Sponsors Link

Lauk Pauk Untuk Penderita Gagal Ginjal yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Gagal ginjal adalah penyakit yang di sebabkan karena ginjal kehilangan kemampuan untuk melakukan penyaringan cairan serta sisa-sisa makanan. Ketika hal ini terjadi maka akan banyak racun dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh Anda. Sehingga penyakit gagal ginjal harus segera diobati. Tetapi tidak hanya itu seorang penderita gagal ginjal harus paham tentang menu makanan untuk sakit gagal ginjal.

ads

Ada baiknya juga jika Anda mengetahui tentang makanan penyebab infeksi ginjal. Banyak sekali makanan yang dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal. Selain makanan ada juga penyebab lain gagal ginjal yang harus Anda ketahui seperti penyebab ginjal bocor, penyebab radang ginjal, penyebab gagal ginjal pada anak, maupun penyebab kista di ginjal. Setelah Anda tahu pastilah Anda lebih bisa berhati-hati dalam menjaga ginjal Anda.

Bagi Anda yang menderita penyakit gagal ginjal, harus lebih memperhatikan pola hidup sehat dalam hidup Anda. Seperti mencari tahu makanan penyebab infeksi ginjal atau prinsip diet pada gagal ginjal. Dalam masalah makanan pun penderita gagal ginjal harus memperhatikan komposisi lauk pauknya. Ada beberapa lauk pauk untuk penderita gagal ginjal yang aman untuk di makan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tauge atau Kecambah

Makanan yang cocok untuk penderita gagal ginjal yang pertama adalah tauge atau yang sering Anda kenal sebagai kecambah. Sayuran ini dapat menjadi makanan pengganti nasi untuk penderita gagal ginjal. Siapa yang menyangka  jika sayuran yang dapat kita temui dengan mudah di pasar ini dapat membantu pengidap penyakit gagal ginjal untuk menghancurkan pembentukan batu ginjal dalam tubuh.

2. Paprika Merah

Lauk pauk untuk penderita gagal ginjal selanjutnya adalah paprika merah. Sayur yang memiliki nama latin Capsicum Annuum L ini masih termasuk ke dalam keluarga terong-terongan. Paprika memiliki rasa manis dan sedikit campuran rasa pedas. Biasanya sayur ini di gunakan untuk membuat salad atau tambahan jika membuat pizza. Jika Anda baru saja melakukan operasi ginja, Anda harus tahu makanan yang di anjurkan setelah operasi ginjal.

Tetapi apakah Anda tahu jika paprika memiliki manfaat untuk penderita penyakit ginjal? Ya sayuran yang berukuran mini ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit gagal ginjal kronis dan orang yang mengidap penyakit batu ginjal. Selain paprika madu hitam juga bermanfaat bagi penderita gagal ginja, ada banyak manfaat madu hitam untuk ginjal yang harus Anda tahu.

3. Kubis

Kubis adalah sayuran berwarna hijau yang mempunyai nama latin Brassica Oleracea Var. Capitata. Sayur satu ini juga termasuk ke dalam sayuran pembersih ginjal. Karena di dalam kubis ada banyak kandungan vitamin seperti vitamin K, vitamin C, vitamin B6, vitamin B1, vitamin, B3, Vitamin B2, folat, dan vitamin E.

Selain itu kubis juga kaya akan serat sehingga dapat membersihkan ginjal Anda. Mengkonsumsi kubis juga dapat menjaga ginjal Anda dari kerusakan yang berat. Vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya yang akan membantu agar ginjal Anda tetap dalam kondisi sehat. Jika Anda penderita gagal ginjal Anda harus mengurangi minuman bersoda karena ada bahaya minuman bersoda bagi ginjal yang harus Anda waspadai.

Sponsors Link

4. Ikan Gabus

Penderita gagal ginjal tetap boleh mengkonsumsi ikan. Tetapi tetap harus memilih makanan yang boleh dimakan penderita ginjal. Salah satu jenis ikan yang boleh di konsumsi oleh penderita gagal ginjal adalah ikan gabus. Ini di karenakan ikan gabus memiliki kandungan albumin yang lebih banyak jika di bandingkan dengan daging lainnya.

Kadar protein yang tinggi jika di bandingkan dengan ikan lain seperti ikan lele, ikan mas, ikan bandeng, ikan nila, dan ikan lainnya. Kandungan albumin pada ikan gabus ini dapat membantu meningkatkan tekanan osmotik darah pada penderita gagal ginjal. Karena sebelumnya tekanan osmotik penderita gagal ginjal pastilah rendah sehingga menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Anda wajib tahu tentang terapi jus untuk gagal ginjal.

5. Anggur Merah

Anggur merah sangat baik di konsumsi oleh penderita gagal ginjal. Ini karena ½ cangkir anggur merah saja sudah mengandung 1 mg sodium, 4 mg fosfor, dan 88 mg kalium yang sangat berguna bagi kesehatan ginjal. Selain itu jika anggur merah di buat jus maka bisa menjadi minuman yang baik untuk ginjal Anda.

Sponsors Link

Selain itu anggur merah jug mempunyai kandungan flavonoid. Kandungan flavonoid ini berfungsi untuk melindungi tubuh Anda dari kerusakan ginjal, mencegah terjadinya stres oksidasi, membantu mengurangi tingkat pembekuan darah, dan baik juga untuk penderita penyakit jantung. Flavonoid yang ada di buah anggur merah termasuk ke dalam senyawa resveratrol.

Dimana senyawa resveratrol ini berfungsi untuk mempercepat produksi oksida nitrat yang memiliki kegunaan untuk merileksasi sel-sel otot dalam pembuluh darah Anda. Sehingga aliran darah Anda nantinya meningkat cukup drastis karena manfaat anggur merah ini.

Nah itu tadi beberapa lauk pauk untuk penderita gagal ginjal. Jika Anda adalah seorang penderita gagal ginjal Anda harus selalu berhati-hati dengan pola hidup Anda. Hindari pola hidup yang tidak sehat dan tetap jaga ginjal Anda agar tetap sehat.

Sponsors Link
>
, , , ,