Sponsors Link

6 Makanan Penghancur Batu Ginjal yang Alami

Sponsors Link

Sebagian orang berpendapat bahwa batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang sulit disembuhkan. Anggapan seperti ini muncul karena cara tercepat untuk dapat menyembuhkan penyakit ini memang melalui operasi. Karena letak batu ginjal yang jauh di dalam tubuh membuat batu ini sulit untuk dikeluarkan. Maka dari itu penting bagi kita untuk mulai mengetahui tanda tanda batu ginjal dan bagaimana penanganan batu ginjal. Memulai hidup sehat dengan memakan makanan yang baik untuk batu ginjal juga merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit batu ginjal. Namun patut pula untuk diwaspadai apabila batu ginjal sudah terlanjur terbentuk dengan memperhatikan gejala batu ginjal pada pria dan gejala batu ginjal pada wanita.

ads

Meskipun menjalani operasi nampaknya menjadi solusi tercepat dalam mengobati batu ginjal, namun tetap ada cara lain yang lebih alami dalam menyembuhkan batu ginjal yaitu dengan menghancurkan batu ginjal dari dalam. Caranya dengan mengkonsumsi makanan penghancur ginjal sebagai berikut:

1. Buah Lemon

Lemon dapat membantu mengurangi batu ginjal yang sudah terlanjur terbentuk. Fungsi lemon yaitu untuk mencairkan batu ginjal yang ukurannya kecil-kecil lalu membuangnya ke luar tubuh. Buah lemon paling baik dikonsumsi dengan cara dijus bersama dengan minyak zaitun. Kandungan sitrus yang ada pada lemon dipercaya dapat mencairkan batu ginjal. Sedangkan minyak zaitun memiliki peran sebagai pelumas agar batu ginjal yang telah cair ini dapat dikeluarkan. Cara membuat jus ini adalah dengan mengisi seperempat gelas dengan perasan buah lemon dan minyak zaitun, lalu tambahkan air sebanyak 240 ml. Ramuan ini diminum sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

2. Cuka Sari Buah Apel

Cuka dari sari buah apel juga merupakan makanan penghancur batu ginjal lainnya. Fungsinya mirip dengan lemon yang mencairkan batu ginjal serta dapat juga mengeluarkannya dari tubuh. Cuka dari sari apel juga dapat mencegah penyakit batu ginjal kambuh lagi di masa mendatang. Kandungan cuka sari apel ini adalah asam sitrat. Asam sitrat dapat berperan dalam mencairkan batu ginjal dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Selain itu, asam sitrat juga dapat membuat basa darah dan urin serta dapat menambah tingkat basa perut sehingga dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Agar hasilnya maksimal, cuka sari apel dikonsumsi dengan cara dimasukkan sebanyak dua sendok makan ke dalam air putih. Lalu minum tiga kali sehari, pagi, siang dan sore setiap hari.

3. Buah Delima

Buah delima memiliki rasa yang asam dan terdapat kandungan astrigen di dalamnya. Astrigen dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Selain itu delima juga mampu mencegah batu ginjal jenis tertentu terbentuk dan antioksidannya dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Sebaiknya meminum jus buah delima sebanyak satu atau dua gelas setiap harinya untuk hasil maksimal.

Sponsors Link

4. Daun Jelantang

Meskipun umumnya daun jelantang sering digunakan untuk meredakan gejala alergi dan sakit pada bagian otot, daun ini juga merupakan tumbuhan yang berkhasiat untuk membantu mengeluarkan urin bersama dengan racun-racun yang ada di dalamnya. Mengkonsumsi dua sampai tiga gelas teh dari daun jelantang per hari dapat membantu mencegah pertumbuhan batu ginjal dan mengurai batu ginjal yang baru terbentuk.

5. Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan salah satu makanan penghancur batu ginjal yang berperan dalam mengurangi jumlah batu ginjal. Manfaat lain dari daun kemangi yaitu dapat menyeimbangkan cairan dan asam yang ada di dalam ginjal. Cara terbaik untuk mengkonsumsi daun kemangi adalah dengan dibuat teh. Ambil lima hingga enam tangkai daun kemangi, lalu rendam dalam air panas selama 10 menit. Setelahnya saring menggunakan saringan dan nikmati bersama satu sendok teh madu. Mengunyah dua sampai tiga daun kemangi setiap pagi juga dapat membantu mengeluarkan batu ginjal dari tubuh.

Sponsors Link

6. Akar Dandelion

Dandelion adalah tumbuhan penguat ginjal yang dapat menstimulasi produksi empedu. Inilah yang dapat membantu membersihkan tubuh, menyingkirkan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh, meningkatkan pencernaan dan memperbanyak pengeluaran urin. Di dalam akar dandelion terkandung vitamin A, B, C, D, dan mineral-mineral seperti potasim, zat besi dan seng. Anda dapat membuat sendiri jus dari akar dandelion atau membelinya dalam bentuk teh. Jika membuatnya sendiri, Anda perlu menambahkan kulit jeruk, jahe dan apel untuk rasanya. Minumlah ramuan ini tiga sampai empat kali agar hasilnya maksimal.

Itulah makanan penghancur batu ginjal yang perlu diketahui baik oleh penderita batu ginjal maupun oleh orang sehat. Orang sehat perlu juga mengetahui makanan-makanan penghancur batu ginjal ini karena pada dasarnya setiap orang terutama orang-orang yang tidak menjalani pola hidup sehat rentan membentuk jenis jenis batu ginjal tertentu dalam ginjalnya. Selain itu, jika memang sudah terbentuk, makanan-makanan ini mampu membantu mengurangi ukuran dan jumlahnya agar tidak menjadi semakin parah.

Sponsors Link
>
, ,