Sponsors Link

Gambaran Umum Lapisan Ginjal Fasia Gerota

Sponsors Link

Fasia gerota atau dikenal sebagai renal fascia merupakan jaringan ikat yang mengandung kolagen, berserat yang membungkus ginjal dan kelenjar adrenal. Fasia Gerota ini memisahkan lemak perinephric dari lemak paranephric yakni lemak di bagian depan dan belakang ginjal yang sangat penting dalam pengujian radiografi seperti ultrasonografi dan CT scan untuk menemukan massa perut termasuk batu ginjal, abses ginjal atau kantong nanah pada ginjal yang bisa terjadi karena penyakit infeksi saluran kemih atau tumor. Berikut kami berikan ulasan tentang gambaran umum lapisan ginjal Fasia Gerota selengkapnya.

Apakah Fasia Gerota?

Nama Fasia Gerota berasal dari Dr. Dimitrie Gerota yakni seorang dokter, ahli radiologi dan urologis asal Rumania yang mempelajari tentang anatomi dan fisiologi kandung kemih serta usus buntu pada tahun 1900-an. Ia juga bertanggung jawab untuk menciptakan metode Gerota yakni teknik yang dipakai untuk menyuntikkan pembuluh limfatik.

Apa yang Dilakukan Ginjal?

Untuk memahami bagaimana Fasia Gerota bekerja dengan ginjal dan membantu menjaga ciri ciri ginjal sehat, maka sangat penting untuk memahami apa saja yang dilakukan oleh dinjal. Ginjal bertanggung jawab untuk membuang limbah dari tubuh dan air ekstra dari darah yang dikeluarkan dalam bentuk urin.

Ginjal membantu untuk mempertahankan kadar cairan keseluruhan dalam tubuh, mengatur mineral dan bahan kimia serta bersama dengan kelenjar adrenalin akan menghasilkan hormon yang bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah serta meningkatkan kesehatan tulang.

Fasia Gerota merangkum bagian organ ginjal dan kelenjar adrenalin untuk memisahkannya dari organ organ lain di tubuh sehingga bisa berfungsi dengan baik dan membuat tubuh bisa tetap sehat. Kebanyak orang memiliki dua ginjal namun masing masing ginjal berfungsi dengan sendirinya yang berarti seseorang masih bisa hidup dengan satu ginjal.

Massa Perut

Menemukan massa perut menjadi tantangan tersendiri bagi ahli radiologi sebab tergantung pada di mana massa berada di perut kemudian bertepatan dengan jenis spesialis apa yang akan memperlakukan massa tersebut. Para peneliti menemukan jika bayangan dari Fasia Gerota bisa dilihat pada tes radiografi sebab lemak kedua sisi ginjal tersebut.

Ketika massa terdeteksi di dalam ginjal, ini mendorong bayangan lapisan ginjal Fasia Gerota ke atas dan menciptakan bentuk segitiga yang mengingatkan profesional kesehatan tentang massa yang ada dan kemudian bisa membantu mengarahkan pengujian serta diagnosis tambahan.

Kanker Ginjal

Sebagian besar kanker ginjal dimulai sebagai karsinoma yang merupakan sel kanker yang ditemukan di lapisan tubulus ginjal. Ini disebut dengan karsinoma sel ginjal aau RRC yang merupakan 90 dari 100 kanker ginjal.

Dua jenis kanker ginjal lainnya meski jarang adalah sarkoma ginjal yang terjadi pada satu dari 100 kanker ginjal dan tumor Wilms yang kebanyakan terjadi pada anak kecil.

Pada saat sel kanker tumbuh membentuk sel kanker baru, maka seiring berjalannya waktu, sel sel tersebut bisa tumbuh menjadi bagian lain dari tubuh termasuk jaringan seperti Fasia Gerota. Pada saat ini terjadi, maka dokter akan mengklasifikasikan kanker sebagai stadium 3 atau T3 yang dipertimbangkan ketika membahas pilihan pengobatan seperti operasi, radiasi dan kemoterapi.

Karsinoma Sel Renal

Sementara sel sel kanker bisa menyebar ke Fasia Gerota, ini juga bisa membantu mendeteksi RRC sebelum sel sel kanker bisa menyebar dan tumbuh di dalam tubuh. Dengan melakukan ultrasound, dokter bisa memakai gelombang suara berenergi tinggi untuk bangkit dari jaringan seperti Fasia Gerota untuk membuat gema yang menghasilkan sonogram.

Fasia Gerota juga bisa membantu apabila dokter memutuskan untuk melakukan CT scan atau CAT. Dengan menyuntikkan pewarna ke dalam tubuh, jaringan seperti Fasia Gerota bisa menyerap pewarna tersebut agar bisa terlihat lebih jelas pada pemindaian.

Tumor tidak bisa menyerao pewarna sehingga ini akan muncul sebagai massa gelap pada pemindaian. Ini merupakan teknik yang sangat membantu untuk memperoleh analisis tentang apa yang terjadi di dalam tubuh tanpa menggunakan prosedur yang invasif.

Ginjal Ektopik

Saat salah satu atau kedua ginjal ada dalam posisi abnormal dalam tubuh, maka disebut dengan ginjal ektopik. Dalam kasus yang parah, ginjal ektopik bisa menyatu. Sedangkan masalah yang bisa menyebabkan ginjal ektopik diantaranya adalah drainase, peningkatan infeksi seperti penyakit infeksi saluran kemih dan batu ginjal yang berulang serta gagal ginjal kronis dalam beberapa kasus. Nantinya, pemasangan kembali Fasia Gerota yang menempel sebagian bisa membantu dengan posisi dan drainase ginjal.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi