Sponsors Link

Komplikasi Penyakit Gagal Ginjal Kronis Paling Mematikan yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Penyakit ginjal kronis bisa terjadi karena organ ginjal tidak mampu untuk menyaring zat sisa, racun dan juga cairan berlebih yang diperoleh dari darah dimana semuanya terjadi dengan sangat lambat. Organ ginjal yang sangat mudah untuk beradaptasi dengan gangguan yang terjadi menyebabkan gejala gagal ginjal kronis bisa terjadi sesudah kondisinya berubah sangat parah. Penyakit gagal ginjal kronis masuk kedalam silent disease sebab banyak pasien yang terlambat untuk melakukan pemeriksaan sehingga mengharuskan penderita untuk melakukan cuci darah. Para penderita seringkali tidak merasakan gejala apapun sampai akhirnya penyakit gagal ginjal kronis sudah terlanjur terjadi. Saat salah satu dari macam macam penyakit ginjal ini terjadi, maka ada beberapa komplikasi penyakit gagal ginjal kronis yang mungkin saja bisa terjadi dan beberapa diantaranya akan kami ulas berikut ini.

ads
  1. Kadar Cairan Berlebih

Banyak orang yang beranggapan jika minum banyak cairan akan menjaga kesehatan organ ginjal. Namun perlu diketahui jika pendapat tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar. Apabila seseorang memang masih memiliki fungsi ginjal baik, maka minum 2 hingga 3 liter air per hari sangat baik dilakukan. Namun untuk seseorang yang memiliki gejala penyakit ginjal dan minum antara 5 hingga 6 liter air per hari bisa membahayakan sebab kadar garam dalam tubuh bisa berkurang yang membuat seseorang merasa lemah dan bahkan kejang yang menjadi salah satu efek samping gagal ginjal.

Seorang penderita gagal ginjal kronis mempunyai pembuangan cairan dalam tubuh sehingga pada saat orang tersebut minum terlalu banyak air, maka tidak seluruh air yang sudah diminum akan keluar kembali bersama dengan urin namun akan menumpuk pada pembuluh darah sehingga jantung akan bekerja semakin keras.

  1. Hiperkalemia

Hiperkalemia merupakan komplikasi penyakit gagal ginjal kronis yang terjadi saat kadar kalium dalam darah terlalu tinggi. Kadar kalium berlebihan akan membuat jantung bekerja semakin keras dan tidak maksimal sehingga timbul masalah jantung dan bisa berujung pada kematian mendadak. Untuk orang yang memiliki gangguan fungsi ginjal kronis, maka kemampuan dalam membuang kalium juga semakin rendah sehingga banyak dokter yang akan menyarankan untuk mengkonsumsi buah dalam jumlah banyak untuk mengatasi gejala gagal ginjal kronik tersebut.

  1. Metabolik Asidosis

Salah satu tugas dari organ ginjal adalah untuk mengatur cairan, elektrolit dan juga asam basa yang ada pada darah. Apabila fungsi dari ginjal ini mengalami gangguan, maka darah akan berubah menjadi asam dan pH darah semakin menurun sehingga pembuluh darah melebar dan menyebabkan kontraksi jantung mengalami gangguan. Apabila ini tidak segera diatasi, maka bisa menimbulkan dampak yang sangat buruk untuk penderita yakni tingkatan stadium gagal ginjal akhir. 

Sponsors Link

  1. Gangguan Tulang dan Mineral

Penyakit gagal ginjal kronik yang tidak segera diatasi bisa menimbulkan gangguan pada tulang dan juga mineral. Asupan kalsium yang tidak memadai sebagai salah satu penyebab gagal ginjal kronis ini bisa mengakibatkan tulang lebih mudah patah dan seseorang dengan gagal ginjal kronis bisa mengalami berbagai gangguan tulang tersebut.

  1. Hipertensi

Hipertensi bisa membuat seseorang terkena ciri ciri gagal ginjal awal dan begitu juga sebaliknya dimana penyakit gagal ginjal kronis juga bisa menyebabkan hipertensi. Hal ini bisa terjadi karena gangguan glomeruler yang membuat seseorang mengalami hipertensi dan juga bisa disebabkan karena terlalu banyak cairan dalam tubuh atau tekanan darah yang naik.

  1. Anemia

Komplikasi penyakit gagal ginjal kronis selanjutnya adalah anemia yang disebabkan karena tubuh kekurangan hormon eritrokosit sehingga kemampuan sumsum tulang belakang dalam membentuk darah nantinya juga akan berkurang dan anemia pun terjadi. 

Sponsors Link

  1. Dislipidemia

Dislipidemia atau gangguan kolesterol juga bisa terjadi saat seseorang menderita penyakit ginjal kronis atau masalah ginjal rusak. Untuk seseorang dengan gangguan gagal ginjal kronis nantinya juga bisa menyebabkan perkembangan penyakit seperti kolesterol tinggi yang kemudian juga menyebabkan berbagai penyakit berbahaya karena kolesterol tinggi seperti stroke dan serangan jantung bisa terjadi.

  1. Disfungsi Seksual

Saat seseorang yang masih berusia muda mengalami penyakit ginjal kronis atau ciri ciri ginjal rusak khususnya pria, maka hal yang terkadang terjadi adalah semakin cepat lelah ketika sedang melakukan hubungan seksual atau bahkan mengalami disfungsi seksual kronis.

Dengan mengetahui begitu banyak komplikasi gagal ginjal kronis diatas yang sangat berbahaya, maka tidak salah jika penyakit ini dinamakan dengan silent disease sebab secara diam diam penyakit ini bisa berkembang sampai ke tahap kronis dan baru disadari oleh penderita. Untuk itulah, menjaga kesehatan ginjal harus dilakukan mulai dari sekarang dan jangan menunggu sampai ginjal bermasalah dan sudah berkembang menjadi gangguan ginjal kronis.

Sponsors Link
>
, ,