Sponsors Link

5 Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Gagal Ginjal – Wajib Tahu

Sponsors Link

Mendapatkan tubuh yang sehat tentu harus dimulai dari gaya hidup yang sehat pula. Sehat atau tidaknya gaya hidup seseorang dapat dilihat dari makanan yang ia konsumsi. Pentingnya memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh akan berpengaruh terhadap kesehatan organ tubuh nantinya.

ads

Seperti yang diketahui, setiap organ tubuh menjalankan fungsi penting. Jika salah satu saja terganggu, maka yang lain akan segera terkena dampaknya. Ginjal termasuk ke dalam organ penting yang kesehatannya harus selalu diperhatikan. Ini karena banyak macam penyakit ginjal yang bisa menyerang. Penyakit ginjal ini sendiri tidak pandang bulu, dalam artian bisa menyerang siapa saja meskipun usianya masih muda.

Penyakit ginjal biasanya ditandai dengan kondisi tertentu yang menyebabkan fungsi ginjal terganggu atau menurun. Saat fungsi ginjal terus menurun dan kondisinya tidak bisa dipulihkan seperti semula, saat itulah gagal ginjal kronis menyerang seseorang. Diagnosa gagal ginjal kronis tentu hanya bisa dilakukan oleh dokter yang sudah ahli, melalui serangkaian pemeriksaan dan observasi yang mendalam.

Ada banyak penyebab gagal ginjal yang harus dipahami, termasuk jenis makanan yang bisa memicu penyakit gagal ginjal. Itulah sebabnya penderita gagal ginjal harus menjalani diet gagal ginjal yang tepat, salah satunya adalah menghilangkan konsumsi nasi. Meski demikian, tubuh tetap saja membutuhkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi. Berikut daftar makanan pengganti nasi untuk penderita gagal ginjal yang bisa dijadikan referensi.

1. Jagung

Jagung adalah makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia Timur. Jagung memiliki kandungan karbohidrat seperti nasi, namun kalori dan kandungan gulanya lebih rendah. Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalam jagung adalah berbagai macam vitamin B yaitu vitamin B1, B3, B5, dan B9. Jagung memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari nasi putih. Dengan demikian, kandungan gula di dalam jagung lebih sedikit dari nasi. Sehingga membuat jagung sangat aman dikonsumsi penderita gagal ginjal terutama yang memiliki komplikasi diabetes.

Bagian jagung yang lain juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Ramuan rambut jagung dikenal sebagai tanaman obat untuk ginjal bengkak yang aman dan berkhasiat.

2. Kentang

Satu lagi makanan untuk penderita gagal ginjal kronis yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Kentang adalah jenis umbi batang dengan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari pada nasi. Kandungan vitamin yang ada di dalam kentang antara lain adalah vitamin B1, B3, B5, dan B6, vitamin C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, dan zat besi. Kentang mampu meningkatkan pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Mengganti nasi putih dengan kentang sangat disarankan bagi penderita diabetes dan gagal ginjal, karena bisa meningkatkan kesehatan otot, saraf, jantung, dan menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.

3. Ubi Jalar

Satu lagi makanan pengganti nasi untuk penderita gagal ginjal yang aman untuk dikonsumsi. Ubi jalar adalah sumber karbohidrat dengan kandungan sebanyak 20,1 gram per 100 gram sajiannya. Mengonsumsi ubi jalar bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh karena mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, B1, B5, B6, magnesium, fosfor, mangan, serta kalium. Ubi jalar membuat seseorang bisa kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar. Tidak heran ubi jalar termasuk ke dalam makanan sehat untuk ginjal.

4. Beras Merah

Beras merah atau nasi merah adalah salah satu menu utama yang harus masuk ke dalam daftar jika seseorang ingin berdiet. Tidak hanya itu saja, beras merah juga bermanfaat sebagai makanan untuk penderita gagal ginjal yang layak dikonsumsi. Kandungan karbohidrat dalam beras merah lebih rendah dari nasi putih, dengan indeks glikemik yang lebih rendah pula, yaitu hanya 50 saja. Beras merah lebih menyehatkan daripada nasi putih dan tidak beresiko meski dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun.

Sponsors Link

5. Gandum

Pada pasien yang penyakitnya sudah sangat parah, nasi menjadi salah satu pantangan gagal ginjal kronik yang tidak boleh dikonsumsi. Gandum bisa menjadi salah satu alternatif makanan untuk menggantikan nasi, karena kandungan karbohidratnya jauh lebih rendah.

Kandungan lemak di dalam gandum juga rendah, namun protein dan seratnya cukup tinggi. Oat adalah salah satu jenis gandum yang sangat populer dikonsumsi. Manfaat gandum antara lain adalah mengurangi kadar kolesterol dalam darah sehingga menurunkan resiko penyakit jantung. Gandum mampu menjaga kestabilan kadar gula darah serta mencegah kanker.

Menderita sakit gagal ginjal bukan berarti tidak bisa memakan karbohidrat. Buktinya ada banyak makanan pengganti nasi untuk penderita gagal ginjal yang masih bisa dikonsumsi. Setiap orang harus tahu cara merawat ginjal agar tetap sehat sehingga terhindar dari gagal ginjal usia muda yang kini banyak ditemukan. Penyebab seseorang mengalami gagal ginjal bisa berasal dari kebiasaan yang bisa merusak ginjal seperti merokok. Ketahui hubungan merokok dengan gagal ginjal agar setiap orang tahu bahaya yang diakibatkan oleh rokok.

Menjalani pola hidup yang sehat dan menjaga asupan nutrisi yang tepat adalah cara terbaik yang bisa dilakukan seseorang untuk menjaga ginjal dan tubuhnya. Jika ginjal sudah sekali saja terkena penyakit, imbasnya bisa mengenai organ tubuh yang lain dan kondisi kesehatan ginjal akan sangat sulit dikembalikan lagi seperti sedia kala.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman