Sponsors Link

Perencanaan Makan Darurat Anak Penderita Ginjal

Sponsors Link

Untuk anda yang memiliki anak penderita ciri ciri penyakit ginjal, rencana makan yang kami berikan kali ini bisa digunakan dalam keadaan darurat atau ketika bencana alam saat anda tidak bisa melakukan dialisis. Sangat penting untuk mengikuti diet terbatas apabila harus melewatkan dialisis. Daftar belanja dan tiga hari rencana makan untuk situasi darurat termasuk di dalamnya terdapat versi berbeda untuk penderita penyakit ginjal kronis dan juga penderita ginjal sekaligus diabete. Diet ini lebih terbatas dibandingkan dengan diet biasa. Rencana terbatas tersebut dibutuhkan untuk mengontrol penumpukan fosfor, kalium, urea dan juga cairan yang bisa mengancam kehidupan apabila melewatkan beberapa perawatan dialisis keadaan darurat. Berikut akan kami berikan perencanaan makan darurat anak penderita ginjal.

ads

Menghadapi Situasi Darurat

Banyak hal yang bisa membuat seorang anak dengan masalah ginjal seperti ciri ciri ginjal bocor ketergantungan setiap hari mungkin tidak tersedia dalam situasi darurat. Tidak ada sambungan telepon, air dan listrik berkurang akan menghambat anda untuk memasak makanan dengan cara biasa. Anda mungkin harus mengkonsumsi makanan dingin hingga krisis berakhir. Lemari es penuh bisa menahan suhu selama 48 jam atau 24 jam jika setengah penuh. Membatasi waktu anda untuk membukanya supaya suhu dingin tetap di dalam kulkas. Air sulingan, piring sekali pakai dan peralatan makan juga harus selalu disiapkan.

Apa Mengubah Diet Dibutuhkan?

Lalu, apakah sebenarnya perlu mengubah diet apabila bisa melakukan dialisis peritoneal atau PD?. Apabila anda bisa menjaga tingkat ketika dialisis dengan memakai mesin atau pertukaran manual, maka anda harus menjaga asupan protein untuk 6 ons atau lebih setiap hari, tidak harus mengubah jumlah asupan kalium setiap hari dan lanjutkan membatasi kalsium dan produk tinggi fosfor serta menjaga rejimen pengikat fosfat.

Apabila tidak bisa melakukan banyak pertukaran seperti biasa, maka ikuti pedoman dasar seperti yang ada dalam pedoman darurat ini termasuk membatasi sumber cairan dan kalium.

Tentang Perencanaan Makan Darurat

Ada beberapa hal lain yang harus anda ketahui mengenai perencanaan makan darurat anak penderita ginjal, yakni:

  • Sangat penting untuk mengikuti diet sesuai dengan rencana makan yang diberikan terutama untuk makanan penyebab sakit ginjal.
  • Berhati hati ketika mengkonsumsi makanan yang bisa basi untuk menghindari keracunan makanan. Apabila kaleng atau botol telah dibuka, maka jangan dibiarkan lebih dari empat jam kecuali jika didinginkan.
  • Pakai piring dan peralatan sekali pakai lalu buang sesudah digunakan.
  • Simpan air suling yang biasanya ada di supermarket untuk mencampur susu atau jus dan campur dalam jumlah kecil hanya empat ons pada satu waktu.
  • Batasi asupan cairan untuk dua cangkir atau 16 ons per hari dan kunyah permen karet untuk mengatasi rasa haus.
  • Hindari memakai garam atau pengganti garam pada makanan dan sebaiknya konsumsi makanan bebas garam jika memungkinkan.
  • Hindari makanan tinggi kalium dan batasi jenis serta ukuran porsi buah buahan serta sayuran yang dikonsumsi sesuai yang tercantum dalam panduan diet baik untuk yang menjalani proses hemodialisis atau tidak.
  • Apabila anak penderita diabetes, maka siapkan tablet glukosa instan, permen, gula, jus buah rendah kalium untuk mengatasi gula darah rendah namun hindari jus buah dengan kandungan kalium terlalu tinggi seperti jus jeruk.

Selain itu, beberapa makanan lain yang mengandung fosfor tinggi juga harus dibatasi, seperti:

Sponsors Link

  • Susu kedelai.
  • Susu dan produk susu seperti keju, yogurt, susu, es krim dan puding yang mengandung susu.
  • Daging yang sudah diproses seperti daging patty atau sosis sama seperti pantangan makanan sindrom nefrotik.
  • Kacang kacangan. Biskuit, waffle, pancake dan muffin.
  • Gandum seperti crackers, roti gandum, pasta dan sereal.
  • Coklat termasuk juga minuman coklat.
  • minuman bersoda atau yang memiliki rasa.

Selain itu, batasi juga makanan yang mengandung kalium sebab ginjal yang sudah tidak bekerja dengan maksimal dan mendapat kadar kalium tinggi dalam darah bisa berpengaruh pada detak jantung. Kalium bisa ditemukan pada sayuran, buah buahan, kacang kacangan dan juga susu beserta produknya. Beberapa makanan yang mengandung kalium tinggi diantaranya adalah ubi, labi, kiwi, jeruk, pisang, blewah, alpukat, bayam, kentang dan tomat.

Sponsors Link
>
, , ,