Sponsors Link

Manfaat dan Bahaya Magnesium Untuk Ginjal

Sponsors Link

Tubuh manusia membutuhkan magnesium untuk mengatur berbagai reaksi biokimia. Sedangkan organ ginjal akan membantu tubuh untuk menyingkirkan produk limbah sekaligus mengatur kadar magnesium dengan cara menentukan seberapa banyak magnesium yang akan dibuang bersama dengan air seni atau kencing. Ciri ciri ginjal sehat nantinya yang akan menentukan seberapa banyak magnesium yang dibutuhkan tubuh dan kemudian membuang kadar magnesium berlebih. Namun, ketika kadar magnesium dalam tubuh terlalu berlebihan, maka tentunya bisa menyebabkan masalah seperti beberapa efek samping magnesium untuk ginjal yang akan kami ulas berikut ini.

ads

Magnesium Dalam Tubuh

Beberapa kegunaan magnesium bagi tubuh termasuk magnesium untuk ginjal adalah membantu mengelola fungsi saraf dan juga otot, memastikan pertumbuhan tulang yang baik, memproduksi energi dan sintesis protein sekaligus mengatasi mual dan sembelit. Kasus kekurangan magnesium sendiri jarang terjadi pada orang yang sehat, sedangkan jika kadar magnesium dalam tubuh terlalu tinggi, maka ginjal akan membantu tubuh untuk menyingkirkan magnesium berlebih tersebut. Kekurangan magnesium bisa terjadi ketika anda terlalu banyak minum minuman beralkohol, mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu atau mengalami gangguan malabsorptif. Sedangkan untuk sumber magnesium alami bisa didapatkan dari biji bijian, kacang kacangan dan juga sayuran hijau.

Hubungan Magnesium Dengan Batu Ginjal

Mempertahankan kadar magnesium seimbang sangat penting untuk mencegah penyebab batu ginjal kalsium oksalat yang menjadi tipe paling umum dari batu ginjal. Kalsium dan magnesium sangat berkaitan dengan oksalat sehingga jika kalsium berikatan dengan oksalat, maka kristal akan terbentuk dan akhirnya menyebabkan ciri ciri batu ginjal.

Namun jika magnesium berikatan dengan oksalat, maka kristal yang terbentuk lebih mudah larut dan kemungkinan berkembang menjadi pembentukan batu bisa dikurangi. Saat tubuh kekurangan magnesium, maka akan semakin rentang terkena batu ginjal sehingga harus menambahkan makanan yang tinggi akan kandungan magnesium, mengkonsumsi cairan cukup dan membatasi asupan natrium.

Magnesium dan Gangguan Fungsi Ginjal

Apabila fungsi ginjal mengalami gangguan seperti ciri ciri ginjal rusak kronis dan penyakit ginjal stadium akhir, maka tubuh tidak akan bisa membersihkan diri dari kadar magnesium berlebih. Hal ini nantinya bisa menyebabkan tingkat keracunan semakin meningkat dan bisa diidentifikasi dengan mengukur kadar magnesium serum.

Keracunan magnesium nantinya bisa menyebabkan beberapa gejala seperti mual, muntah, tekanan darah rendah, diare dan dalam kasus kronis bisa menyebabkan kelemahan otot, detak jantung tidak beraturan dan bahkan serangan jantung.Untuk beberapa orang, ginjal tidak bisa membersihkan tubuh dari kadar magnesium berlebih yang diperoleh dari antasid dan juga suplemen. Sedangkan batas asupan magnesium per hari hanya sekitar 350 miligram per hari. 

Sponsors Link

Magnesium dan Gagal Ginjal

Terlalu banyak magnesium dalam tubuh biasanya terjadi karena kerusakan pada gagal ginjal kronis. Kerusakan ginjal yang juga dikenal dengan gagal ginjal bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti penyakit jantung, dehidrasi berat dan juga infeksi. Apabila terlalu banyak magnesium dalam tubuh, maka beberapa gangguan seperti kelemahan otot, aritmia jantung, kesulitan bernapas, kehilangan nafsu makan dan tekanan darah rendah bisa terjadi. 

Sponsors Link

Penanganan Gangguan Magnesium

Dalam kasus yang jarang terjadi, beberapa orang kemungkinan sudah memiliki penyakit atau dalam kondisi yang bisa menyebabkan ginjal gagal membersihkan tubuh dari kadar magnesium berlebih. Kondisi ini biasanya sering terdeteksi saat masih bayi dengan gejala seperti kelemahan, kelelahan, kontraksi otot, kram dan juga kadar kalsium dan kalium yang rendah.

Meskipun magnesium untuk ginjal bukan menjadi satu satunya penyebab ginjal rusak, namun tetap saja kadar magnesium terlalu berlebihan bisa berimbas pada organ ginjal tersebut. Hal serupa juga bisa terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan magnesium yang juga bisa menyebabkan salah satu macam macam penyakit ginjal seperti magnesium wasting yakni kondisi dimana ginjal bisa mengeluarkan terlalu banyak mineral kronis dengan gejala seperti perubahan kepribadian, nafsu makan menurun, mual dan juga muntah.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips