Sponsors Link

7 Makanan Penyebab Infeksi Ginjal Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Merawat kesehatan ginjal adalah hal sederhana, namun butuh perhatian yang khusus. Tidak hanya ginjal, bahkan menjaga kesehatan organ tubuh harus memperhatikan gaya hidup, kebiasaan, juga makanan yang dimakan. Datangnya penyakit ginjal sering disebabkan oleh makanan yang dimakan oleh seseorang.

ads

Salah satu jenis penyakit yang harus diwaspadai adalah infeksi ginjal. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang ginjal. Bakteri bisa masuk ke dalam tubuh melalui banyak cara, salah satunya melalui saluran kemih, seperti kasus infeksi ginjal pada ibu hamil yang sering terjadi. Mendiagnosa infeksi ginjal tentu hanya bisa dilakukan oleh dokter yang ahli. Termasuk untuk melihat apakah yang diderita hanya infeksi ginjal kiri saja atau keduanya.

Mencegah datangnya infeksi ginjal bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan yang menyehatkan untuk ginjal. Agar infeksi ginjal tidak mudah menyerah, berikut daftar makanan penyebab infeksi ginjal yang harus dihindari sebisa mungkin.

1. Nasi Putih

Nasi putih adalah sumber karbohidrat yang menjadi bahan utama tubuh untuk menghasilkan energi. Sayangnya, glukosa di dalam nasi terlalu tinggi, sehingga pada orang yang memiliki penyakit ginjal, makanan ini menjadi makanan penyebab infeksi ginjal yang harus dihindari. Nasi putih juga menjadi pantangan radang ginjal yang harus dihindari. Karbohidrat yang ada di dalam nasi putih bisa digantikan dengan sumber karbohidrat lain seperti berash merah atau gandum dan jagung.

2. Protein Hewani

Memakan protein hewani dengan jumlah yang terlalu banyak bisa membahayakan ginjal dan menyebabkan urine mengandung protein. Tanda yang paling mudah dikenali saat ada protein yang lepas hingga ke urine adalah ketika air seni berbusa. Yang termasuk protein hewani adalah semua daging yang berasal dari hewan berkaki empat dan unggas. Konsumsi protein hewani harus dibatasi karena membuat kerja ginjal dalam menyaring protein semakin berat, dan membuat ginjal menjadi lebih rentan terkena infeksi.

3. Daging Olahan

Daging olahan memiliki banyak kandungan sehingga bisa menjadi penyebab ginjal bermasalah. Jenis daging olahan yang banyak dijual di pasaran adalah kornet, sosis, nugget, dan lain sebagainya. Seseorang yang pernah punya riwayat penyakit ginjal disarankan tidak memakan daging olahan. Bahan pengawet yang ada dalam produk daging olahan dikhawatirkan memicu tumbuhnya sel sel penyakit di dalam ginjal.

4. Seafood

Selain daging hewan, seafood juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein yang ada di dalam seafood atau makanan laut memicu munculnya penyakit ginjal. Dan apabila penyakit ginjal sudah ada sebelumnya, keberadaan protein membuat kondisi ginjal semakin parah. Inilah yang menyebabkan seafood menjadi salah satu pantangan makanan sindrom nefrotik yang tidak boleh dimakan, karena bisa memicu gagal ginjal.

5. Mie Instan

Satu lagi makanan penyebab infeksi ginjal yang juga menjadi pantangan makanan penderita ginjal. Mie instan adalah makanan yang harganya murah, tapi mempunyai rasa yang lezat. Makanan ini sangat akrab dengan masyarakat. Namun konsumsi mie instan harus dihindari agar tidak memicu infeksi ginjal. Mie instan mengandung banyak bahan pengawet yang bahkan orang sehat saja harus menghindarinya sebisa mungkin. Mengonsumsi mie instan secara berlebihan bahkan bisa berakibat buruk pada kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Seafood Kaleng

Seafood kaleng sebenarnya mirip dengan daging olahan. Seafood kaleng adalah ikan laut yang diolah dan bisa menjadi makanan cepat saji. Untuk seseorang yang super sibuk, seafood kaleng menjadi makanan yang dipilih karena kepraktisannya. Namun mengapa makanan ini menjadi makanan yang harus dihindari penderita ginjal.

Sponsors Link

Seafood kaleng memiliki bahan pengawet yang tinggi. Seafood kaleng dikemas langsung dengan bumbunya, dan untuk memakannya hanya tinggal dipanaskan saja. Jadi bahan pengawet yang ada dalam makanan ini cukup banyak, di ikan dan bumbunya. Contoh makanan seafood kaleng yang sangat populer adalah sarden siap saji.

7. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan yang dapat menyebabkan gagal ginjal satu ini juga bisa menyebabkan datangnya infeksi ginjal. Yaitu makanan yang tinggi kandungan lemak tak jenuh seperti jeroan dan gorengan. Sayangnya meskipun kedua makanan ini sebenarnya tidak sehat, masyarakat Indonesia sangat menyukainya.

Gorengan bahkan dijadikan sebagai camilan wajib hampir di semua kesempatan.Padahal kandungan lemak di kedua jenis makanan tersebut sangat tidak sehat. Selain bisa menyebabkan obesitas, lemah yang masuk ke dalam ginjal bisa menyulitkan kerja ginjal dan membuat ginjal bekerja lebih keras karena banyaknya minyak yang harus disaring agar tidak sampai lepas ke urine. Jadi, meskipun makanan ini sangat enak di lidah, sebaiknya dihindari sebisa mungkin demi menjaga kesehatan ginjal.

Itulah daftar makanan penyebab infeksi ginjal yang tidak boleh dimakan, terutama jika seseorang memiliki riwayat pernah menderita penyakit infeksi. Sebelum infeksi ginjal datang, hal paling benar yang harus dilakukan adalah menerapkan cara merawat ginjal agar tetap sehat, seperti menghentikan semua kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal. Kebiasaan tersebut antara lain adalah merokok, minum minuman keras, hingga suka begadang. Memakan makanan dengan gizi yang seimbang serta rutin melakukan olahraga ringan adalah cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman