Sponsors Link

7 Jenis Makanan Pasien Dialisis Ginjal Paling Recommended

Sponsors Link

Saat organ ginjal sudah tidak lagi bisa berfungsi atau terjadi gangguan ginjal untuk menyaring limbah dalam tubuh, maka dokter kemungkinan akan menyarankan pasien untuk menjalani dialisis. Dengan perawatan dialisis tersebut, maka diet menjadi hal penting untuk dilakukan sehingga bisa membantu mengontrol kadar nutrisi tertentu dalam darah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam diet ginjal diantaranya adalah protein, kalium, natrium, fosfor dan juga cairan dalam makanan. Berikut ini akan kami berikan beberapa jenis makanan pasien dialisis ginjal terbaik yang bisa dikonsumsi.

ads
  1. Makanan Rendah Sodium

Natrium umumnya ditambahkan dalam makanan yang berfungsi sebagai pengawet. Namun untuk pasien dialisis, maka sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 2 ribu miligram sodium per hari. Batasi penambahan natrium dalam masakan dan lebih baik ganti dengan rempah rempah segar. Sedangkan jika ingin mengkonsumsi makanan kemasan, maka baca label dengan teliti dan hindari makanan kaleng yang memiliki kandungan sodium tinggi. Pilih daging segar, buah buahan dan juga sayuran yang tidak diawetkan dengan saus asin atau kaldu. Sedangkan jika anda ingin mengkonsumsi makanan ringan, maka pilih makanan ringan yang mengandung sodium atau garam berkadar rendah.

  1. Perhatikan Asupan Kalium Dalam Makanan

Roti, biji bijian, buah buahan, sereal dan juga sayuran mengandung potasium yang tinggi yang juga menjadi pantangan makanan sindrom nefrotik. Untuk anda pasien dialisis juga harus memperhatikan pengganti garam karena banyak mengandung bahan potasium klorida. Beberapa makanan yang yang baik dikonsumsi karena mengandung kalium rendah diantaranya adalah nasi putih, pasta, susu, saus apel, roti putih, brokoli segar, peach kalengan, mentimun dan juga wortel. Sedangkan untuk tomat, pisang, kentang, makanan gandum dan juga jus jeruk yang mengandung potasium tinggi sebaiknya dihindari atau tidak terlalu banyak dikonsumsi.

  1. Batasi Makanan Tinggi Fosfor

Memiliki ciri ciri penyakit ginjal juga harus berhati hati ketika akan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan fosfor. Susu dan juga produk susu, daging, soda dan biji bijian merupakan beberapa makanan tinggi fosfor yang sebaiknya dihindari. Daging merupakan sumber protein yang baik dikonsumsi ketika menjalani dialisis, sedangkan untuk jenis makanan lain yang mengandung fosfor sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi.

Untuk produk susu bisa dikonsumsi hanya satu porsi per hari, sedangkan rice milk yang tidak ditambahkan creamer non dairy bisa dikonsumsi sebagai alternatif pengganti susu. Untuk jumlah protein yang sebaiknya diproduksi pasien dialisis adalah antara 6 hingga 9 ons per hari untuk sarapan, makan siang dan makan malam. 

Sponsors Link

  1. Konsumsi Sumber Protein Mencukupi

Mengkonsumsi daging dan juga sumber protein lain sangat penting dilakukan dalam diet ginjal sekaligus tips menjaga kesehatan ginjal. Daging sapi, telur, babi, ikan dan juga unggas bisa dikonsumsi dalam diet namun pilih daging tanpa lemak dan juga tanpa saus dan garam tinggi. Batasi juga mengkonsumsi keju, pilih daging rendah natrium, mentega kacang dan kacang yang dimasak untuk memenuhi kebutuhan protein anda.

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Minum sejumlah cairan tertentu per hari tergantung dari rekomendasi dokter dan juga jumlah urin yang dihasilkan ginjal juga nantinya akan direkomendasikan oleh dokter. Jumlah ini sangat penting untuk mencegah dehidrasi namun tidak menyebabkan cairan terlalu banyak penumpukan untuk pasien dialisis. Cranberry, manfaat minum anggur untuk ginjal dan juga apel adalah jenis jus terbaik yang bisa dikonsumsi. Sedangkan teh, kopi, kaldu rendah sodium, air putih dan soda bening juga bisa dikonsumsi untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. 

Sponsors Link

  1. Sayuran Rendah Kalium

Tidak semua jenis sayuran menjadi sumber potasium. Labu, zucchini, kembang kol, brokoli, kacang hijau, paprika, seledri, bawang dan mentimun tidak mengandung potasium yang terlalu tinggi meski mengandung kalium. Beberapa jenis sayuran untuk pembersih ginjal ini bisa dikonsumsi lebih sering untuk pasien dialisis agar menjaga kadar potasium tetap dalam kisaran aman.

  1. Sumber Potassium Lain

Kalium tidak hanya bisa ditemukan dalam sayuran, namun juga ada dalam buah buahan, pengganti garam, kacang kacangan dan juga produk susu. Semua sumber potasium ini sebaiknya juga harus dipertimbangan untuk pasien dialisis agar dokter bisa mengembangkan diet sehat bagi pasien dialisis sekaligus menjadi makanan sehat untuk ginjal dan jantung.

Sponsors Link
>
, , ,