Sponsors Link

14 Makanan Pencuci Ginjal yang Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ vital yang sangat penting bagi tubuh. Oleh karena itu diperlukan cara merawat ginjal agar tetap sehat. Fungsi utama ginjal adalah menyaring racun, kotoran, dan sisa metabolisme dalam darah yang tidak diperlukan lagi. Ginjal harus dijaga dengan sangat baik agar selalu bersih, terhindar dari racun dan bisa menjalankan fungsinya dengan normal.

ads

Salah satu cara menjaga ginjal agar tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan pencuci ginjal yang sehat.

1. Bawang putih

Bawang putih mengandung dua senyawa yang sangat baik yaitu alisin dan selenium yang memiliki fungsi menetralisir racun. Makanan ini selain bisa menjadi bumbu yang menjadikan makanan lebih lezat juga baik untuk ginjal karena bisa membantu membuang racun yang ada pada ginjal dan tubuh.

2. Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau mengandung banyak serat yang bisa melancarkan pencernaan, sehingga mencegah terjadinya penumpukan limbah di dalam tubuh. Warna hijau dari sayuran menunjukkan kandungan klorofil yang tinggi. Klorofil juga menjadi salah satu zat yang bisa membantu membuang racun di dalam darah. Selain klorofil, dua senyawa lain yang bisa mencuci ginjal adalah logam dan pestisida.

3. Semangka

Semangka adalah buah yang mengandung banyak air dan memiliki fungsi diuretik. Dengan demikian, tubuh akan menghasilkan lebih banyak urine untuk membuang limbah dan kotoran dari dalam tubuh.

4. Buah berry

Berbagai macam buah berry, mulai dari strawberry, blueberry, and raspberry kaya kandungan anti oksidan yang bisa memerangi penyakit. Buah berry akan membuang asam urat dari ginjal sehingga ginjal tetap sehat. Di antara semua jenis buah berry, yang paling baik untuk ginjal adalah cranberry dan blueberry.

5. Biji labu

Makanan pencuci ginjal yang lain adalah biji labu. Sama dengan buah berry, biji labu juga kaya akan kandungan anti oksidan, juga vitamin dan mineral. Memakan biji labu akan mengurangi resiko terkena batu ginjal dan mampu menjaga ginjal tetap sehat.

6. Kunyit

Kunyit biasanya diolah menjadi jamu tradisional yang banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Kunyit memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi sehingga membantu mencegah serta mengobati radang ginjal dan infeksi ginjal.

7. Daun jelatang

Salah satu tanaman herbal yang bisa menambah darah dan mengobati infeksi saluran kemih adalah daun jelatang. Jika mengonsumsi ramuan ini secara rutin, maka buang air kecil akan menjadi semakin lancar karena daun jelatang memiliki sifat diuretik.

Sponsors Link

8. Semanggi merah

Semanggi merah termasuk dalam makanan pencuci ginjal yang baik. Sama seperti daun jelatang, semanggi merah dapat diolah menjadi ramuan herbal yang bisa membantu pembersihan organ ginjal secara alami. Semanggi merah dapat meningkatkan pembuangan limbah dan air dari organ ginjal.

9. Jus lemon

Jus lemon memiliki sifat anti bakteri yang sangat tinggi. Mencampurkan beberapa sendok air lemon ke dalam air putih setiap hari akan mengurangi resiko pembentukan batu ginjal.

ads

10. Apel

Buah apel menjadi salah satu makanan pencuci ginjal yang baik karena kaya akan serat. Tidak hanya itu, buah ini memiliki sifat anti inflamasi yang bisa meminimalisir terjadinya peradangan pada ginjal.

11. Jahe

Jahe banyak dimanfaatkan sebagai minuman untuk menjaga kesehatan tubuh. Senyawa anti oksidan di dalam jahe sangat baik untuk meningkat fungsi dan kerja ginjal. Jahe juga dapat membersihkan darah dan memurnikan darah yang disaring oleh ginjal dari semua zat racun.

12. Bunga dandelion

Bunga yang lebih sering digunakan sebagai hiasan ini jarang dikenal sebagai obat diuretik alami yang baik. Tanaman ini memperkuat kondisi ginjal, membersihkan sisa-sisa air dalam tubuh dan meningkatkan intensitas buang air kecil.

13. Daun peterseli

Daun berwarna hijau ini adalah salah satu tanaman terbaik untuk membantu menetralkan semua racun yang ada di dalam ginjal, mengobati batu ginjal, dan menyembuhkan penyakit infeksi saluran kemih.

14. Akar beet

Akar beet adalah jenis bahan alami yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Di antara manfaat akar beet adalah menurunkan tekanan darah, mengingkirkan asam urat, dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Di dalam akar beet terdapat kandungan betaine yang merupakan anti oksidan alami. Inilah yang akan membersihkan ginjal dengan baik.

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kebersihan Ginjal

Menjaga kebersihan ginjal tidak hanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan pencuci ginjal di atas saja, tetapi juga dimulai dari gara hidup dan kebiasaan yang sehat. Seperti kita ketahui, banyak jenis penyakit yang bisa menyerang organ ginjal seperti radang ginjal, batu ginjal, infeksi ginjal, dan gagal ginjal. Gagal ginjal sendiri dibedakan menjadi dua berdasarkan kerusakan ginjal yang terjadi: gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Sebelum terkena penyakit ginjal, berikut gaya hidup sehat yang bisa Anda lakukan:

  • Olahraga teratur

Olahraga menjadi kunci utama untuk tubuh yang sehat. Lakukan olahraga ringan setiap hari secara teratur untuk melenturkan otot tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Dengan berolahraga proses metabolisme akan berjalan dengan maksimal. Malas berolahraga adalah salah satu kebiasaan yang bisa merusak ginjal.

Sponsors Link

  • Hindari makanan tinggi protein

Siapa yang tidak suka memakan telur, daging, sapi, daging ayam, dan seafood? Makanan yang lezat tersebut selain enak juga merupakan sumber protein hewani tinggi. Protein jika tidak dikontrol asupannya akan menyebabkan kerja ginjal menjadi semakin berat dan bisa berujung pada gagal ginjal. Suka memakan daging protein tinggi adalah salah satu kebiasaan penyebab gagal ginjal pada seseorang. Gagal ginjal ditandai dengan lolosnya protein hingga ke urine. Oleh karena itu, makanan protein tinggi adalah salah satu penyebab cuci darah pada seseorang.

  • Banyak minum air putih

Air putih adalah obat dari segala obat terbaik yang ada. Sebelum ginjal mengalami masalah kesehatan dan asupan air dalam tubuh harus dikendalikan, minumlah air minimal 2 liter per hari. Air putih tidak hanya menjaga cairan di dalam tubuh tetap seimbang, tetapi juga membantu membersihkan darah serta racun-racun dan limbah di dalam tubuh melalui urine. Konsumsi air putih pada orang normal adalah 2 liter per hari, namun pada seseorang yang punya penyakit ginjal atau gagal ginjal, jumlah air putih tidak boleh melebihi takaran yang dianjurkan dokter karena akan memberatkan kerja ginjal. Untuk penderita gagal ginjal sendiri terdapat diet gagal ginjal tersendiri yang harus diterapkan.

Itulah berbagai jenis makanan pencuci ginjal yang alami dan aman untuk dikonsumsi. Karena ginjal melakukan salah satu tugas terberat yaitu membersihkan racun yang ada di dalam tubuh, maka kita bisa membantu kerja tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat pencuci ginjal. Menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting sebelum ginjal terserang berbagai macam penyakit yang membahayakan. Penyakit yang menyerang ginjal kadang berawal dari kebiasaan kecil yang sering tidak kita sadari. Oleh karena itu sebelum ginjal terkena penyakit, yuk mulai dengan gaya hidup sehat untuk ginjal kita!

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman