Sponsors Link

6 Makanan Berbuka Puasa Untuk Penyakit Ginjal yang Harus Dikonsumsi

Sponsors Link

Ginjal adalah organ penting yang bertugas untuk menyaring urin, darah sekaligus memproduksi hormon. Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan dari organ ginjal yang salah satunya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat khususnya jika sedang menajalankan ibadah puasa. Ada beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal sekaligus mencegah penyakit batu ginjal dan dalam ulasan kali ini akan kami berikan beberapa makanan berbuka puasa untuk penyakit ginjal yang sebaiknya masuk dalam menu anda selama bulan puasa.

ads
  1. Nanas

Buah nanas yang memiliki rasa menyegarkan ini tidak hanya nikmat jika disantap saat berbuka puasa namun ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan organ ginjal agar bisa selalu kuat dan terlindungi. Dalam nanas mengandung enzim bernama bromelain yang berguna sebagai antioksidan dan juga memiliki efek anti inflamasi untuk mencegah menurunnya fungsi ginjal. Selain itu, nanas juga memiliki sifat deuretik yang berguna untuk mengeluarkan cairan dan juga mencegah terjadinya tekanan darah tinggi serta ciri ciri gagal ginjal awal.

  1. Bawang

Saat anda menyiapkan makanan untuk berbuka puasa, sebaiknya tambahkan dengan bawang dalam masakan tersebut. Hal ini disebabkan karena bawang menjadi salah satu makanan yang bisa meningkatkan kesehatan ginjal karena mengandung kerain yakni zat untuk menghentikan kerusakan sel dalam jaringan ginjal dan juga jantung. Sementara kandungan allicin dan juga sulfat dalam bawang bisa mengatasi inflamasi sekaligus mencegah akumulasi racun berlebihan dalam tubuh.

  1. Terong

Dalam terong mengandung mineral dan vitamin yang sangat tinggi untuk memperbaiki kesehatan ginjal dan juga meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular. Terong juga memiliki sifat diuretik dan detoksifikasi yang bisa mengeluarkan cairan dan racun berlebih dalam tubuh sehingga keruksan jaringan pada tubuh bisa dicegah dengan baik. Antioksidan dalam terong juga nantinya berguna untuk melawan kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas sehingga penyakit seperti gejala gagal ginjal kronik dan kanker bisa dicegah.

  1. Ikan

Ikan yang tinggi akan kandungan omega 3 dan asam amino seperti sarden, salmon dan juga tuna juga harus masuk dalam menu berbuka puasa yang sangat membantu untuk regenerasi sel ginjal. Beberapa jenis ikan ini juga sangat baik untuk mengeluarkan garam dan protein berlebih dalam urin sekaligus mencegah ciri ciri batu ginjal.

  1. Kubis

Kubis yang merupakan salah satu jenis sayur berdaun ini mengandung fitokimia yang juga menjadi makanan berbuka puasa untuk mencegah macam macam penyakit ginjal. Antioksidan yang ada dalam kubis ini akan membantu untuk menangkal radikal bebas berbahaya dalam tubuh untuk mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular dan juga disfungsi ginjal. Selain itu, kubis juga merupakan sayuran yang tinggi akan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan ginjal semakin baik. 

Sponsors Link

  1. Paprika Merah

Paprika merah mengandung kadar potassium yang rendah sehingga juga baik dikonsumsi sebagai salah satu tambahan makanan berbuka puasa. Dalam paprika merah mengandung vitamin A, vitamin B6 dan juga vitamin C serta asam folat dan serat sehingga membuat makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur. Paprika merah juga mengandung likopen yakni sejenis antioksidan untuk melindung tubuh terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker ginjal.

  1. Bawang Putih

Bawang putih sebaiknya juga ditambahkan ketika anda sedang memasak hidangan berbuka puasa. Meski memiliki bau yang menyengat, namun ternyata bawang putih juga bisa meningkatkan kesehatan ginjal sekaligus mencegah ciri ciri penyakit ginjal sebab memiliki sifat diuretik yang berfungsi untuk membantu menghilangkan garam dari dalam tubuh sekaligus membuat ginjal bisa menghasilkan natrium lebih banyak. 

Sponsors Link

  1. Buah Anggur Merah

Makanan terakhir yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa adalah buah anggur merah. Dalam buah ini mengandung senyawa polifenol bernama resveratrol yang merupakan makanan sehat untuk ginjal dan jantung. Resveratrol ini nantinya juga berfungsi untuk memperbaiki luka pada ginjal seperti cedera perfusi iskemia, cedera karena obat obatanm nefropati diabetes dan lain sebagainya. Selain itu, rasa dari buah anggur merah yang sangat nikmat ini juga bias menghilangkan rasa dahaga dalam sekejap sesudah menjalankan ibadah puasa dalam sehari.

Sponsors Link
>
, ,