Sponsors Link

Kista Ginjal Pada Laki Laki – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, menjaga kesehatan adalah hal terpenting yang harus dilakukan. Salah satu yang paling utama adalah menjaga kesehatan organ ginjal. Seperti yang kita ketahui, ginjal memiliki fungsi yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang harus memahami cara merawat ginjal agar tetap sehat dan cara menjaga kesehatan ginjal agar organ ini jauh dari berbagai penyakit.

ads

Macam-macam penyakit seperti radang ginjal, ginjal mengecil, ginjal rusak, penyakit uremia, batu ginjal, hingga gagal ginjal kronis mengancam kesehatan kita setiap harinya. Agar ginjal selalu sehat dan terhindar dari penyakit, jangan lakukan kebiasaan yang bisa merusak ginjal atau kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal.

Salah satu penyakit yang perlu dikhawatirkan adalah kista ginjal. Penyakit ini masih tergolong awam di mata masyarakat dan belum banyak yang mengerti dan memahami tentang penyakit ini. Kaum laki laki harus lebih waspada dengan penyakit ini, karena kista ginjal pada laki laki lebih sering terjadi dibandingkan pada perempuan.

Kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai gejala, penyebab, dan cara mengatasi kista ginjal pada laki-laki. Penyakit yang diakibatkan oleh munculnya kantung berisi cairan pada dinding ginjal ini belum banyak disadari, dan biasanya baru terdeteksi setelah keadannya parah. Padahal, kista ginjal bisa sembuh dengan mudah jika masih berada dalam tahap awal.

Gejala Kista Ginjal Pada Laki Laki

Kista ginjal biasanya baru terdeteksi melalui USG atau rontgen setelah penderita merasakan gejala yang tidak biasa pada tubuh mereka. Ini dia gejala penyakit kista ginjal yang terjadi jika kista sudah membesar:

  1. Ditemukan penyakit batu ginjal pada organ ginjal.
  2. Mengalami penyakit gagal ginjal.
  3. Menderita penyakit infeksi saluran kemih atau mengalami infeksi ginjal.
  4. Nyeri yang amat sangat di bagian bahu seperti ditusuk.
  5. Punggung sering kesakitan meski tidak melakukan aktivitas berat.
  6. Perut bagian atas membesar dengan cepat dan terasa sakit karena organ yang ada di dalamnya tertekan.
  7. Mengalami demam hebat dan menggigil selama beberapa hari.

Kista ginjal pada laki laki biasanya memang tidak menimbulkan gejala yang spesifik jika keadannya belum parah. Inilah gejala ringan penyakit kista ginjal yang sering tidak disadari oleh kaum laki laki:

  1. Kulit menjadi kering dan pucat meski tidak sakit.
  2. Mudah kelelahan meski tidak beraktivitas, dan tubuh langsung lemas seketika.
  3. Lebih sering buang air kecil dari biasanya.
  4. Anggota tubuh seperti tangan dan kaki membengkak.
  5. Sendi-sendi di tubuh sering terasa nyeri.
  6. Nyeri pada tubuh bagian samping dan belakang.

Penyebab Kista Ginjal Pada Laki Laki

Setelah seseorang didiagnosa menderita penyakit tertentu, maka ia akan bertanya-tanya apa penyebab ia menderita penyakit tersebut. Salah satunya adalah penyakit kista ginjal yang sering tidak disadari gejalanya. Berikut penyebab kista ginjal pada laki laki:

  • Faktor genetik

Faktor genetik atau keturunan adalah faktor paling berpengaruh jika seseorang mengalami kista ginjal. Laki laki yang berusia 40 hingga 50 tahun dan memiliki riwayat penyakit yang sama di keluarganya beresiko menderita penyakit kista ginjal sebesar 50 persen.

Sponsors Link

  • Merokok

Salah satu penyebab seseorang mengalami gagal ginjal adalah kebiasaan merokok yang sulit dihentikan. Rokok mengandung banyak racun yang menambah kerja ginjal itu sendiri. Semakin banyak asap rokok masuk ke dalam tubuh maka semakin menumpuk pula racun yang ada di dalam ginjal.

  • Minum minuman beralkohol

Selain merokok, minum minuman beralkohol juga bisa menjadi penyebab kista ginjal pada laki laki. Alkohol adalah zat yang sangat keras, sehingga ketika cairan tersebut memasuki tubuh, kerja organ ginjal akan semakin berat. Alkohol membawa banyak zat racun yang harus disaring oleh ginjal. Jika kebiasaan ini diteruskan, ginjal lama kelamaan akan rusak dan terserang berbagai penyakit.

Cara Mengatasi Kista Ginjal Pada Laki Laki

  • Menerapkan gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan semua organ vital yang ada di dalam tubuh. Gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan cara rajin berolahraga dan meminum air putih yang cukup agar metabolisme tubuh dapat berjalan lancar.

Sponsors Link

  • Makan makanan yang sehat

Jika Anda ingin menjaga ginjal tetap sehat, konsumsi makanan pencuci ginjal yang baik untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal, maka kesehatan ginjal akan lebih terjaga.

  • Minum antibiotik

Jika Anda sudah merasakan gejala yang tidak biasa pada tubuh Anda, segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan dini. Meminum obat antibiotik adalah langka yang baik untuk mencegah bakteri penyebab kista berkembang biak di dalam ginjal.

  • Operasi

Penyakit kista ginjal yang sudah parah, biasanya disembuhkan dengan cara operasi. Operasi dilakukan untuk memotong kantung kista yang ada pada dinding ginjal. Cara ini dinilai efektif karena langsung menghilangkan sumber penyakitnya. Pemotongan kantung kista dilakukan dengan cara menyedot cairannya terlebih dahulu, baru memotong kantung kista dengan cara dibakar.

Itulah penjelasan tentang kista ginjal pada laki laki yang wajib untuk diketahui. Sebelum penyakit ginjal terserang berbagai penyakit, menjaga kesehatan ginjal wajib untuk dilakukan. Terapkan gaya hidup sehat dan istirahatlah yang cukup agar terhindar dari segala macam penyakit.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :