Sponsors Link

Kista Ginjal Kanan – Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Menjaga kesehatan tubuh adalah suatu keharusan bagi setiap orang. Tubuh yang sehat membuat seseorang lebih bersemangat untuk beraktivitas dan membuat usia menjadi lebih panjang. Cara menjaga kesehatan tubuh tentu dengan menerapkan gaya hidup yang sehat untuk menjaga organ-organ vital di dalam tubuh seperti jantung, liver, paru-paru dan ginjal tetap berfungsi. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal dengan membaca tips menjaga kesehatan ginjal.

ads

Terkadang meski kita sudah berusaha semaksimal mungkin menjaga kesehatan, penyakit tetap tidak dapat dihindari. Ada banyak penyebab penyakit ginjal yang tidak kita sadari, seperti kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal yang menjadi penyebab seseorang mengalami gagal ginjal.

Penyakit yang bisa menyerang ginjal memang banyak jenis dan macamnya, salah satunya adalah kista ginjal. Kista ginjal bisa menyerang ginjal sebelah kiri atau sebelah kanan. Kista ginjal kanan adalah sebuah kondisi ditemukannya kantung berbentuk bulat atau oval di dalam ginjal. Kantung tersebut berisi cairan yang bisa bertambah jika tidak segera diobati. Jika cairan terus bertambah, maka bisa menyebabkan ukuran kista semakin besar. Kista ginjal bisa sembuh jika diberi pengobatan dan penanganan yang tepat.

Anda yang belum paham mengenai kista ginjal kanan, yuk membahas lebih jauh tentang penyakit ini.

Gejala Kista Ginjal Kanan

Kista ginjal memang penyakit ginjal yang belum banyak dikenal. Masyarakat biasanya lebih banyak tahu tentang batu ginjal, gagal ginjal kronis, atau infeksi ginjal. Padahal penyakit ini juga perlu diwaspadai. Inilah berbagai gejala penyakit kista ginjal yang perlu Anda ketahui:

  • Ditemukannya penyakit batu ginjal pada ginjal.
  • Perut yang semakin membesar seperti terkena penyakit kembung.
  • Warna kulit menjadi sangat pucat padahal tidak sakit.
  • Mudah lelah dan tidak bisa melakukan banyak aktivitas.
  • Sering merasakan kelelahan hebat padahal tidak melakukan kerja berat.
  • Lebih sering buang air kecil meskipun tidak banyak minum air.
  • Menderita penyakit gagal ginjal (pada kondisi kista ginjal yang sudah sangat parah)
  • Menderita penyakit infeksi saluran kemihradang kandung kemih, atau infeksi ginjal.
  • Kulit memar-memar seperti terbentur benda yang keras.
  • Tubuh membengkak, terutama di bagian tangan dan kaki.
  • Urine mengeluarkan darah.
  • Sering mengalami sakit kepala hebat.
  • Sering merasa sakit dan nyeri pada punggung sebelah kanan, terutama bagian bawah.
  • Sendi-sendi pada tubuh bagian kanan membengkak.
  • Warna kuku tidak normal.

Penyebab Kista Ginjal Kanan

Karena penyakit ini masih cukup asing di telinga, Anda pasti banyak bertanya-tanya apa sih penyebab kista di ginjal? Berikut ini penyebab penyakit kista ginjal yang bisa menyerang seseorang:

  • Organ ginjal melemah

Jika kondisi organ ginjal melemah, maka akan lebih mudah terkena penyakit kista ginjal. Yang paling rawan adalah jika lapisan permukaan ginjal yang melemah. Ketika lapisan permukaan ginjal melemah, maka akan dengan mudah terisi cairan yang menyebabkan kista ginjal. Jaga kesehatan ginjal dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ginjal dan jantung.

Sponsors Link

  • Konsumsi alkohol

Suka meminum minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko berbagai macam penyakit ginjal, termasuk kista ginjal. Alkohol akan melemahkan sistem imun di dalam tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan serta penyakit pada ginjal yang bertugas menyaring zat tersebut.

  • Keturunan

Kista ginjal kanan bukan jenis penyakit yang bisa menyerang sembarangan orang. Seseorang yang memiliki riwayat kista ginjal memiliki resiko lebih besar terkena kista ginjal. Orang tua yang menderita kista ginjal berpeluang sebesar 50% menurunkan penyakit yang sama ke anaknya.

ads

  • Kelainan sejak lahir

Bayi baru lahir yang memiliki kelainan pada ginjalnya kemungkinan besar akan menderita kista ginjal kanan. Kelainan ini tentu disebabkan berbagai hal, seperti organ yang belum terbentuk dengan sempurna ketika bayi lahir. Seseorang dengan kelainan ginjal bawaan sejak lahir berpeluang menderita kista ginjal 25% lebih besar dari orang biasa.

Cara Mengatasi Kista Ginjal

Kista ginjal dapat diatasi dengan berbagai cara seperti berikut ini:

  • Mengonsumsi makanan tertentu

Ada beberapa jenis makanan sehat untuk penderita kista ginjal yang wajib dikonsumsi. Makanan tersebut antara lain adalah ikan laut dan tomat. Protein dalam ikan laut bisa mengurangi dampak buruk dari kista ginjal yang mungkin muncul. Sementara tomat adalah anti oksidan yang bisa mencegah komplikasi akibat kista ginjal.

  • Operasi pengangkatan kista ginjal kanan

Cara ini adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi kista ginjal kanan. Operasi kista ginjal biasanya dilakukan jika ukuran kista sudah membesar dan keadaannya sudah mengkhawatirkan. Operasi dilakukan untuk memotong kantong kista yang ada pada dinding ginjal dengan cara dibakar.

  • Menyedot cairan di dalam kista

Selain operasi, cara mengatasi dan menyembuhkan kista ginjal kanan adalah dengan menyedot cairan yang ada di dalam kista dengan jarum khusus yang disuntikkan dari luar tubuh hingga menembus kantung kista di dalam ginjal. Setelah semua cairan disedot, kantung kista akan diisi dengan cairan lain serupa alkohol untuk mencegah kista tumbuh lagi.

Itulah penjelasan mengenai penyakit kista ginjal kanan yang belum banyak diketahui masyarakat awam. Bagaimanapun, menjaga kesehatan ginjal adalah hal paling utama untuk terhindar dari segala macam penyakit. Yuk sama-sama menjaga kesehatan ginjal!

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :