Sponsors Link

10 Macam Macam Penyakit Ginjal : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Setiap orang pasti mendambakan hidup yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu  menjaga pola hidup yang sehat dengan makan makanan yang bergizi, olahraga yang cukup menghindari rokok dan minuman beralkohol adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, tidak sedikit orang orang yang lalai menjaga kesehatan tubuhnya sendiri hingga terkena berbagai macam penyakit dari penyakit ringan hingga sudah berada di tahap kronis. Setiap organ yang ada didalam tubuh kita rentan terkena bakteri dan virus sehingga menjadi sebuah penyakit. Bahkan penyakit penyakit tersebut bisa bersatu menjadi penyakit kompilasi.

ads

Baca juga :

Organ organ yang memiliki fungsi penting dalam tubuh kita juga tidak terhindar dari ancaman berbagai penyakit, termasuk ginjal. Ginjal mempunyai peran penting sebagai penyaring darah dan mengeluarkan zat sisa sisa metabolism dalam bentuk urin. Setidaknya dalam ginjal terdapat 3 proses yaitu filtrasi atau penyaringan lalu yang kedua reabsorbsi yaitu proses menyerap kembali zat zat yang masih bermanfaat bagi tubuh dan menghasilkan urin sekunder proses yang terakhir yaitu augmentasi ialah proses penambahan cairan ke urin sekunder setelah itu urin akan ditampung dalam kandung kemih untuk diekskresikan keluar tubuh.

Dengan peranan yang penting tersebut kesehatan ginjal sangat penting bagi tubuh. Namun ternyata tidak sedikit penyakit yang menyerang ginjal. Berikut berbagai macam penyakit ginjal disertai dengan ciri ciri dan bagaimana mengobatinya.

Macam Macam Penyakit Ginjal

1. Nefritis

Nefritis atau radang ginjal ialah penyakit yang menyebabkan infeksi pada ginjal. Selain itu nefritis juga dapat terjadi dikarenakan adanya virus dan bakteri yang menyerang ginjal. Bakteri yang menyerang ginjal ialah bakteri Streptococcus. Bakteri ini juga merusak glomerulus karena glomerulus alergi terhadap racun yang dikeluarkan oleh bakteri ini.

Selain bakteri penyakit ini juga dapat disebabkan oleh pemakaian alat kedokteran yang tidak steril dan juga penggunaan alat kedokteran dalam waktu yang lama. Hipertensi juga menjadi salah satu penyebab terjadinya nefritis karena merusak pembuluh darah. Hal hal lain yang menyebabkan radang ginjal diantaranya obesitas,asam urat, diabetes, daya tahan tubuh yang lemah , penggunaan obat obatan dalam waktu yang lama serta faktor keturunan.

Untuk mengetahui ciri ciri penderita nefritis, biasanya penderita nefrirtis memiliki ciri ciri seperti badan yang sering letih, urin berbusa,urine berdarah adanya nanah ketika buang air kecil dan warna urin yang berkeruh. Untuk mencegah penyakit ini haruslah menerapkan gaya hidup yang sehat, menjaga berat badan ideal, menjaga kadar gula dalam darah, perbanyak minum air putih, memilih obat obatan yang illegal. Namun apabila sudah terserang nefritis maka terdapat berbagai bahan alami yang digunakan untuk mengobati nefritis diantaranya kumis kucing, bubuk kopi, temulawak dan rambut jagung.

2. Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit Ginjal Polikistik (Polysictis Kidney Disease) disebabkan oleh adanya kista yang berisi cairan. Penyakit ini dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu ARPKD yaitu PKD yang disebabkan oleh autosom resefif, dimana penyebab penyakit ini adalah faktor keturunan dimana hanya dibutuhkan satu orangtua yang mengalami PKD. ARPKD rata rata di alami oleh anak anak dimana gejalanya sudah dapat dilihat sejak awal awal kelahirannya. Selanjutnya ada ADPKD yang disebabkan oleh autosom dominan dimana dari kedua orang tua memiliki riwayat PDK sehingga potensi keturunan mereka menderita ADPKD ialah 50 % . Namun ada pula penyakit PKD yang tidak disebabkan oleh keturuna.

Penderita PKD ini disebabkan oleh adanya mutasi gen. Ciri penyakit PKD adalah nyeri punggung, hipertensi, adanya protein dalam urin dan fungsi ginjal turun. Ada beberapa hal yang dapat mencegah PKD yaitu diagnose sejak ini terutama bagi orangtua yang mengalami PKD pula. Diagnosa dapat dilakukan melalui CT scan. Sampai saat in penyakit ini belum ada obatnya, namun untuk mengurangi rasa sakit maka ada 2 cara yaitu pengeringan kista dan pengangkatan kista.

Sponsors Link

3. Batu Ginjal

Batu Ginjal merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita para penderita penyakit ginjal. Batu ginjal sendiri terjadi karena adanya endapan dari kalsium garam,mineral dan benda benda organic lainnya. Dari kumpulan dan endapan zat zat tersebut maka terbentuk batu ginjal di dalam ginjal. Sehingga batu ginjal ini yang akan menghambat fungsi kerja ginjal itu sendiri.

Pengendapan ini disebabkan karena banyaknya kadar garam dalam bentuk larutan di dalam ginjal, konsentrasi garam yang tinggi akan mengendap dan membentuk partikel maupun zat padat. Ciri ciri penderita batu ginjal ialah adanya sulit untuk buang air kecil. Cara mengobati batu ginjal ialah mengkonsumsi air yang cukup, tidak menahan untuk buang air kecil.  ( Baca juga : ciri ciri penyakit batu ginjal)

4. Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginja ialah hilangnya fungsi ginja baik secara keseluruhan maupun sebagian. Gagal ginjal Kronis adalah kondisi dimana fungsi ginjal akan menurun secara pelan pelan dan bertahap. Gagal ginjal kronis adalah kerusakan ginjal seperti kelainan jaringan, komposisi darah dan urin yang dialami dalam kurun waktu lebih dari 3 bulan. Pada penderita gagal ginjal kronis pada awalnya tidak menimbulkan gejala, hal ini membuat para pengidap penyakit tidak menyadari penyakit ini sampai pada akhirnya penyakit ini memasuki tahap kronis.

ads

Gagal ginjal kronis merupakan salah satu penyakit mematikan. Sampai saat ini tidak ada obat yang bisa menyembuhkan dengan total penyakit gagal ginjal kronis ini. Semua perawatan hanya akan memperlambat penyakit gagal ginjal kronis. Perawatan tersebut seperti cuci darah. Untuk menghindari penyakit mematikan ini adalah menjaga pola hidup sehat dan juga berolahraga. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi dan makanan yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Baca juga : Ciri Ciri Ginjal Bermasalah

5. Hematuria

Hematuria adalah salah satu Macam Macam Penyakit Ginjal. Hematuria ditandai dengan adanya darah didalam urin. Pada umumnya tidak akan terdapat darah di dalam urin kecuali bagi wanita yang menstruasi. Darah yang keluar bersama urin berasal dari sistem kandung kemih seperti ureter,ginjal,kandung kemih. Hematuria terjadi sebagai gejala dari penyakit penyakit lainnya. Sehingga penanganannya pun sesuai dengan penyakit apa yang diderita oleh pasien. Gejala yang dialami oleh penderita hematuria ialah adanya darah didalam urin, sering buang air kecil, sakit perut bagian bawah.

Penyebab terjadinya hematuria diantar lain infeksi ginjal,batu ginjal, kanker kandung kemih dan kelainan genetik. Cara yang dilakukan untuk mencegah hematuria adalah menghindari penyakit penyakit yang akan menyebabkan hematuria seperti batu ginjal dengan mengonsumsi air putih dalam kondisi yang cukup dan menghindari penyakit kanker kandung kemih dengan menghindari merokok. Seperti yang dijelaskan diatas pengobatan hematuria tergantung dari penyakit yang menyebabkan terjadinya hematuria seperti pada infeksi saluran kemih memberikan antibiotic dan melakukan terapi gelombang kejut untuk menghancurkan batu ginjal. Baca juga : Ciri Ciri Penyakit Batu Ginjal

6. Glomerulonephiritis

Glomeri adalah penyaring kecil yang ada didalam ginjal dengan fungsi nya membuang cairan berlebih, sampah dan elektrolit melalui darah. Glomerulonephiritis adalah kerusakan pada glomeruli. Kerusakan yang terjadi pada glomeruli menyebabkan keluarnya darah dan protein melalui urin. Gejala penyakit ini diantaranya tekanan darah tinggi, anemia , urin yang berbusa dan pembengkakan pada bagian tubuh.

Penyebab penyakit ini adalah sistem kekebalan tubuh malah merusak sel sel sehat. Hal hal yang menjadi penyebab Glomerulonephiritis yang lain ialah kompilasi penyakit, lupus dan diabetes yang kronis. Cara untuk mengobati penyakit ini ialah menerapkan gaya hidup yang sehat, menggunakan kortikosteroid, dan menghindari makanan yang menyebabkan hipertensi dan anemia. Baca juga : Ciri Ciri Ginjal Sehat

7. Kanker Ginjal

Kanker ginjal adalah penyakit kanker yang menyerang ginjal. Sel kanker yang umumnya ditemui pada penyakit ini ialah sel karsinoma. Kanker ini dapat menyerang segala usia baik anak anak hingga orang dewasa. Namun, pada umumnya penyakit ini menyerang manusia berumur diatas 50 tahun. Kanker ginjal memiliki tingkatan untuk mengetahui seberapa bahaya kanker ginjal yang dialami. Tingkatan ini digambarkan dengan sistem TNM. T untuk menggambarkan seberapa besar ukuran kanker yang tumbuh. N menandakan penyebaran kanker ke nodus limfa dan M menggambarkan apakah sel kanker telah menyebar ke anggota tubuh yang lain.

Penyebab kanker ginjal ialah efek samping dari penggunaan obat seperti obat dialysis dan pereda rasa sakit, hipertensi, obesitas dan keturunan. Cara mencegah penyakit ini ialah minum air yang cukup, mengendalikan kadar kolesterol dan menghindari rokok.  Pengobatan kanker ginjal diantaranya menghilangkan sel sel kanker dengan cara mengangkat bagian ginjal melalui operasi nefrektomi. Cara selanjutnya ialah embolisasi, yaitu proses menyuntikan zat khusus untuk menghambat aliran darah melalui vena ginjal.

8. Syndrome Nefrotik

Adalah Macam Macam Penyakit Ginjal dimana terlalu banyak protein yang keluar bersama urin. Meskipun penyakit ini tidak sering terjadi namun penyakit ini bisa dialami oleh semua usia dan biasanya dapat terdeteksi pada anak anak berusia 2 hingga 5 tahun. Penyebab terlalu banyak protein yang keluar bersama urin ialah kegagalan ataupun kerusakan yang terjadi pada glomeruli. Glomeruli berfungsi untuk memisahkan zat zat yang masih berguna bagi tubuh dan zat zat yang harus dibuang. Sehingga yang pada normalnya urin tidak memiliki banyak protein dalam kasus in protein terlalu banyak dikeluarkan.

Gejala gejala yang dialami oleh penderita penyakit ini ialah pembengkakan yang terjadi pada beberapa bagian tubuh dan bagian wajah. Hipertensi, perubahan warna pada urine dan terjadinya penumpukan cairan. Cara pengobatan penyakit ini ialah memberikan obat pengatur tekanan darah, obat untuk peningkatan sistem dan kekebalan tubuh dan pemberian obat pengencer darah.

Sponsors Link

9. Sindrom Alport

Sindrom ini sangat kuat kaitannya dengan genetik. Penyakit ini merupakan penyakit keturunan dimana adanya fungsi pada ginja dan terdapat darah dalam urine atau hematuria. Penyebab penyakit ini ialah kelainan gen pada kromosom X. pada wanita yang memiliki gen ini pada salah satu kromososm X nya jarang menunjukan gejala. Sedangkan pada pria yang memiliki gen ini akan mengalami gagal ginjal pada usia 20 – 30 tahun karena hanya memiliki 1 kromosom X. Gejala yang timbul akibat penyakit ini diantaranya tekanan darah tinggi, gangguan penglihatan, adanya darah dalam urin.

Pencegahan yang dapat dilakukan ialah konsultasikan kepada dokter apakah keturunan mereka berisiko memiliki penyakit ini.  Pada umumnya tidak ada perawatan khusus bagi penderita penyakit ini karena belum ada yang bisa menyembuhkan penyakit ini, namun pengobatan dilakukan untuk mengendalikan perkembangan penyakit agar tidak menyebar dan berkompilasi, serta berfokus untuk menghilangkan gejala gejala yang terjadi pada penyakit ini, misalnya untuk gejala katarak dilakukan pengobatan serta mengangkat katarak dan untuk gangguan pendengaran digunakan alat bantu pendengaran.

10. Penyakit Uremia

Uremia adalah Macam Macam Penyakit Ginjal tertimbunnya urea didalam darah yang mengakibatkan keracunan. Uremia juga disebabkan oleh gagal ginjal karena gagalnya fungsi ginjal dalam melakukan eskresi atau pembuangan urea dari dalam tubuh. Sehingga urea tertumpuk didalam tubuh. Gejala penyakit ini ialah mual dan muntah muntah, anoreksia, hilangnya berat badan,anemia ,kelainan jantung. Cara mengobatinya adalah dengan melakukan dialisis.

Itulah beberapa Macam Macam Penyakit Ginjal yang  dapat menyerang ginjal serta membuat fungsi ginjal menjadi tidak normal. Secara umum penyakit ginjal ada yang dapat diobati dan ada yang tidak. Bagi penyakit ginjal yang tidak dapat diobati maka akan berfokus pada penyembuhan gejala gejala yang dialami. Menjaga pola hidup yang sehat adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit ginjal.   (Baca juga :ciri ciri ginjal sehat)

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :