Sponsors Link

18 Makanan Baik Untuk Penderita Ginjal Wajib Dicoba

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang wajib dijaga kesehatannya. Dengan menjaga kesehatan organ tubuh yang satu ini, barulah kita bisa hidup dengan sehat tanpa perlu terkena serangan penyakit apapun yang bisa menyerang tubuh kita. Untuk bisa mencapainya, tentu saja kita perlu memiliki gaya hidup yang baik dan menyehatkan. Tidak jarang, gaya hidup yang baik merupakan pencegahan yang paling ampuh dari berbagai macam penyakit berbahaya untuk tubuh seperti misalnya penyakit gagal ginjal, batu ginjal, kanker, dan lain sebagainya.

ads

Lalu bagaimana ketika kita sudah terlanjur mengalami sakit ginjal tertentu? Haruskah kita terus menerus meminum obat tanpa bisa memakan makanan yang lain? Tentu saja tidak. Sekalipun kamu menderita penyakit ginjal, apapun jenisnya, kamu tetap harus memakanan makanan baik untuk penderita ginjal seperti yang akan kita bahas di bawah ini. Dengan demikian kesembuhan ginjalmu bisa lebih cepat tercapai, sekaligus membantu agar keadaan ginjalmu tidak bertambah buruk. Tidak hanya itu, nutrisi tubuhmu pun akan terpenuhi dengan baik tanpa perlu mengkhawatirkan efek samping karena makanan di bawah ini cenderung ramah untuk ginjal.

Lalu apa sajakah makanan yang baik untuk penderita ginjal itu? Tentunya dengan memakan makanan yang baik untuk ginjal berikut ini kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. Apabila kamu sudah penasaran, berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Paprika merah

Paprika merah merupakan salah satu makanan yang dapat konsumsi ketika kamu sedang menderita gagal ginjal. Hal itu disebabkan karena paprika merah memiliki potasium dalam kadar yang rendah, sehingga sangat baik untuk kesehatan ginjal. Selain mengandung potasium yang rendah, paprika merah juga memiliki banyak vitamin di dalamnya, seperti misalnya vitamin C, vitamin B6, vitamin A, asam folat dan juga serat. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal ataupun untuk membantu menyembuhkan kesehatan ginjal ketika mengalami masalah tertentu.

Selain mengandung berbagai macam kandungan di atas, paprika merah juga mengandung senyawa antioksidan bernama likopen yang bermanfaat dalam membantu melawan beberapa serangan kanker. Dengan kata lain, selain membantu ginjal menjadi lebih sehat, paprika merah juga akan membantu melindungi tubuh dari kanker. Oleh karena itu paprika merah sangat baik untuk kita konsumsi. Tidak hanya itu, paprika merah juga baik sebagai cara mengobati ginjal bocor.

2. Bunga atau kembang kol

Selain paprika merah, makanan baik untuk penderita ginjal berikutnya adalah bunga atau disebut pula dengan kembang kol. Bunga kol merupakan sayuran yang sangat baik dan juga ramah untuk ginjal kita. Mengonsumsi kembang kol dalam jumlah cukup akan membantu kita menghindari berbagai macam masalah yang bisa ditimbulkan dari memakan bunga kol terlalu banyak.

Sponsors Link

Ada berbagai macam jenis kandungan gizi yang terdapat di dalam kembang kol. Beberapa di antaranya, antara lain adalah vitamin C, serat dan juga folat yang bisa membantu menjaga kesehatan organ ginjal yang kita miliki. Selain memberikan berbagai macam manfaat di atas, bunga kol juga mengandung komposisi lainnya yang sangat penting untuk organ hati dan juga memiliki kemampuan untuk menetralkan senyawa-senyawa berbahaya yang masuk melalui tubuh kita. Dengan kata lain mengonsumsi bunga kol dengan kadar yang seimbang bisa juga digunakan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan ginjal.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu jenis bahan masakan yang sebenarnya sangat baik dan juga sangat ramah untuk berbagai organ yang ada di dalam tubuh kita. Selain bermanfaat sebagai penyedap masakan untuk membuat masakan menjadi lebih enak, bawang putih juga merupakan makanan yang mampu mengurangi potensi terjadinya inflamasi atau peradangan dan juga jumlah kolesterol buruk yang ada di dalam tubuh kita. Bawang putih juga mengandung antioksidan dan mampu mencegah terjadinya pembekuan darah sehingga membantu ginjal agar bisa bekerja secara optimal. Dengan demikian, mengonsumsi bawang putih akan sangat bermanfaat untuk menjaga dan membantu ginjal untuk sehat kembali.

ads

4. Bawang merah

Sebagai teman akrabnya si bawang putih, bawang merah yang memiliki kadar potasium rendah ini juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita dengan cara yang lain. Bawang merah mengandung flavonoid dan quercetin, dua senyawa yang memiliki kemampuan dan manfaat untuk mencegah berkumpulnya lemak di dalam aliran darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan beban kerja ginjal pun akan menjadi lebih ringan karena tidak terdapat hambatan berupa lemak yang menyumbat aliran darah atau membuat darah menjadi kental.

Senyawa quercetin merupakan salah satu jenis antioksidan yang juga bisa bermanfaat untuk mengurangi risiko munculnya penyakit jantung serta kanker. Selain itu, bawang merah juga mengandung senyawa chromium yang akan membantu tubuh dalam mencerna lemak, protein, dan karbohidrat, sehingga membuat sistem pencernaan akan bekerja menjadi lebih ringan. Apalagi bila kamu menjauhi makanan penyebab sakit ginjal.

5. Apel

Selain beberapa makanan di atas, buah apel juga merupakan makanan baik untuk penderita ginjal berjenis buah yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga mampu mencegah peradangan jaringan tubuh. Buah apel pada umumnya bisa membantu kita dalam mengurangi jumlah kolesterol yang buruk, mencegah terjadinya konstipasi, membantu mengurangi risiko serangan penyakit jantung atau kanker, termasuk menjaga kesehatan ginjal.

Pada umumnya, kandungan apel sangat baik untuk tubuh kita. Apel memiliki berbagai macam kandungan yang bermanfaat seperti misalnya kandungan vitamin yang sangat banyak dan terdiri dari berbagai macam variasi yang berbeda. Oleh karena itulah baik ketika sehat ataupun sakit, buah apel termasuk salah satu jenis buah yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan organ pada umumnya, termasuk menjaga kesehatan organ ginjal. Dengan memakan buah apel secara rutin, maka para penderita ginjal akan mendapatkan asupan nutrisi dan zat-zat yang baik untuk membantu memulihkan dan menjaga kesehatan ginjal.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis ‘makanan’ yang telah lama dikenal memiliki berbagai macam khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, minyak yang satu ini juga banyak digunakan karena memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia pada umumnya.

Salah satu di antara berbagai macam kandungan minyak zaitun adalah asam oleat yang bisa bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari oksidasi. Selain asam oleat, minyak zaitun juga mengandung senyawa polifenol dan senyawa antioksidan lainnya yang akan bermanfaat untuk mencegah inflamasi dan juga oksidasi yang sangat berbahaya untuk kesehatan organ tubuh.

Para penderita ginjal seperti misalnya pasien gagal ginjal yang masih mengikuti penanganan batu ginjal, bisa mengonsumsi minyak zaitun karena minyak zaitun akan membantu tubuh dalam memperbaiki sel ginjal yang mengalami kerusakan sehingga ginjal bisa kembali sehat. Konsultasi dengan dokter tentu saja sangat disarankan agar tidak membuat munculnya efek samping lain yang mungkin bisa terjadi ketika mengonsumsi minyak yang satu ini dengan cara yang keliru.

Sponsors Link

7. Tauge

Tauge atau kecambah adalah salah satu sayuran yang juga bisa dikonsumsi ketika kita menderita masalah ginjal tertentu seperti misalnya penyakit gagal ginjal. Tidak hanya berguna sebagai bahan masakan dan dibuat sebagai pelengkap rawon atau soto, tauge bisa membantu dalam hal membersihkan ginjal dan juga mencegah terbentuknya batu ginjal dengan ukuran yang lebih besar agar bisa menghindari bertambah parahnya kondisi ginjal saat sakit. Mengonsumsi tauge secara langsung alias masih mentah lebih disarankan daripada mengonsumsi tauge bersama dengan campuran makanan yang lain seperti misalnya dalam rawon atau soto.

Selain beberapa makanan di atas, beberapa jenis makanan di bawah ini juga sangat baik dikonsumsi oleh para penderita ginjal.

  • Anggur hijau
  • Ceri
  • Probiotik
  • Blueberi
  • Anggur ungu
  • Manggis
  • Stroberi
  • Raspberi
  • Cranberi
  • Seledri
  • Anggur merah

Itulah beberapa jenis makanan baik untuk penderita ginjal bisa dikonsumsi ketika menderita penyakit ginjal tertentu ataupun dalam keadaan sehat. Tentunya ketika sehat pun kamu harus bisa menjaga kesehatan tersebut, salah satu langkah yang tepat adalah dengan mengonsumsi berbagai macam makanan di atas agar kamu bisa menjaga kesehatan tubuhmu dengan baik. Dengan mengonsumsi berbagai macam makanan yang baik untuk kesehatan tubuh, khususnya ginjal, maka tentu saja tubuh kita akan terjaga kesehatannya dengan baik. Jangan lupa untuk menerapkan tips menjaga kesehatan ginjal juga ya.

Selamat merawat ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , , , ,