Sponsors Link

7 Macam Warna Urin Untuk Deteksi Warna Urin

Sponsors Link

Warna urin yang normal adalah bening atau agak kuning muda yang terjadi karena kandungan robilin atau urochrome yang dihasilkan ketika hemoglobin dipecah dalam tubuh menjadi bilirubin. Namun terkadang, faktor perbedaan warna urine juga bisa saja berubah sesuai dengan kondisi tubuh saat itu. Lalu, bagaimana sebenarnya warna urin tubuh yang masih normal dan mana yang tidak sehingga butuh diperiksakan ke dokter?.

ads

Bagaimana Warna Urin Anda?

Perlu diketahui jika berubahnya warna urin selain kuning muda memang tidak selalu menjadi tanda sesuatu yang berbahaya. Selain disebabkan karena kondisi atau penyakit tertentu, berubahnya warna air kencing juga bisa terjadi karena makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari hari. Untuk itu, anda juga harus memperhatikan bebeapa gejala lain yang terjadi bersamaan dengan berubahnya warna air kencing anda khususnya jika saat buang air kecil terasa panas disertai dengan rasa perih atau seperti terbakar ketika buang air kecil. Berikut ini akan kami berikan penjelasan tentang warna warna urin yang mungkin saja anda alami.

  1. Kuning Tua

Urine berwarna kuning tua menandakan jika tubuh anda sedang mengalami dehidrasi. Warna yang terlalu pekat tersebut terjadi karena tingginya zat sisa urochrome yang larut bersama urin dan bahkan ketika sudah disaring oleh ginjal.

  1. Merah

Dari sebuah artikel pada Southern Medical Journal pada tahun 2012, urin yang berwarna merah dari mulai merah muda hingga merah tua bisa terjadi karena orang tersebut mengalami hematuria yakni penyakit yang ditandai dengan gejala darah terlarut bersama air kencing. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi sistem kemih sehingga urin berwarna merah seperti batu ginjal, kanker atau infeksi kandung kemih.

Terutama bagi pria, warna merah air kencing juga menandakan gejala kanker prostat dan juga pembesaran kelenjar prostat. Selain itu, olahraga yang terlalu berat juga bisa menyebabkan darah masuk ke dalam kencing dan berubah menjadi merah. Warna air kencing merah juga bisa menandakan kandungan myoglobin yakni protein pengikat oksigen di sel otot yang ada pada sel darah merah dan serupa dengan hemoglobin. Selain itu, kondisi lain bernama beeturia yakni warna urine yang berubah menjadi merah karena terlalu banyak makan buah bit juga bisa terjadi.

  1. Coklat atau Hitam

Warna urin juga bisa berubah menjadi coklat ataupun hitam yang tentunya memiliki warna berbeda dengan warna urine sehat. Bilirubin yang dikenal sebagai hasil hemoglobin terjadang juga banyak menumpuk di dalam darah akibat penyakit hati seperti sirosis dan hepatitis atau juga bisa disebabkan karena adanya sumbatan atau tumor. Selain itu, urine yang berubah warna menjadi coklat atau hitam juga bisa terjadi karena mengkonsumsi kacang fava dan juga rhubarb.

  1. Oranye

Beberapa jenis obat bisa mengubah warna urine menjadi oranye seperti isoniazid yang merupakan obat untuk pasien tuberkulosis. Selain isoniazid, riboflavin, rifaminm vitamin B dan juga beberapa jenis obat lain juga bisa mempengaruhi warna air kencing seperti mengkonsumsi wortel terlalu banyak yang juga bisa menyebabkan urine berubah menjadi oranye.

  1. Putih Susu

Pada saat terjadi infeksi seperti infeksi kandung kemih di dalam tubuh, maka terkadang sistem kemih akan bereaksi untuk melawan infeksi tersebut dengan cara melepaskan terlalu banyak sel darah putih. Hal inilah yang nantinya menyebabkan warna urin berubah menjadi putih susu.

Urin berwarna putih susu juga bisa disebabkan asam urat karena mengkonsumsi makanan tinggi purine seperti herring, ikan teri dan juga daging merah. Perubahan warna urin menjadi putih susu juga bisa disebabkan karena proses kristalisasi fosfat akibat hormon paratiroid yang terlalu berlebihan. 

Sponsors Link

  1. Biru

Jika seseorang pernah melakukan tes lab tertentu, maka methylene blue yakni zat yang biasa digunakan dalam tes laboratorium yang dipakai selama prosedur juga bisa mengubah warna urin menjadi kebiruan ketika proses terbentuknya urine. Methylene blue tersebut mengandung properti anti mikroba yang terkadang juga ada pada beberapa pengobatan dan obat obatan herbal. Sedangkan dalam beberapa kondisi seperti blue diaper syndrome dan hartnup disease juga bisa menyebabkan warna urin berubah menjadi biru.

  1. Hijau

Ketika seseorang baru saja mengkonsumsi sesuatu yang berwarna biru, maka pigmen pewarna makanan tersebut bisa bercampur dengan warna kuning dari urin sehingga urin yang dikeluarkan tubuh menjadi hijau. Ada beberapa kasus lain yang juga bisa menyebabkan urin berubah warna menjadi hijau seperti propofol atau obat anestesi, obat asam lambung cimetidine dan juga obat anti depresan trisiklik. Selain itu, urin yang berwarna hijau juga bisa dijadikan pertanda penyakit infeksi sistem urin atau infeksi bakteri dalam darah. Sedangkan makanan berwarna hijau juga bisa menyebabkan hal yang serupa yakni urin berwarna hijau.

Sponsors Link
>
, , ,