Sponsors Link

21 Makanan untuk Penderita Ginjal Bocor (#Anda Wajib Tahu)

Sponsors Link

Ginjal bocor adalah salah satu penyakit ginjal yang dapat diderita oleh semua orang, apalagi bila anda memiliki gaya hidup dan pola makan yang buruk. Saat terserang ginjal bocor, maka fungsi ginjal anda akan mengalami masalah dan sebaiknya anda mulai mengobatinya dengan cepat agar tidak berdampak lebih jauh lagi. Anda juga harus mengatur makanan, dengan memakan makanan untuk penderita ginjal bocor sebagai makanan anda sehari-hari.

ads

Dengan mengonsumsi makanan untuk penderita ginjal bocor secara teratur saat anda sedang mengalami penyakit ginjal bocor, maka ginjal anda akan lebih cepat membaik walaupun anda tidak memakai obat-obatan secara intensif. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi anda, karena tidak keluar biaya banyak dan juga lebih efektif karena anda hanya tinggal mengatur pola makan saja. Apa saja makanan yang seharusnya di makan saat menderita ginjal bocor? Berikut kami sampaikan beberapa makanan yang baik untuk penderita ginjal bocor.

Baca Juga :

1. Kubis

Kubis merupakan makanan yang bermanfaat buat manusia. Salah satu jenis sayuran ini memiliki senyawa fitokimia yang dapat membantu menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh kita sehinga mengurangi risiko munculnya kanker dan penyakit kardiovaskuler seperti gagal jantung. Dengan harganya yang murah, anda dapat mendapatkannya dengan mudah pula.

Kandungan lain yang ada di dalam kubir adalah vitamin K, vitamin C, serat, vitamin B6 dan asam folat yang membantu kesehatan ginjal anda. Dengan serat maka kinerja sistem pencernaan anda akan bertambah baik. Adanya vitamin kompleks B6 membantu banyak sintesis metabolisme lipida, asam amino, serta glukosa. Dengan kata lain, sistem metabolisme tubuh anda akan sangat terbantu apabila anda memakan kubis, termasuk saat anda menderita penyakit ginjal bocor.

2. Paprika merah

Paprika merah mengandung potassium dalam kadar yang rendah, sehingga baik untuk kesehatan ginjal anda. Selain itu, paprika merah juga mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin A, asam folat dan juga serat. Kandungan tersebut sangat membantu sistem pencernaan atau sistem tubuh anda secara umumnya termasuk membantu mempercepat penyembuhan ginjal anda.

Paprika merah juga mengandung antioksidan yang bernama likopen yang membantu melawan serangan kanker tertentu. Jadi, selain ginjal anda jadi lebih sehat, tubuh anda juga akan terlindungi dari kanker. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui bukan?

Anda dapat mengonsumsi paprika merah secara langsung atau dapat juga dengan memakannya setelah dimasak terlebih dahulu. Namun perlu anda pastikan agar anda tidak memasaknya dengan terlalu banyak garam, potassium, atau unsur lainnya yang dapat menghambat kinerja ginjal anda, atau merusaknya lebih parah lagi terutama saat anda sedang menderita ginjal bocor.

3. Kembang kol

Kembang kol adalah makanan yang sangat baik dan ramah bagi ginjal kita. Memakan kembang kol dalam jumlah yang banyak tidak akan membuat kita mengalami dampak-dampak negatif tertentu. Kandungan gizi yang ada di dalam kembang kol antara lain vitamin C, serat dan folat yang dapat membantu kesehatan ginjal kita. Selain itu, kembang kol juga mengandung komposisi lainnya yang penting untuk hati serta mampu menetralkan senyawa berbahaya yang masuk melalui tubuh kita.

Sponsors Link

Anda dapat mengonsumsi kembang kol secara langsung atau memakannya dalam bentuk sayur (lauk) untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Namun perlu anda perhatikan agar tidak membuat sayur yang malah memperberat kinerja ginjal anda karena mengandung terlalu banyak potassium atau garam.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bahan bumbu yang paling sering digunakan oleh hampir sebagian orang Indonesia saat masak. Memang, selain membuat masakan menjadi enak, bawang putih mengandung senyawa yang mampu mengurangi potensi peradangan dan jumlah kolesterol buruk di dalam tubuh kita. Bawang putih juga mengandung antioksidan dan senyawa yang mampu mencegah terbentuknya pembekuan darah sehingga membantu ginjal bekerja secara optimal. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau melalui masakan tertentu seperti bubur atau soto. Namun tidak disarankan untuk mengonsumsi bawang putih dengan cara seperti itu.

ads

5. Bawang merah

Teman akrab bawang putih rendah potassium ini juga sangat baik untuk tubuh kita. Bawnag merah mengandung flavonoid dan quercetin yang mencegah berkumpulnya lemak di dalam aliran darah sehingga aliran darah lancar dan kinerja ginjal menjadi lebih ringan. Quercetin adalah suatu antioksidan yang dapat pula mengurangi resiko penyakit jantung serta kanker.bawang merah juga mengandung chromium yang membantu mencerna lemak, protein, dan karbohidrat.

6. Apel

Apel adalah buah dengan kandungan serat yang mampu mencegah peradangan dalam jumlah yang banyak. Apel membantu kita mengurangi jumlah kolesterol buruk, mencegah konstipasi, penyakit jantung atau kanker. Dengan memakan buah apel maka penderita ginjal bocor akan mendapatkan gizi mereka dengan baik tanpa harus mencederai ginjal mereka sendiri.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu jenis makanan yang sering digunakan sebagai makanan obat karena kandungan dan efeknya yang luar biasa terhadap kesehatan manusia. Salah satu kandungan dari minyak zaitun adalah asam oleat yang dapat membantu kita melindungi diri dari oksidasi. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung polifenol dan senyawa antioksidan lainnya yang membantu kita mengurangi resiko inflammasi dan oksidasi. Sehingga, dalam jangka panjangnya ginjal anda akan tetap sehat terus menerus.

Saat anda menderita ginjal bocor, anda tetap dapat mengonsumsi minyak zaitun karena hal tu akan membantu anda untuk memperbaiki sel ginjal yang mengalami kerusakan sehingga ginjal anda dapat kembali sembuh dan sehat seperti sedia kala.

8. Tauge

Tauge atau kecambah adalah salah satu sayuran yang dapat anda konsumsi saat anda menderita penyakit ginjal bocor. Tauge akan membantu tubuh anda untuk membersihkan ginjal anda dan menghindari pembentukan batu ginjal yang dapat memperparah kondisi ginjal anda yang sudah mengalami sakit tersebut. Sebaiknya anda tidak mengonsumsi tauge dalam bentuh yang sudah diolah seperti menjadi sayur tertentu, namun langsung di makan mentah begitu saja setelah dibersihkan dengan air bersih.

9. Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung protein dalam jumlah sangat tinggi. Salah satu kandungan yang ada di dalam ikan dan sangat penting bagi tubuh kita adalah omega-3. Omega-3 dapat mencegah kanker dan penyakit jantung, mereka juga dapat membantu menurunkan kolesterol buruk dan meningkatkan jumlah kolesterol baik. Jenis-jenis ikan yang tinggi omega-3 antara lain ikan salmon, ikan tuna, ikan makarel, dan berbagai ikan lainnya.

10. Putih telur

Putih telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein dalam kadar yang sangat tinggi. Selain itu, putih telur juga mengandung asam amino yang penting untuk tubuh kita. Putih telur juga rendah fosfor yang membuatnya menjadi salah satu makanan yang sangat ramah buat ginjal kita. Anda dapat mengonsumsi putih telur sembari mengonsumsi ikan agar rasanya tidak terlalu hambar. Jangan menambah garam karena hal itu bisa jadi berdampak buruk bagi ginjal anda yang sedang mengalami kebocoran.

Sponsors Link

Selain sepuluh makanan di atas, makanan lain yang juga baik untuk ginjal anda di saat ginjal anda mengalami kebocoran adalah sebagai berikut:

  1. Probiotik
  2. Blueberi
  3. Cranberi
  4. Seledri
  5. Anggur merah
  6. Anggur hijau
  7. Anggur ungu
  8. Manggis
  9. Stroberi
  10. Raspberi
  11. Ceri

Itulah beberapa makanan yang baik dan dapat membantu penyembuhan anda di saaat anda menderita penyakit ginjal bocor. Yang terpenting adalah anda mengonsumsi makanan yang dapat membantu menumbuhkan bakteri baik, mengurangi inflammasi di dalam ginjal anda, membuat kinerja ginjal dalam menyaring zat-zat menjadi lebih ringan, serta menjaga aliran darah agar tetap jernih. Dengan demikian ginjal anda yang mengalami kebocoran dapat mengalami penyembuhan secara alami dan bertahap hingga dia menjadi sehat kembali.

Baca juga:

Sponsors Link
>
,