Sponsors Link

Apa Benar Lari Maraton Bisa Menyebabkan Gangguan Ginjal?

Sponsors Link

Untuk sekarang ini, lari maraton sudah menjadi salah satu jenis olahraga yang sangat populer dan disenangi banyak orang termasuk untuk masyarakat Indonesia. Lari maraton seringkali dijadikan ajang untuk meningkatkan stamina tubuh, kekuatan otot tubuh dan juga tempat untuk mencari kenalan baru. Mengikuti kompetisi olahraga ini memang sangat menyenangkan sehingga banyak orang yang mulai jatuh cinta dengan cabang lari tersebut. Akan tetapi, apakah anda tahu jika lari maraton bisa menyebabkan gangguan ginjal dan apa saja bahaya lari maraton yang bisa terjadi pada tubuh kita?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

ads

Bahaya Lari Maraton Untuk Ginjal

Masyarakat sekarang ini semakin menyadari jika olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan sudah menjadi gaya hidup kaum muda saat ini. Dengan rutin berolahraga, maka tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit ringan sampai berbahaya dan lari maraton menjadi salah satu jenis olahraga yang digandrungi saat ini.

Namun, ternyata tidak selamanya olahraga sangat baik dilakukan untuk tubuh khususnya untuk cara menjaga kesehatan ginjal. Dari hasil penelitian yang dilakukan baru baru ini, penyakit ginjal akut menjadi salah satu bahaya yang bisa ditimbulkan dari lari maraton. Penelitian American Journal of Kidney Diseases yang dilakukan pada beberapa orang peserta di acara lari maraton, peneliti mengambil sampel darah parah peserta lari sebelum dan sesudah lari maraton. Sampel darah tersebut diambil untuk melihat kadar kreatinin dari dalam darah peserta lari maraton sebab kreatinin menjadi penentu dari fungsi ginjal seseorang yang kemudian dianalisis dan ditemukan jika 82% peserta maraton memiliki masalah penyakit ginjal akut stadium satu.

Bagaimana Maraton Menyebabkan Gangguan Ginjal?

Sebenarnya, lari maraton tidak akan menimbulkan masalah saat dilakukan. Akan tetapi bahaya dari lari maraton ini bisa terjadi ketika tubuh tidak siap untuk melakukan aktivitas berat seperti lari marathon namun tetap dipaksakan. Sebenarnya, olahraga apapun yang anda lakukan akan berpengaruh pada kinerja organ ginjal. Pada saat anda sedang berolahraga, maka seluruh aliran darah yang mengandung oksigen dan makanan akan dialirkan secara lancar ke beberapa bagian tubuh yang membutuhkan seperti pada otot dalam tubuh.

Inilah yang akhirnya menyebabkan aliran darah menuju ginjal semakin menurun hingga mencapai 25% tergantung dari intensitas dan juga frekuensi olahraga yang anda lakukan dan akhirnya macam macam penyakit ginjal bisa terjadi. Jika olahraga yang anda lakukan semakin berat, maka tentunya darah yang dialirkan menuju ginjal juga akan semakin berkurang dan inilah yang menyebabkan penyakit ginjal bisa terjadi sesudah olahraga.

Olahraga yang dilakukan terlalu berlebihan juga membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan dan juga mineral penting secara cepat. Apabila anda tidak memberikan tubuh persediaan makanan yang cukup, maka akan mengganggu semua fungsi organ di dalam tubuh termasuk ginjal. 

Sponsors Link

Cara Mencegah Gangguan Ginjal Karena Maraton

Sebetulnya, lari maraton bukanlah menjadi penyebab utama dari ciri ciri penyakit ginjal, akan tetapi lebih kepada seberapa siap tubuh anda untuk melakukan olahraga berat tersebut dan seberapa sering anda akan melakukan lari maraton. Lari marathon bisa menyebabkan ciri ciri ginjal bermasalah sebenarnya bisa dicegah dengan cara mengukur kekuatan fisik yang anda miliki sebelum melakukan olahraga tersebut.

Ada baiknya, anda menambahkan intensitas latihan secara perlahan. Sebab perubahan mendadak yang dialami tubuh seperti intensitas latihan yang terjadi secara tiba tiba bisa berdampak buruk bagi tubuh anda seperti salah satunya penurunan fungsi ginjal. 

Sponsors Link

Tips menjaga kesehatan ginjal sendiri tidak hanya tergantung dari jenis olahraga apa yang anda lakukan. Hal yang menjadi penentu kesehatan ginjal anda adalah dari makanan serta minuman yang anda konsumsi setiap hari. Agar ginjal anda tetap sehat, maka ada beberapa cara hidup sehat yang bisa anda terapkan, seperti:

  • Jaga berat badan agar selalu ideal.
  • Minum air putih sesuai kebutuhan anda agar tidak dehidrasi.
  • Kurangi minum minuman kemasan dan memiliki rasa sebab air putih adalah minuman terbaik untuk ginjal.
  • Kurangi makanan yang mengandung kalori serta lemak tinggi.
  • Rajinlah berolahraga namun tidak boleh dilakukan terlalu berlebihan.
  • Kurangi makanan kemasan mengandung natrium tinggi.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup