Sponsors Link

Komplikasi Penyakit Hidronefrosis – Penyebab – Gejala – Pengobatan

Sponsors Link

Semakin banyaknya dan semakin meningkatnya masalah kesehatan masyarakat sekitar tentunya disebabakan oleh beberapa faktor. Masalah kesehatan yang sering ditemui adalah salah satunya masalah pada kesehatan ginjal. Banyak sekali jenis masalah ginjal seperti batu ginjal , gagal ginjal stadium 5 , kista ginjal pada janin dan lain sebagainya,

ads

Tentunya masalah masalah tersebut disebabkan oleh pemicu , pemicu terkenanya suatu masalah kesehatan yaitu karena pola hidup seseorang yang tidak baik dan tidak sehat. Penerapan pola hidup yang tidak sehat itulah yang akan mengakibatkan se seorang akan terkena resiko terserang penyakit tertentu salah satunya yaitu penyakit hidronefrosis. Peyakkit hidronefrosis merupakan penyakit yang disebabkan karena pembengkakan yang terjadi pada ginjal. Seringkali penyakit ini juga mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya. Berikut mengenai penjelasan Komplikasi Hidronefrosi lebih lanjut.

Komplikasi Hidronefrosis

Definisi komplikasi sendiri yaitu sebagai penyakit penyerta pada suatu penyakit tertentu. Sebelum mengethui komplikasi hidronefrosis itu apa , sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian , penyebab hingga gejala-gejala yng timbul akibat penyakit hidronefrosis ini sendiri.

Hidronefrosis merupakan salah satu penyakit ginjal yang mengakibatkan pembengkakan ginjal akibat adanya penumpukan urin. Hidronefrosis biasanya menyerang pada salah satu ginjal saja , namun juga tidak menutup kemungkinan kedua ginjal mengalami hidronefrosis atau pembengkakan. Hidronefrosisi mampu menyerang segala usia baik pada usia tua hingga janin pun juga beresiko terkena hidronefrosis ini.  Hidronefrosis biasa disebabkan karena penumpukan urine yang sangat berlebihan serta terdapat saluran untuk mengeluarkan urine yang tersumbat , sehingga lama kelaman akan menjadi bengkak.

Apabila kondisi hidronefrosis ini tidak segera ditangani maka lama kelamaan akan mengakibatkan komplikasi atau penyeakit penyerta pada hidronefosis. Berikut beberapa komplikasi hidronefrosis yang dapat terjadi :

1. Batu Ginjal

Salah satu komplikasi yang terjadi pada seseorang dengan kondisi hidronefrosis adalah ditemukannya batu ginjal. Efek samping batu ginjal antara lain yaitu  akan menimbulkan rasa nyeri pada pinggang , seseorang akan mengalami urine yang abnormal , mudah lelah dan sebagainya. Batu ginjal biasanya disebabkan karena adanya material keras (kristal) yang menyerupai batu dan membentuk di daerah ginjal.

Material tersebut dapat berasal dari sisa zat-zat limbah atau racung yang berada pada darah dan disaring oleh ginjal kemudian terjadi pengendapan. Terjadinya pengendapan tersebut biasanya disebabkan karena ginjal menyering zat-zat tersebut dengan tidak maksimal atau tidak sempurna. Perbedaan batu ginjal dan batu empedu perlu kita ketahui juga untuk mengetahui kondisi kesehatan ginjal. Namun apabila seseorang terkena hidronefrosis komplikasi yang sering dfitemukan bukanlah batu empedu melainkan batu ginjal.

Sponsors Link

2. Penyumbatan Ureter

Seringkali penyumbatan ureter ini menjadi salah satu penyakit penyerta akibat adanya kondisi hidronefrosis pada ginjal. Sumbatan ini biasanya disebabakan adanya batu ginjal yang juga merupakan salah satu komplikasi dari hidronefrosis ini. Pada penyumbatan ureter ini akan menjadi masalah serius apabila tidak segera ditangani dengan tepat. Penanganan yang tepat perlu adanya atau perlu meakukan konsultasi dengan dokter.

Biasanya sebelum menentukan penananganan yang tepat dokter akan melakukan pemeiksaan seperti pemeriksaan rongten, pemeriksan darah, pemeriksan air seni , dan melaukan pemeriksaan dengan USG. Makanan tinggi kalsium oksalat perlu dihindari atau dikurangi karena makanan tersebut dapat mengakibatkan pembentukan batu sehingga dapat mengakibatkan penyumbaan ureter.

ads

3. Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginjal kronis juga merupakan salah satu komplikasi yang terjadi karena adanya hidronefrosis. Efek samping dari hidronefrosis sendiri yaitu mengakibatkan kondisi  menurunnya fungsi ginjal yang secara bertahap sehingga menyebabkan gagal ginjal. Pengertian dari gagal ginjal kronis sendiri yaitu kerusakan ginjal yang terjadi secara bertahap mulai dari kelainan jaringan, komposisi darah dan urine yang abnormal , serta kerusakan ginja yang bertahap.Perawatan gagal ginjal kronis ini memerlukan perawatan yang intensif dan cukup serius. Untuk itu dianjurkan sekali seseorang untuk menjaga kesehatan ginjal serta melakukan pencegahan gagal ginjal kronis.

4. Kanker Ginjal

Kanker ginjal merupaka komplikasi yang terjadi akibat hidronefrosis. Kerusakan ginjal sejak awala akan meningkatkan resiko terkena kanker ginjal ini. Penyebab kanker ginjal sendiri belum pasti akan tetapi ada beberapa faktor resiko yang menyebabakn terjadinya kanker ginjal antara lain , masalah gangguan ginjal, merokok, hipertensi, obesitas, genetik , efek samping cuci darah jangka panjang dan lain sebagainya .

Untuk itu sangat disarankan untuk berhati-hati sekali dalam menjaga kesehatan oragan dalam maupun kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penyakit yang harus cuci darah salah satunya yaitu kanker ginjal ini. Cuci darah merupakan tindakan atau penanganan yang harus dilakukan secara rutin oleh pengidap pengyakit kanker ginjal ataupun jenis penyakit ginjal lainnya.

5. Kanker Ovarium

Kanker ovarium adalah kanker yang tumbuh pada idung telur atau ovarium Biasanya kanker ini dialami oleh wanita. Kanker ovarium bias menjadi salah satu akiba dari adanya hidronefrosis pada wanita.  Gejala-gejala yang timbul akibat kanker ini adalah perut selalu terasa kembung , adanya pembengkakan perut , sakit perut, penurunan berat badan yang drastis , kebiaaan buang air kecil yang abnormal, frekuens buang air kecil yang terlalu sering dan lain sebagainya.

Tentunya dampak dari kenker ovarium ini tidak baik bagi kesehatan seseorang. Maka dari tu perlunya penenganan meds yang tepat dan benar sangat diperlukan dan dibutuhkan. Selain melakukan penanganan atau pengobatan sebaiknya mencegah dan menjaga kesehatan tubuh lebih baik demi terhindarya salah satu akibat komplikasi dari hidronefrosis ini.

6. Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan kondisi pertumbuhn sel-sel secara tidak terkendali dalam kelenjar prostat. Biasanya ini menyerang pada pria , dimana prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Adapun gejala-gejala yang dirasakan oleh seseorang saat terkena kondisi kelenjar prostat ini antara lain lebih sering buang air kecil saat malam hri, merasa nyeri atau panas pada penis saat buang air kecil, merasa kandung kemih selalu penuh , ditemukannya darah pada urine, tekanan saat mengeluarkan urne berkurang. Namun selain karena adanya penyakit hidronefrosis, kanker prostat ini juga disbabkan oleh kedaan tertentu , seperti pola hidup yang tidak sehat seperti seks bebes , seks sesama jenis dan lain sebagainya.

Komplikasi diatas tentunya tidak akan terjadi apabila kondisi hidronefrosis segera ditangani secara tepat dan benar. Sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin dan berkonsultasi dengan dokter.

Sponsors Link
>
, , ,