami gagal ginjal, obesitas atau bahkan diabetes.

  1. Susu

Mungkin kita akan bingung susu yang banyak mengandung yang baik untung tulang bisa berdampak negatif pada ginjal. Karena justru kalsiumnya inilah yang membahayakan juga bagi tubuh ketika dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Minuman Coklat

Minuman coklat yang terdiri dari perpaduan susu dan kakao juga harus diperhatikan pengonsumsian nya. Selain mengandung nilai kalsium yang tinggi, minuman ini juga terdapat kadar kafein juga dari coklat nya.

  1. Minuman Berpemanis Buatan

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa makanan dengan pemanis buatan tidak dianjurkan untuk terlalu sering dikonsumsi. Hal ini tentu saja berlaku juga untuk minuman berpemanis buatan yang tidak kalah bahaya nya.

  1. Minuman berpengawet

Mungkin sudah cukup jelas mengapa minuman ini dikategorikan berbahaya bagi ginjal. Kandungan zat kimia didalamnya tentu akan menimbulkan kerusakan pada ginjal jika dikonsumsi terlalu sering.

  1. Jus

Sudah dijelaskan juga sebelumnya bahwa banyak sekali jenis buah yang harus dibatasi pengonsumsiannya. Hal ini pastinya berlaku juga untuk jus buah – buahan. Apalagi jika didalam jus juga ditambahkan pemanis buatan.

Setelah membaca diatas kita pasti akan dibuat terkejut karena hampir sebagian besar makanan dan minuman bisa berdampak negative bagi ginjal. Oleh karena itu kita harus membatasi agar tidak dikonsumsi terlalu berlebihan dan agar seimbang minum lah air putih secara teratur.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman