Sponsors Link

5 Jenis Kristaluria: Kristal Dalam Urin

Sponsors Link

Urin mengandung sejumlah besar bahan kimia yang berbeda. Dalam beberapa kondisi, bahan kimia ini bisa berubah menjadi padat seperti kristal garam yang disebut dengan kristaluria. Kristal bisa ditemukan pada seseorang yang sehat akibat masalah kecil seperti mengkonsumsi protein berlebihan atau vitamin C. Untuk mengetahui lebih jauh apakah kristaluria dan apa saja yang menyebabkan hal ini bisa terjadi, silahkan terus membaca artikel yang kami berikan berikut ini.

ads

Gejala Kristaluria

Ada banyak jenis kristal urin yang relatif tidak berbahaya. Namun dalam beberapa kasus, kristal dalam urin bisa menjadi indikator kondisi mendasar yang lebih serius. Beberapa gejala yang menunjukkan kondisi lebih serius diantaranya adalah:

  • Demam.
  • Sakit perut parah.
  • Penyakit infeksi sistem urin.
  • Terdapat darah dalam urin atau hematuria.
  • Kelelahan.

Jenis Kristal Urin

Kristaluria atau kristal yang terdapat di dalam urin sendiri terdiri dari beberapa jenis, yakni:

1. Asam Urat

Kristal asam urat bisa memiliki berbagai bentuk seperti barel, piring atau berlian. Umumnya, kristal asam urat ini memiliki warna oranye coklat atau kuning yang ditemukan dalam urin normal akibat diet kaya protein yang meningkatkan asam urat dalam urin. Selain itu, ini juga bisa terjadi karena batu ginjal, kemoterapi, asam urat atau sindrom lisis tumor.

Gejala kristal asam urat ini meliputi sakit perut, panggul atau pangkal paha yang kronis, mual dan penyebab kencing berdarah. Sedangkan gejala asam urat bisa meliputi rasa seperti terbakar, kaki dan pembengkakan pada persendian. Untuk perawatan akan tergantung dari kondisi yang mendasari. Namun tetap menjaga tubuh terhidrasi menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.

2. Kalsium Oksalat

Kristal kalsium oksalat memiliki bentuk seperti amplop atau dumbel. Umumnya, kristal oksalat tidak memiliki warna dan bisa ditemukan dalam urin yang sehat. Kristal kalsium oksalat sangat berhubungan dengan ciri ciri batu ginjal yang bisa terbentuk pada saat ada banyak oksalat seperti dalam bayam di dalam sistem. Gejala batu ginjal ini meliputi sakit perut atau pangkal paha kronis, demam, mual dan susah buang air kecil.

Dalam beberapa kasus, kristal kalsium oksalat bisa disebabkan karena mengkonsumsi etilenglikon yang beracun dan menjadi bahan penting dalam formulasi antibeku. Paparan senyawa ini akan menyebabkan beberapa gejala seperti:

Dokter umumnya akan merekomendasikan perubahan diet untuk mengurangi oksalat dalam diet anda dan juga meningkatkan hidrasi. Selain itu, dokter umumnya juga akan menyarankan agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin.

3. Hippuric

Hippuric atau kristal asam hepatik sangat jarang terjadi. Kristal ini memiliki warna kuning kecoklatan atau bening yang biasanya bentuknya seperti prisma, piring atau jarum. Kristal asam hippuric ini umumnya akan ditemukan berkerumun menjadi satu. Ini terkadang bisa terjadi karena pH urin asam, yang juga bisa terjadi pada urin sehat.

4. Magnesium Amonium Fosfat [Struvite]

Kristal magnesium amonium fosfat biasanya tidak memiliki warna dengan bentuk prima segi empat. Ini umumnya akan ditemukan dalam urin yang sehat namun biasanya bersamaan dengan penyakit infeksi saluran kemih. Beberapa gejala ISK tersebut diantaranya adalah:

  • Urin keruh berbeda dengan warna urine sehat.
  • Panas dingin.
  • Mual.
  • Kelelahan.
  • Sering ingin buang air kecil.
  • Demam.
  • Nyeri punggung bagian bawah.
    Sponsors Link

Jika ISK yang menyebabkan kristal ini, maka dokter akan memberi resep antibiotik untuk membersihkan infeksi.

5. Kalsium Fosfat

Kristal kalsium fosfat memiliki ukuran besar dengan bentuk cakram bundar yang permukaannya halus berwarna coklat muda. Kristal kalsium fosfat biasanya terdapat dalam suplemen kalsium yang juga sering dihubungkan dengan batu ginjal.

Jika seseorang memiliki kristal kalsium fosfat dalam urin, maka dokter biasanya akan merekomendasikan untuk mendapatkan kalsium dengan cara lain seperti banyak mengkonsumsi susu dan bukan dari suplemen.

Sponsors Link
>
, , ,