Sponsors Link

Kista Ginjal Berbahayakah? Ini Jawabannya

Sponsors Link

Berbicara mengenai kesehatan tubuh tentu tidak lepas dari organ vital yang satu ini, yaitu ginjal. Ginjal memiliki peranan penting yang tidak tergantikan pada tubuh kita, yakni menyaring darah dan membuang zat sisa metabolisme yang tidak terpakai oleh tubuh. Semua limbah ini dibuang melalui urine atau keringat.

ads

Namun ironisnya, ginjal juga merupakan organ yang sangat rentan terkena penyakit. Penyakit yang bisa menyerang ginjal ada banyak macam dan jenisnya seperti batu ginjal, radang ginjal, infeksi ginjal, ginjal bengkak, ginjal mengecil, ginjal rusak, penyakit uremia, gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis, ginjal bocor, dan terakhir adalah kista ginjal.

Hal pertama yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata kista tentu adalah penyakit yang menyerang rahim wanita. Pada kenyataannya, kista tidak hanya bisa terjadi pada rahim wanita saja. Ginjal juga mengalami resiko yang sama untuk terkena kista.

Kista ginjal adalah sebuah kondisi dimana terbentuk kantong berbentuk bulat atau oval di dalam ginjal yang berisi cairan. Jika tidak segera diberi pengobatan yang tepat, cairan ini akan membesar dan membahayakan kesehatan ginjal. Biasanya kasus ini terjadi pada pria yang berusia di atas 50 tahun. Kista ginjal memang belum terlalu dikenal oleh masyarakat umum. Oleh karena itu sering muncul pertanyaan, kista ginjal berbahayakah? Kali ini kita akan membahas kista ginjal secara lengkap, berikut dampak dan komplikasi yang bisa menyerang tubuh akibat penyakit ini.

Gejala dan Penyebab Kista Ginjal

Kista ginjal adalah penyakit yang tidak menunjukkan gejala signifikan pada penderitanya. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan perubahan sekecil apapun yang ada pada tubuh Anda. Jika ukuran kista masih kecil, biasanya tidak akan menunjukkan gejala apapun. Namun seiring berjalannya waktu kista akan semakin membesar dan menghimpit organ ginjal. Di fase inilah biasanya gejala seperti berikut ini akan muncul:

  • Demam tinggi hingga mengigil
  • Rasa nyeri dan sakit yang luar biasa pada punggung, pinggang, dan perut bagian atas
  • Warna urine menjadi lebih gelap, bahkan terdapat darah di dalam urine
  • Intensitas buang air kecil meningkat
  • Urine berbusa, menunjukkan adanya penurunan ada fungsi ginjal (gejala ini sangat jarang terjadi)
  • Tekanan darah meningkat
  • Perut membengkak seperti kembung
  • Nyeri pada punggung bawah letak organ ginjal
  • Terdapat batu ginjal

Gejala-gejala di atas memang wajib untuk diwaspadai. Sebelum sampai pada pertanyaan kista ginjal berbahayakah, Anda pasti bertanya-tanya apa saja penyebab seseorang bisa mengalami kista ginjal. Inilah penyebab kista ginjal yang harus Anda ketahui:

  • Usia yang sudah lanjut, karena kista ginjal lebih berpeluang terjadi pada pria yang sudah berusia 50 tahun ke atas.
  • Faktor keturunan atau genetik, dimana keluarga memiliki riwayat kelainan ginjal atau penyakit ginjal.
  • Lapisan permukaan ginjal mulai melemah sehingga membentuk kantong.
  • Sering melakukan kebiasaan yang bisa merusak ginjal seperti merokok, minum minuman keras, dan kurang istirahat.
    Sponsors Link

  • Suka makan makanan yang harus dihindari penderita ginjal seperti protein hewani dan kacang-kacangan dalam porsi berlebihan. Lebih baik ganti dengan makanan sehat untuk penderita kista ginjal.
  • Daya tahan tubuh lemah sehingga ginjal terserang virus atau bakteri yang menyebabkan kista ginjal.

Kista Ginjal Berbahayakah?

Seperti yang telah dijelaskan, kista ginjal adalah sebuah penyakit di mana pada organ ginjal muncul kantong berbentuk bulat atau oval. Kantong tersebut berisi cairan yang semakin lama akan semakin bertambah dan menyebabkan ukuran kantong menjadi lebih besar. Inilah beberapa jenis bahaya kista ginjal yang wajib diwaspadai:

ads

  • Penghimpitan pada organ ginjal

Kista pada ginjal akan sulit terdeteksi ketika ukurannya masih kecil dan baru berada pada fase-fase awal. Kista tidak terdeteksi karena tubuh pun tidak menunjukkan gejala yang signifikan. Namun ketika ukuran kista semakin membesar, tubuh akan memberikan berbagai reaksi. Semakin berkembangnya kista ginjal ini tidak baik untuk ginjal karena bisa mengganggu kesehatan organ tersebut. Jika kista semakin membesar akan menghimpit sel dan pembuluh darah pada ginjal. Inilah mengapa kista ginjal menjadi penyebab seseorang mengalami gagal ginjal.

  • Pecahnya kista di dalam ginjal

Salah satu bahaya kista ginjal adalah ketika kista pecah di dalam ginjal saat belum sempat dilakukan pengobatan. Pecahnya kista akan membuat cairan yang ada di dalamnya menyebar ke seluruh permukaan ginjal. Jika sudah demikian, rasa nyeri dan sakit yang hebat akan Anda rasakan di sekitar punggung, pinggul, dan tulang rusuk.

  • Infeksi ginjal

Salah satu penyebab infeksi ginjal adalah adanya kista ginjal. Terlebih jika kista pecah di dalam ginjal, maka akan menyebabkan infeksi yang cukup parah pada organ ginjal itu sendiri.

  • Gangguan buang air kecil

Kista pada ginjal bisa tumbuh dimana saja, termasuk pada saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Jika kista tumbuh di tengah-tengah saluran ini, maka penderitanya akan mengalami gangguan saat buang air kecil.

  • Gagal ginjal dan hipertensi

Kedua penyakit ini bisa muncul akibat dari kista pada ginjal. Inilah salah satu hal yang menjelaskan hubungan gagal ginjal dan hipertensi.

Itulah penjelasan atas pertanyaan mengenai kista ginjal berbahayakah? Semoga penjelasan di atas mampu menambah wawasan Anda mengenai penyakit ginjal secara lebih dalam.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :