Sponsors Link

Kulit Gatal karena Gagal Ginjal Kronis : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Gagal ginjal merupakan salah satu gangguan ginjal yang menyebabkan Ginjal Rusak. Gagal ginjal seringkali terjadi sebagai gagal ginjal kronis, yaitu kerusakan ginjal yang bertahap karena beberapa hal. Sedangkan gagal ginjal akut lebih jarang terjadi karena terjadi secara mendadak. Gagal ginjal seringkali menyebabkan Gejala Gagal Ginjal Kronik tidak nyaman pada tubuh, termasuk kulit yaitu menjadi gatal. Kondisi kulit gatal karena gagal ginjal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya sebagai berikut.

ads

Penyebab Kulit Gatal pada Gagal Ginjal

Berikut beberapa penyebab dari kulit gatal pada penderita gagal ginjal yang perlu diketahui.

  1. Menumpuknya limbah pada darah

Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan dalam penyaringan limbah dari darah untuk kemudian menjalani Proses Terbentuknya Urine. Kegagalan fungsi ginjal berarti juga mengindikasikan bahwa proses penyaringan limbah itu tidak bisa dilakukan dengan baik. Akibatnya, tubuh akan mengalami penumpukan limbah. Limbah pada darah ini akan tersebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan rasa tidak nyaman di seluruh tubuh, termasuk kulit yang menjadi lebih gatal, walau penderita mungkin sudah rutin melakukan cuci darah.

  1. Tingginya hormon paratiroid

Penyebab kulit gatal karena gagal ginjal berikutnya adalah karena tingginya hormon paratiroid pada tubuh. Hormon paratiroid ini dipicu oleh kegagalan ginjal dalam menyeimbangkan kadar mineral kalsium dan juga fosfor di dalam darah. Kondisi ini akan menyebabkan kalsium dalam darah meningkat. Saat kalsium meningkat, akan ada kelenjar yang menghasilkan hormon paratiroid berlebihan untuk mengatasi kelebihan kalsium tersebut. Tingginya kadar paratiroid dalam tubuh ini juga bisa menyebabkan rasa gatal.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa penderita Gagal Ginjal Kronis yang melakukan pengangkatan kelenjar paratiroid (kelenjar yang menghasilkan hormon paratiroid). Dan pengangkatan ini berdampak baik dalam pengurangan gejala gatal pada kulit mereka.

  1. Penumpukan fosfor dalam darah

Gejala kulit gatal karena penyakit gagal ginjal juga bisa disebabkan oleh tingginya kadar fosfor di dalam darah. Ginjal yang terganggu tidak bisa menyaring fosfor sebagaimana mestinya, dan hal ini menyebabkan gatal-gatal pada penderita gagal ginjal.

Untuk mengatasi kondisi tersebut biasanya obat-obatan sejenis obat pengikat fosfat akan membantu. Obat tersebut antara lain kalsium karbonat (turms) sevelamer hidroklorida (renagel), kalsium asetat (phoslo), atau lantanum karbonat (fosrenol). Obat-obatan ini akan membantu mengikat fosfor dalam usus sehingga kadarnya bisa dikurangi dan rasa gatal bisa diminimalisir.

  1. Kulit yang kering

Gagal ginjal kronis juga seringkali menyebabkan kulit menjadi kering. Keringnya kulit ini dipicu oleh metabolisme tubuh yang terganggu karena ginjal yang gagal bekerja sehingga menyebabkan penumpukan ureum pada tubuh. Ureum sendiri merupakan hasil akhir dari metabolisme protein yang harusnya dibuang melalui urine. Jika kadar ureum pada tubuh meningkat, maka kulit akan kering. Dan hal ini bisa menyebabkan gejala gatal pada penderita gagal ginjal.

Kulit gatal karena gagal ginjal yang disebabkan oleh kulit kering juga bisa disebabkan oleh asupan cairan pada tubuh yang menjadi terbatas. Saat seseoranng menderita gagal ginjal kronis, maka tubuh sebaiknya mengurangi asupan cairan, karena tubuh sudah mengandung sejumlah edema atau penumpukan cairan yang berbahaya. Kekurangan asupan cairan pada tubuh ini bisa menyebabkan kulit kering dan menjadi gatal.

Sponsors Link

  1. Proses cuci darah yang kurang sempurna

Penderita gagal ginjal kronis memang diwajibkan untuk cuci darah atau menjalani proses hemodialisis. Proses ini adalah sebagai pengganti fungsi ginjal untuk menyaring darah, agar darah yang beredar di tubuh adalah darah yang bersih. Akan tetapi, Proses Hemodialisis ini tidak bisa dilakukan hanya satu kali, karena kerusakan ginjal ini sudah dalam jangka panjang. Seseorang yang tidak menjalani proses cuci darah secara sempurna, bisa jadi mengalami gejala gatal ini. Namun gejala gatal juga bisa dialami oleh penderita gagal ginjal yang sudah melakukan cuci darah.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Cara mengatasi kulit gatal karena gagal ginjal itu sendiri bisa dilakukan dengan beberapa langkah, di antaranya sebagai berikut.

  • Cuci darah untuk menghilangkan limbah dari darah.
  • Pengankatan kelenjar paratiroid.
  • Obat-obatan pengikat fosfor.
  • Terapi sinar ultraviolet.
  • Suntikan EPO.
  • Obat antihistamin.
  • Salep kortikosteroid.
  • Menggunakan pelembab kulit.

Itulah beberapa cara mengatasi gejala gatal pada kulit gagal ginjal. Akan tetapi pastikan bahwa penanganan ini direkomendasikan dokter dan tidak dilakukan sembarangan, karena masing-masing individu memiliki kondisi yang berbeda-beda. Hindari juga menggaruk kulit yang gatal karena bisa memperparah kondisi gatal di kemudian hari.

Demikianlah kulit gatal karena gagal ginjal yang perlu diketahui. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,