Sponsors Link

Luto Pada Janin – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Penyakit ginjal tidak hanya menyerang orang dewasa , ternyata janin pun jga dapat terserang penyakit ginjal. Apabila janin terkena penyakit ginjal maka janin yang akan lahir dipastikan akan mendapat kelainan ginjal secara genetik. Hal tersebut pastikanya disebabkan oleh beberapa faktor.

ads

Sama seperti penyakit ginjal pada umumnya juga disebabkan oleh beberapa faktor , seperti beberapa penyakit ginjal yakni kista pada ginjal kiri , ginjal bocor pada anak , penyebab ginjal berpasir merupakan beberapa jenis penyakit ginjal. Pada Janin kelainan ini akan sangat merugikan bagi kesehatannya kelak , karena bisa jadi dia harus bergantung pada obat dari kecil. Memang kelainan genetik merupakan salah satu penyakit yang sulit untuk diobat , namun dapat diminimalkan tanda dan gejalanya. Berikut mengenai beberapa penjelasan mengenai pembesaran ginjal pada janin.

Luto Pada Janin

Pembesaran ginjal pada janin ini merupakan salah satu kondisi congenital pada janin yang nantinya akan berdampak ketika lahir. Dampaknya yaitu anak mempunyai masalah ginjal dari lahir , yang akan menyebabkan masalah kesehatan anak. Pembesaran ginjal pada janin ini nantinya juga akan mningkatkan resiko tinggi terkena penyakit ginjal lainnya seperti batu ginjal pada anak , gagal ginjal usia muda , kista ginjal , ginjal kering dan lain sebagainya.

Ada beberapa masalah yang nantinya akan muncul saat seorang anak terkena penyakit ginjal semenjak berada di kandungan ibu (saat menjadi janin) , seperti mudah terserang penyakit lainnya , fisiknya lemah , ketergantungan dengan obat , imunitas tidak baik , resiko kematian lebih cepat tinggi. Biasanya apabila terjadi pembesaran pada janin nantinya anak harus melakukan pengobatan secara rutin untuk mengkontrol kesehatannya.

Penyebab Luto Pada Janin

Ada beberapa hal yang menyebabkan pembesaran ginjal pada janin , sehingga hal tersebut terjadi. Penyebab ini digunakan untuk ukuran mendiagnosa penyakit ginjal yang terdapat pada janin. Berikut mengenai beberapa hal yang menyebabkan terjadinya pembesaran ginjal pada janin :

1. Proses Pembentukan Embriologi Tidak Sempurna

Proses pembentukan embriologi merupakan salah satu proses yang akan dialami oleh janin, apabila proses ini tidak terjadi secara maksimal atau sempurna akan meningkatkan rsiko beyi terkena beberapa kelainan genetik seperti pada kelainan organ ginjal, jantung dan lain sebagainya. Apabila janin mendapati kondisi kelainan genetik maka akan memerlukan penanganan secara medis dengan kusus. Pembentukan embriologi yang tidak sempurna juga akan meningkatkan kondisi gagal ginjal dan uremia pada bayi.

2. Penggunaan obat-obatan

Seringkali ibu yang sedang hamil mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang tanpa resep dokter. Hal tersebut akan berdampak tidak baik pad bayi. Saat ibu hamil mengkonsumsi obat-obatana akan meningkatkan resiko bayi untuk terkena kondisi kelainan genetik , seperti kelainan organ pada ginjal, kelainan otak, kelainan saraf . Kelainan-kelainan tersebut akan membuat bayi lahir cacat tubuh dan lain sebagainya. Untuk itu sangat dianjurkan ibu hamil menghindari mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dari dokter.

Sponsors Link

3. Terpapar Radiasi

Biasanya radiasi yang akan menyebabkan janin mendapati penyakit genetik berupa radiasi dari pabrik pabrik industri. Radiasi ini menyebabkan pembentukan embrio pada janin tidak semprurna. Apabila pembentukan ini tidak terjadi sempurna ada beberapa bagian tubuh maupun organ menjadi tidak lengkap. Contohnya saja pembentukan organ ginjal yang tidak sempurna seperti pada janin yang mengalami pembesaran ginjal. Gagal ginjal setelah melahirkan pada ibu juga dapat terjadi saat melahirkan bayi dengan kondisi kelainan genetik.

ads

4. Gangguan Kromosom

Pembentukan kromosom yang tidak sempurna baik berkurangnya kromosom maupun bertembahnya kromosom akan berdampak sekali pada kesehatan janin. Pembentukan kromosom menjadi hal yang utama dalam pembentukan janin dan menjadi bayi. Apabila terdapat gangguan kromosom maka secara otomatis bayi yang lahir juga akan lahir dengan tidak sempurna , seperti kelaianan organ , kelaianan fisik dan kelaianan kognitif.

Gejala Luto Pada Janin

Gejala pembedsaran ginjal yang terjadi pada janin pada umumnya tidak tampak jelas. Karena bagi ibu hamil tidak merasakan gejala-gejala yang anah saat mengandung janin yang diindikasi dengan pembesaran ginjal. Namun untuk mengetahui kondisi kesehatan pada janin , bisa terdeteksi melalui pemeriksaan USG. Pemeriksaan USG ini digunakan untuk memantau perkembangan kesehatan pada janin.

Meskipun digunakan untuk memeriksa kesehatan pada janin , akan tetapi terdapat beberapa kondisi tertentu yang tidak dapat terdeteksi dengan cara USG , biasanya kondisi atau masalah yang serius berkaitan dengan sistem persarafan. Namun Pembesaran ginjal pada seseorang pada umumnya akan menyebabkan seseorang merasakan gejala sebagai berikut :

  • Benjolan besar pada perut

Ini diakibatkan ukuran ginjal yang besar melebihi ukuran ginjal normal pada umumnya. Maka terlihat seseorang menjadi tampak gemuk karena benjolan besar  pada  perutnya.

  • Rasa nyeri

Ini seringkali dirasakan oleh seseorang yang mengalami pembesaran pada ginjal , karena terjadi desakan atau pembengkakan sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Gejala-gejala tersebut tentunya tidak dirasakan oleh ibu hamil , karena pada dasarnya yang merasakan gejala tersebut adalah janin. Mungkin ibu hamil tidak merasakan gejala yang menandakan janin mendapat kelainan ginjal, untuk itu ibu hamil dianjurkan untuk terus melakukan pemeriksaan secara rutin , sehingga dapat terdeteksi secara dini , sehingga penanganan kepada janin pun cepat dan akan meminimalisi resiko kesehatan tubuh yang semakin memburuk. Ginjal bocor pada anak ini mungkin juga disebabkan karena anak telah mendapati kondisi pembengakakan atau pembesaran ginjal saat didalam kandungan.

Cara Mengatasi Luto Pada Janin

Pembesaran pada janin atau bayi dapat diperiksa menggunakan ultrasonografi ginjal dan scan pada fungsi ginjal. Hasil dari pemeriksaan tersebut akan menentukan tindakan dokter dalam menganangani kondisi tersebut, Kemingkinan juga ada tindakan operasi apabila ujung atas ureter pada janin atau bayi tersumbat, namun kemungkinan juga tidak dilakukan tindakan operasi apabila kondisi ginjal membaik seiring berjalannya waktu, Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi janin terkena kondisi pembesaran ginjal antara lain sebagai berikut :

Sponsors Link

  1. Ibu hamil diharapkan menghindari penggunaan obat-obatan tanpa resep dokter.
  2. Melakukan pemeriksaan rutin untuk mengkontrol kesehatan janin
  3. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan yang tidak menyehatkan untuk bayi seperti kafein , ataupu alkohol
  4. Penuhi asupan nutrisi yang baik , untuk membantu pembentukan embrio yang optimal
  5. Olahraga untuk kehamilan secara teratur untuk menjaga daya tahan tubuh ibu beserta janin.

Pembesaran ginjal pada janin memang merupakan salah satu kondisi yang perlu diwaspadai , karena akan berdamak tidak baik bagi ibu maupun anak. Maka dari itu dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit tertentu.

Sponsors Link
>
, , , , ,