Sponsors Link

Kista Pada Ginjal Kiri – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Sekarang kasus penyakit ginjal semakin meningkat setiap tahunnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Penyakit ginjal memeng salah satu penyekit yang berbahaya di Indonesia , selain itu juga merupakan penyakit pada organ dalam manusia. Faktor-faktor penyebab enyakit ini tentunya juga akan menyebabkan tingkat keparahan penyakit ginjal itu sendiri. Selain itu juga akan menentukan jenis penyakit ginjal.

ads

Beberapa contoh jenis penyakit ginjal yaitu glukosuria , anuria , ginjal mengecil sebelah itu disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang utama adalah pola hidup yang tidak sehat , sering mengonsumsi junk food dan lain sebagainya. Tentunya masalah tersebut akan menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu penyakit ginjal yang akan meneyababkan seseorang terhambat dalam kehidupan sehari hari adalah kista pada ginjal kiri. Berikut mengenai penjelasan  penyakit kista pada ginjal kiri .

Kista Pada Ginjal Kiri

Saat ini kesehatan memang sangat penting bagi setiap orang . Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah kista ginjal. Kista ginjal merupakan kantong yang berbentuk bulat atau oval yang di dalamnya berisi cairan yang berada di dalam ginjal. Biasanya yang sering terkena penyakit kista ginjal ini adalah pria  yang berusia 50 tahun ke atas , namun kista juga dapat menyerang wanita meskipun pria lebbih beresiko tinggi. Kista ginjal ini  biasanya muncul semenjak lahir , atau muncul sebagai kelaianan bawaan dari lahir yang biasa terjadi pada penyakit ginjal polikistik .

Seseorang yang mengalami kista ginjal pada bagian kiri ini akan memeberikan progresif yang akan menyebabkan seseorang mengalami gagal ginjal sehingga memerlukan beberapa tindakan medis seperti cuci darah maupun transplantasi ginjal . Untuk mengetahui seseorang apakah terkena penyakit ini dapat dilakukan pemeriksaan melalui tes pemindaian.

Gejala Pada Kista Ginjal Kiri

Setiap penyakit memang akan menimbulkan beberapa tanda dan gejala yang akan muncul. Pada dasarnya gejala tersebut merupakan alarm pada tubuh bahwa tubuh sedang mengalami masalah. Seperti halnya penyakit lainnya , penyakit kista ginjal kiri pun juga terdapat gejal-gejalanya . Berikut beberapa gejala pada kista ginjal kiri :

  • Demam , ini merupakan gejala yang umum apabila seseorang sedang sakit. demam merupakan kondisi dimana suhu tubuh meningkat , seseorang akan mengalami suhu lebih dari 36 apabila sedang demam.
  • Menggigil , juga merupakan dari efek gejala demam yang tinggi.   efek samping batu ginjal mungkin salah satunya yaitu badan menggigil.
  • Infeksi , sering kali muncul pada seseorang yang mempunyai penyakit ginjal , hal ini dikarenakan tubuhya sangat rentang terhadap penyakit. biasanya disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin terkait untuk menjaga dari infeksi ini.
  • Sering buangg air kecill , ini disebabkan karena fungsi ginjal yang semakin menurun , sehingga ginjal tidak bisa mengkontrol pengeluaran urine tersebut. ha ini akan sangat mengganggu seeorang melakukan aktivitasnya.
  • Nyeri , sering kali dirasakan oleh seseorang yang mempunyai penyakit ginjal ,kususnya penyakit kista pada ginjal kiri yang biasanya akan menimbulkan neri pada bagian punggung kiri , pinggang maupun perut bagian atas.
    Sponsors Link

  • Munculnya Darah didalam urine , ini terjadi akibat pada proses penyaringan ginjal tidak terjadi secara sempurna. Sehingga darah pun  juga tidak dapat disaring dengan maksimal.
  • Warna urine abnormal , maksudnya aitu warna urine tidak normal , biasanya cenderung berwarna gelap. Hal ini disebabkan juga jarena proses penyaringan sisa metabolisme tidak maksimal.
  • Hipertensi sekunder , atau tekanan darah tinggi akan beresiko tinggi di jumpai pada kondisi kista ginjal. hal ini terkait dengan proses penyaringan darah yang menyebabkan jantung bekerja sangat keras sehingga membuat tekanan darah meningkat.
    ads
  • Perut terasa nyeri , juga akan sangat menganggu sekali seseorang melakukan aktivitasya sehari-hari, karena akan membuat rasa tidak nyaman.
  • Ginjal belakang menjadi nyeri , disebabkan karena letak ginjal yang teppat berada bagian belakang , rasa nyeri ini disebabkan karena terdapat pembengkakan.
  • Adanya protein dalam urine , juga akan menimbulka dampak pada kesehatan tubuh , ini akan menandakan adanya indikasi bahwa kista ginjal sudah mulai parah.
  • Kondisi batu ginjal , juga sering ditemukan pada seseorang yang mengalami kista gijal , karena pada dasarnya ista ginjal ini disebabkan karena adanya kristal paa ginjal.

Penyebab Kista Ginjal Kiri

Kista ginjal disebaabkan oleh beberapa faktor , muali faktor internal maupun eksternal. Tentunya penyebab ini juga akan mengakibatkan efek samping seperti halnya efek samping ginjal bocor . Berikut mengenai beberapa penyebab seseorang terkena kondisi kista ginjal :

  • Pola Hidup Yang tidak sehat

Pola hidup yang tidak sehat seperti tidak pernah olahraga , makan tidak teratur serta mngkonsumsi junk food apabila dilakukan dalam jangka panjang maka akan menyebabkan seseorang itu akan beresiko tinggi terkena penyakit. Hal tersebut karena pola hidup yang tidak sehat akan menyebabkan sistem imunitas menurun sehingga tubuh tidak dapat mempertahankan kesehatannya saat patogen dari luar menyerang.

  • Kantong Ginjal Yang Melemah

Didalam kantng ginjal ini terbenntuk lapisan ermukaan ginjal yang melemah dan membenuk kantaong , kantong tersebut akan berisi  cairan , terlepas dan pada akhirnya menjadi kista ginjal.

  • Pertambahan Usia Pada Pria

Pria yang sudah berumur lebih dari 50 tahun akan beresiko tinggi terkena kista ginjal ini . Karena ada dasarnya tubuhnya juga s sudah semakin melemah. Fungsi tubuh akan semakin menurun apabia seseorang semakin menua , hal itu wajar secara keadaan fisiologis manusia.

Namun sebenarna kista ginjal belum ada penyebab yang pastu , akan tetapi ke tiga penyebab diatas merupakan kemungkinan besar yang dapat menyebabkan seseorang terkena kista ginjal.

Mengatasi Kista Ginjal Kiri

Untuk mengatasi kista ginjal kiri kita dapat melakukan pengobatan medis. Berikut pengobatan medis yang dapat kita lakukan :

  • Operasi pengankatan kista , ini merupakan prosedur secara medis dengan membuat sayatan padda kulit untuk mengeluarkan cairan dari dalam kista , dan dilanjutkan dinding kista akan dipotong atau di bakar.
  • Drainase Kista , ini diikuti dengan pengisian alkohol . drainase juga disebut dengan pengeringan cairan pada kista. Seteah cairan tersebut keluar maka selanjutnya dokter memberikan cairan alkohol padaa rongga kista yang membuat jaringan yang mengeras.

Beberapa penjelasan mengenai Kista Ginjal bagian Kiri tersebut merupakan cara kita untuk mengetahui informasi sehingga kita tau apa yang harus kita lakukan disaat terkena kondisi tersebut. Dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan dengan olahaga teratur , mmengkonsumsi makanan yang bergizi an lain sebagainya.

Sponsors Link
>
, , , ,