Sponsors Link

35 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ penting bagi tubuh manusia. Ginjal terletak di kanan dan kiri belakang tubuh manusia. Ginjal memiliki beberapa fungsi penting diantaranya ialah melakukan filtrasi atau penyaringan zat zat yang masih berguna bagi tubuh dan zat zat yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Namun, ternyata ginjal dapat mengalami kerusakan. Kerusakan pada ginjal dapat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan berbagai peyakit ginjal bahkan kematian. Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya kerusakan pada ginjal, satu diantaranya ialah makanan yang kita konsumsi. Berikut Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal :

ads
  1. Makanan Mengandung Garam Tinggi

Makanan yang mengandung garam memiliki rasa yang asin dan menciptakan rasa masakan tersendiri. Namun, apabila mengonsumsi garam terlalu banyak dapat berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi garam secara berlebih dapat menyebabkan hipertensi. Selain itu, garam mengandung kalsium yang tinggi yang membuat ginjal mengalami penurunan fungsi dan tidak dapat mengeluarkan racun racun dari dalam tubuh. Hal ini yang menyebabkan terjadinya batu ginjal. (Baca juga :pantangan makanan infeksi ginjal )

  1. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau yang bisa dikenal minuman bersoda memang sangat segar bila dikonsumsi ketika cuaca sedang terik teriknya. Tetapi, mengonsumsi minuman berkarbonasi secara berlebihan dapat merusak tubuh termasuk merusak organ ginjal. Hal ini dikarenakan minuman berkarbonasi mengandung gula yang tinggi yang dapat membuat fungsi ginjal menurun. (Baca juga :pantangan penyakit ginjal )

  1. Mengonsumsi Daging Sapi

Mengonsumsi daging sapi dalam jumlah yang banyak sangat tidak disarankan bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung maupun kolestrol. Daging sapi dapat memicu timbulnya penyakit hipertensi pula. Selain itu, mengonsumsi dagi sapi secara terus menerus dapat membuat kerusakan pada ginjal dikarenakan daging sapi adalah makanan yang kaya akan protein hewani. Hal ini yang menyebabkan ginjal kesulitan dalam melakukan proses penyaringan. (Baca juga :pantangan ginjal bocor )

  1. Mengonsumsi Nugget Berlebihan

Nugget adalah salah satu olahan daging ayam ataupun daging ikan. Nugget sering menjadi makanan favorit bagi anak anak dan juga orang dewasa. Selain itu nugget juga mudah di konsumsi dan memiliki harga yang murah. Namun, terlalu banyak mengonsumsi nugget dapat berbahaya bagi kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan nugget adalah salah satu makanan yang diawetkan dan mengandung sodium dan kalium di dalamnya yang dapat merusak ginjal. (Baca juga :pantangan ginjal bengkak )

  1. Mengonsumsi Gula

Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal yaitu makanan atau minuman yang manis memang menjadi makanan favorit untuk menghilangkan stress. Namun, mengonsumsi gula terlalu sering dapat membuat kadar kolestrol dalam darah meningkat dan menyebabkan berbagai penyakit lain. Selain itu, mengonsumsi gula secara berlebih dapat membuat ginjal kesulitan melakukan tugasnya karena kadar gula pada daraj yang terlalu tinggi. (Baca juga : pantangan gagal ginjal kronik)

  1. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng menjadi salah satu makanan favorit. Makanan yang digoreng memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Tetapi, mengonsumsi goreng gorengan terlalu sering tidak baik bagi tubuh. Hal ini disebabkan makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh. Kadar kolestrol yang tinggi akan memperberat kerja ginjal dan menyebabkan berbagai penyakit ginjal. (Baca juga :buah buahan obat ginjal )

  1. Produk Olahan Susu

Saat ini sudah banyak sekali makanan dan minuman yang berbahan dasar susu. Makanan dan minuman ini menjadi favorit banyak orang karena memiliki rasa yang segar dan juga tinggi kalsium. Namun, seperti telah dijelaskan sebelumnya apabila tubuh kita mengonsumsi kalsium terlalu tinggi maka akan membuat ginjal kesulitan mengerjakan fungsinya. Hal ini yang menyebabkan kerusakan pada ginjal. (Baca juga :ciri ciri kanker ginjal )

Sponsors Link

  1. Makanan Telur

Telur merupakan makanan yang mengandung protein yang tinggi. Protein ini memang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Tetapi mengonsumsi telur secara berlebihan dapat membuat kerusakan pada ginjal. Hal ini karena apabila mengonsumsi protein secara berlebihan akan membebani ginjal sehingga ginjal mengalami penurunan fungsi. (Baca juga :tanaman obat ginjal bengkak )

  1. Mengonsumsi Kafein

Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal  yaitu minuman yang memiliki kandungan kafein. Kafein dapat ditemukan diberbagai minuman salah satunya adalah kopi. Kopi menjadi minuman favorit karena memiliki rasa yang menenangkan. Ternyata, mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan risiko gagal ginjal dan juga batu ginjal. Hal ini disebabkan kafein tidak baik untuk pembuluh darah ataupun jantung. (Baca juga :harapan hidup pasien cuci darah )

  1. Mengonsumsi Sosis Berlebihan

Makanan yang instan menjadi makanan favorit kebanyakan orang. Salah satu makanan yang mudah dikonsumsi ialah sosis. Sosis sendiri adalah makanan yang diolah dari daging sapi maupun daging ayam. Mengonsumsi sosis dalam jangka waktu yang panjang dan sering akan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan menyebabkan kerusakan pada ginjal. (Baca juga : obat herbal gagal ginjal stadium 5)

  1. Mengonsumsi Semangka

Semangka memang merupakan salah satu buah dengan kandungan air yang kaya. Buah ini juga mengandung vitamin C yang tinggi dan mengandung kalium. Mengonsumsi buah semangka hanya disarankan 1 buah sehari, itupun harus didampingi oleh asupan lain. Hal ini dikarenakan buah semangka dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal. (Baca juga :pengobatan alternatif gagal ginjal )

ads
  1. Mengonsumsi Bayam Berlebih

Mengonsumsi sayur memang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga memberikan nutrisi bagi tubuh. Salah satu sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi ialah sayuran bayam. Bayam mengandung serat yang tinggi yang dapat memperlancar sistem pencernaan manusia. Namun, mengonsumsi bayam secara berlebih dapat berbahaya bagi ginjal. Hal ini dikarenakan bayam mengandung kalium yang tinggi. (Baca juga : cara berhenti cuci darah)

  1. Mengonsumsi Salad

Salad merupakan salah satu makanan yang dipilih ketika melakukan diet. Salad terbuat dari berbagai sayuran sehat dan juga rendah kalori. Tetapi, apabila kita hanya mengonsumsi salad tanpa didamping nutrisi yang lain, salad ini akan menjadi boomerang bagi kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan salad mengandung oksalat yang tinggi dan menyebabkan proses penguraian dalam tubuh terhambat. Hal inilah yang dapat merusak organ ginjal. (Baca juga : tujuan cuci darah)

  1. Mengonsumsi Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Pepaya dapat mengatasi masalah sembelit atau kesulitan buang air besar. Namun, mengonsumsi pepaya terlalu sering dapat berbahay pula bagi kesehatan ginjal. Hal ini disebabkan pepaya mengandung kalium dan mineral yang tinggi. Hal ini menyebabkan ginjal kesulitan dalam melakukan proses filtrasi, dan menyebabkan munculnya batu ginjal. (Baca juga :akibat tidak cuci darah pada gagal ginjal )

  1. Mengonsumsi Coklat

Coklat adalah makanan favorit hampir sebagian orang. Namun, mengonsumsi coklat secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan juga dapat menaikkan tingkat keparahan penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan coklat mengandung kalsium dan kafein yang tinggi yang berbahaya bagi ginjal. (Baca juga :efek terlambat cuci darah )

  1. Mengonsumsi Sarden

Mengonsumsi sarden tidaklah membutuhkan banyak bahan dan biaya. Sebab saat ini sarden dikemas dalam kemasan kaleng yang sederhana dan dapat ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan. Namun, mengonsumsi sarden dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Hal ini disebabkan sarden mengandung purin yang tinggi. Purin inilah yang dapat meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit gagal ginjal. (Baca juga :manfaat temulawak untuk ginjal )

  1. Mengonsumsi Nasi Secara Berlebihan

Nasi memang menjadi makanan pokok di Indonesia. Namun, bukan berarti kita tidak memperhatikan takaran yang kita konsumsi. Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang tinggi. Mengonsumsi nasi secara berlebihan dapat meningkaykan kadar gula dalam tubuh. Dan juga dapat menyebabkan ginjal mengalami kerusakan. (Baca juga :manfaat binahong untuk ginjal )

  1. Mengonsumsi Jeruk Berlebihan

Jeruk adalah salah satu buah favorit yang dapat membuat tubuh sehat dan juga segar. Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat menjadi antioksidan alami bagi tubuh. Namun, apabila tubuh mengonsumsi jeruk terlalu sering dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan ginjal. Jeruk mengandung kalium yang tinggi yang dapat membebani kerja ginjal dan merusak organ ginjal. (Baca juga : manfaat meniran untuk ginjal)

  1. Mengonsumsi Kacang Kacangan

Kacang kacangan memang tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam porsi yang banyak, mengonsumsi kacang kacangan dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Selain itu mengonsumsi kacang kacangan dalam porsi yang banyak dapat merusak organ ginjal. Hal ini disebabkan karena kacang kacangan mengandung fosfor yang tinggi yang buruk bagi ginjal. (Baca juga :manfaat propolis untuk ginjal )

  1. Mengonsumsi Keju

Keju merupakan salah satu makanan terfavorit bagi sebagian orang. Saat ini bahkan banyak sekali makanan biasa yang dicampur dengan keju untuk meningkatkan cita rasa makanan tersebut. Mengonsumsi keju secara berlebihan ternyata dapat memberikan efek buruk pada ginjal manusia. Hal ini disebabkan keju mengandung kalium dan fosfor yang dapat merusak ginjal. (Baca juga :pantangan batu ginjal )

  1. Mengonsumsi Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung vitamin yang tinggi. Alpukat dapat mempercantik kulit dan juga membuat kulit semakin halus. Namun, mengonsumsi alpukat dalam jumlah yang banyak dapat berakibat buruk pada ginjal. Mengonsumsi alpukat dapat memperberat kerja ginjal dan pada akhirnya menyebabkan berbagai penyakit ginjal.

  1. Mengonsumsi Daging Ayam

Makanan penyebab sakit ginjal daging ayam. Daging Ayam adalah makanan favorit hampir setiap orang. Karena banyak sekali makanan yang bisa diolah dari bahan dasar daging ayam ini. Namun, mengonsumsi daging ayam secara terus menerus dapat berdampak bagi tubuh. Ayam dapat meningkatkan kadar kolestrol di dalam tubuh. Selain itu, ayam mengandung protein yang tinggi yang membuat ginjal kesulitan melakukan penyaringan dalam ginjal.

  1. Mengonsumsi Sereal

Seringkali kita tidak memiliki waktu untuk sekedar melakukan sarapan pagi. Oleh karena itu banyak dari kita yang memilih untuk menyantap makanan yang mudah disajikan salah satunya sereal. Sereal mengandung serat yang sangat tinggi yang berasal dari gandum. Namun, apabila dikonsumsi terlalu sering akan membuat penyakit ginjal karena gandum sulit untuk dicerna dalam tubuh.

Sponsors Link

  1. Mengonsumsi Pisang

Buah buahan memang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun ternyata da buah yang dapat membuat penyakit ginjal. Salah satunya adalah buah pisang, buah berwarna kuning ini memang cocok untuk dikonsumsi ketika sedang diet. Hal ini dikarenakan pisang mengandung kalori yang rendah. Namun, pisang mengandung kalium yang tinggi yang dapat memperberat kerja ginjal dan menyebabkan berbagai penyakit ginjal.

  1. Mengonsumsi Kentang Berlebihan

Kentang dapat menjadi substitusi penggunaan nasi. Kentang juga mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi. Mengonsumsi kentang secara berlebihan dapat membuat penurunan fungsi pada ginjal. Oleh karena itu, kita harus melengkapi gizi kita agar organ ginjal tetap dapat berfungsi secara maksimal.

  1. Mengonsumsi Roti

Roti seringkali dikonsumsi pada waktu sarapan. Namun, mengonsumsi roti secara rutin dapat berdampak tidak baik pada tubuh. Hal ini dikarenakan roti terbuat dari gandum yang sulit dicerna di dalam tubuh dan membuat ginjal terbebani. Untuk mencegah kerusakan pada ginjal, kita harus mengimbanginya dengan mengonsumsi air putih yang cukup.

  1. Mengonsumsi Tomat

Tomat adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk tubuh karena mengandung berbagai vitamin dan juga antioksidan yang tinggi. Tetapi, dibalik semua kebaikan itu tomat dapat berbahaya bagi tubuh. Mengonsumsi tomat terlalu sering dapat membuat kerusakan pada ginjal. Hal ini dikarenakan tomat mengandung kalium yang tinggi yang dapat membebani kerja ginjal.

  1. Mengonsumsi Ikan

Ikan adalah salah satu makanan dengan protein hewani yang tinggi. Mengonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, ternyata ikan sangat tidak dianjurkan untuk mereka yang memiliki kista ginjal. Hal ini karena mengonsumsi ikan dapat menurunkan fungsi ginjal dan dapat menyebabkan penyakit ginjal yang lain.

  1. Makanan Pedas

Makanan penyebab sakit ginjal adalah makanan pedas.Di Indonesia makanan pedas menjadi makanan favorit sebagian besar orag. Mengonsumsi makanan pedas dapat menambah nafsun makan. Tetapi, mengonsumsi makanan pedas berlebih tidak baik untuk tubuh. Selain dapat merusak lambung, makanan pedas dapat merusak kesehatan ginjal.

  1. Alkohol

Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal  yaitu seperti minuman yang mengandung alkohol. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa alkohol dapat merusak organ tubuh manusia. Salah satunya ialah dapat merusak organ ginjal. Ginjal sebagai organ penting pada tubuh akan mengalami kegagalan fungsi dan menyebabkan berbagai penyakit ginjal hingga menyebabkan kematian.

  1. Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Di zaman modern saat ini, segala sesuatu yang instan dan cepat sangat diandalkan termasuk dalam urusan makanan. Kita seringkali mengonsumsi makanan cepat saji tanpa memerhatikan efek buruknya bagi kesehatan. Makanan cepat saji memang memiliki rasa yang nikmat. Namun, mengonsumsinya dalam frekuensi yang sering dapat menyebabkan kerusakan pada organ organ tubuh termasuk organ ginjal dan menyebabkan berbagai penyakit ginjal bahkan kematian.

  1. Teh

Teh adalah minuman yang dapat memberikan efek yang segar dan menenangkan tubuh. Mengonsumsi teh dapat meredakan stress. Namun, mengonsumsi the secara berlebihan dapat membuat kerusakan pada ginjal. Hal ini dikarenakan teh mengandung kafein didalamnya. Untuk mengimbanginya, kita harus mengonsumsi air putih yang cukup.

  1. Makanan Bersantan

Makanan bersantan merupakan makanan yang dapat mengundang berbagai penyakit. Salah satunya ialah menyebabkan kadar kolestrol dalam tubuh meningkat. Kadar kolestrol yang tinggi pada tubuh dapat membuat ginjal terbebani dan menyebabkan ginjal mengalami kerusakan.

  1. Mengonsumsi Ikan Asin

Mengonsumsi ikan asing memang disarankan tidak terlalu sering. Karena ikan asing mengandung garam yang tinggi dan rendah gizi. Mengonsumsi ikan asing tanpa didampingi sumber gizi lain dapat membuat organ ginjal lebih berisiko mengalami kerusakan.

  1. Mie Instan

Mie instan seringkali dikonsumsi ketika kita sedang kelaparan namun tidak ada makanan selain mie instan. Mie instan juga sering dikonsumsi karena harganya murah dan tidak memerlukan banyak biaya. Namun, mengonsumsi mie instan secara berlebihan pasti akan berbahaya bagi tubuh termasuk dapat merusak ginjal.

Demikian Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Ginjal . Bukan berarti kita dilarang untuk memakan makanan tersebut, tetapi hanya saja kita harus mengimbanginya dengan nutrisi yang lain agar kesehatan ginjal tetap terjaga.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman