Sponsors Link

21 Makanan Pembersih Ginjal Alami Paling Ampuh

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang bekerja setiap saat dengan pekerjaan yang sangat berat, yaitu menyaring darah di dalam tubuh dari berbagai racun dan zat-zat berbahaya. Tidak jarang ginjal anda menjadi kotor sehingga kualitas pekerjaannya akan terganggu. Berikut ini beberapa makanan pembersih ginjal yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal anda.

ads

Baca juga:

Makanan Pembersih Ginjal

1. Bawang putih

Kandungan alisin dan selenium di dalam bawang putih sangat berkhasiat dalam menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, alisin dan selenium juga dapat membantu merawat kesehatan ginjal anda dengan cara membantu membersihkannya dari berbagai racun.

2. Tepung gandum

Gluten yang ada di dalam tepung gandum dapat membantu mengusir racun yang ada di dalam tubuh secara alami. Namun konsumsi tepung gandum atau gluten sebaiknya tidak terlalu berlebihan karena hal itu dapat berdampak pada tubuh anda dalam jangka panjangnya.

3. Sayuran hijau

Sayuran-sayuran hijau yang mengandung banyak klorofil juga baik untuk ginjal anda. Mereka dapat membantu memebrsihkan ginjal anda dari berbagai kotoran yang mengganggu kinerjanya selama ini.

4. Teh hijau

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam teh hijau bermanfaat dalam menghilangkan lemak yang terakumuluasi di dalam saluran ginjal. Dengan demikian kinerja ginjal akan membaik dan kembali bertenaga.

5. Jahe

Jahe adalah tanaman yang mengandung banyak khasiat. Selain dapat menghangatkan badan, menyembuhkan masuk angin, dan beberapa penggunaan lainnya, jahe juga dapat membantu membuat ginjal lebih sehat dan bekerja lebih maksimal. Anda dapat memanfaatkan jahe dengan cara merebus satu ruas jahe kemudian meminum air rebusan tersebut bersamaan dengan gula batu murni atau gula jawa. Lebih baik anda tidak menggunakan gula pasir.

6. Parsley

Parsley atau petroselium merupakan tanaman yang daunnya mengandung banyak zat bermanfaat seperti asam amino, vitamin c, alpha-pinene, bergapten, xanthotoxin, dan lain sebagainya. Selain itu daun parsley juga mengandung zink, fosfor, potasium, kalsium dan lain-lain. Dengan kandungan tersebut daun parsley menjadi sangat bermanfaat untuk tubuh kita, termasuk ginjal. Daun parsley dapat membantu meningkatkan kinerja ginjal serta mencegah infeksi pada saluran urinaria, dengan syarat anda tidak mengonsumsi daun parsley saat sudah terkena batu ginjal karena hal itu dapat memperparah sakit tersebut.

7. Seledri

Seledri merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat. Selain sebagai pelengkap masakan di dapur, dalam seledri juga terkandung banyak manfaat lain seperti mampu membersihkan ginjal dari berbagai kotoran yang mengganggu kinerjanya. Kandungan yang ada didalamnya memang beragam, seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin C dan lain sebagainya. Selain itu seledari juga memiliki sifat diuretik yang dapat mengikat air dan racun sehingga membantu produksi urin lebih banyak.

8. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman obat yang sudah umum kita kenal dalam pengobatan tradisional. Kunyit mengandung senyawa yang bernama kurkuminoid. Senyawa ini sangat baik untuk mengobati berabgai penyakit. Dalam kunyit juga terkandung fosfor, zat besi, kalsium, dan senyawa lain yang dapat membantu pembersihan organ ginjal anda. Selain itu kunyit juga dapat membantu proses pembersihan hati sebagaimana kunyit dapat membantu detoksifikasi ginjal. Manfaat lain yang tidak kalah penting adalah kunyit dapat membantu mencegah inflamasi sehingga membantu penyembuhan iritasi dan peradangan pada ginjal.

9. Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang memiliki banyak khasiat selain untuk menurunkan berat badan anda. Kandungan di dalamnya dapat membantu pembersihan ginjal anda. Kandungan lemon antara lain antioksidan yang sangat tinggi dan juga asam lemon yang sangat tinggi. Dengan demikian jumlah kadar sitrat di dalam urin dapat meningkat serta pembentukan batu ginjal dapat dicegah. Anda dapat mengonsumsi jus lemon untuk membersihkan ginjal anda, dengan syarat anda tidak menderita penyakit maag. Bila anda menderita penyakit maag, sebaiknya tidak mengonsumsi jus lemon terlalu sering.

Sponsors Link

10. Cranberry

Cranberry merupakan salah satu buah yang dapat membantu membersihkan organ ginjal anda. Kandungan vitamin c, magnesium, potassium, vitamin A dan lain-lain juga menambah khasiat cranberry untuk tubuh anda. Buah kecil bulat berwarna merah ini selain membantu pembersihan ginjal anda juga dapat membantu mengurangi adheshi kandungan kemih serta infeksi saluran kencing.

Selain 10 makanan di atas, makanan di bawah ini juga dapat membantu membersihkan ginjal anda.

  1. Semangka
  2. Apel
  3. Blueberi
  4. Rasberi
  5. Stroberi
  6. Paprika
  7. Kecambah
  8. Kol
  9. Anggur
  10. Ceri
  11. Minyak zaitun

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

ads

Selain mengonsumsi makanan pembersih ginjal di atas, anda juga dapat melakukan beberapa hal di bawah ini agar ginjal anda tetap sehat.

1. Memakan putih telur

Putih telur mengandung kandungan protein yang sangat bagus dan murni. Selain itu putih telur juga mengandung asam amino yang penting untuk tubuh serta kandungan fosfor yang rendah sehingga baik untuk ginjal anda.

2. Memakan ikan

Ikan merupakan sumber protein yang baik. Selain itu ikan juga mengandung omega 3 yang dapat mencegah kanker dan penyakit jantung. Ikan juga baik untuk menurunkan LDL (kolesterol buruk) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

3. Hindari soda

Soda bukanlah minuman yang baik untuk tubuh anda, selain itu soda juga mengandung banyak gula (yang dibuat alami ataupun buatan pabrik). Hal ini dapat mengakibatkan bertambahnya berat badan yang berlebihan. Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa soda dapat mengakibatkan penyakit ginjal dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

4. Mengurangi konsumsi mayonaise

Mayonaise mengandung banyak kalori serta lemak. Ada pula mayonais yang mengandung kalori rendah tapi mengandung banyak sodium dan gula serta zat aditif lainnya. Hal ini dapat berdampak buruk bagi ginjal anda.

5. Mengurangi konsumsi makanan beku

Makanan yang dibekukan dapat berdampak pada tumbuhnya diabetes tipe dua menurut beberapa penelitian. Selain itu makanan beku seperti pizza beku dan makanan yang bisa dihangatkan lagi dengan microwave biasanya melalui pemrosesan yang menambah kandungan gula sodium dan lemak. Bila terpaksa mengonsumsi makanan beku, carilah yang mengandung label rendah gula dan atau rendah sodium serta jangan terlalu sering.

6. Buang air kecil tepat waktu

Buang air kecil tepat waktu dapat membantu kinerja ginjal anda agar tetap berfungsi optimal. Menunda-nunda buang air kecil akan membuat zat sisa metabolisme yang ada dalam urin tidak cepat keluar dari tubuh sehingga mengganggu kinerja ginjal.

7. Konsumsi gula sewajarnya

Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat mengakibatkan resiko diabetes meningkat drastis. Seperti yang sudah kita ketahui, diabetes adalah penyakit yang dapat memicu masalah ginjal. Oleh karena itu, mengurangi gula secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan ginjal kita karena menurunkan potensi munculnya penyakit diabates. Apabila tetap ingin mengonsumsi gula, pakailah gula alami seperti gula merah yang lebih rendah potensinya untuk memunculkan diabetes.

8. Mengonsumsi kopi sewajarnya

Untuk menjaga ginjal maka anda harus menjaga konsumsi kafein agar tidak mengganggu kinerja ginjal dalam mempertahankan dan menggunakan zat-zat penting seperti zat besi, vitamin, dan lain sebagainya untuk di kirim ke berbagai jaringan tubuh. Sebaiknya anda tidak meminum kopi lebih dari tiga gelas per hari. Semakin hitam (tinggi kafein) kopi yang anda minum, semakin sedikit kopi yang sebaiknya anda minum.

Sponsors Link

9. Mengurangi konsumsi alkohol

Alkohol yang berlebihan dapat membuat ginjal anda bengkak, sehingga akan menggangu kinerja ginjal anda. Sebaiknya anda menghindari sepenuhnya minuman beralkohol agar ginjal selalu berada pada kondisi yang baik.

10. Mengurangi konsumsi protein hewani

Protein hewani yang berlebihan dalam tubuh anda akan membuat kinerja metabolisme ginjal anda menjadi berat, sehingga ginjal anda akan mengalami kerja yang cukup berat. Sebaiknya konsumsilah protein hewani dalam jumlah yang cukup, karena seandainya anda banyak mengonsumsinya pun akan menjadi sia-sia karena protein hewani yang berlebihan akan dibuang oleh tubuh anda.

11. Tidur dengan cukup

Tidur adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anda untuk melakukan regenerasi sel serta mengistirahatkan diri. Tidur kurang dari 6 jam dapat mempengaruhi kesehatan ginjal anda secara tidak langsung. Akibatnya dalam jangka panjang tubuh kinerja metabolisme tubuh akan sangat berkurang sehingga penyakit rentan untuk menyerang anda.

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , ,