Sponsors Link

Kista Ginjal – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Semua orang pasti sepakat bahwa ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Ginjal merupakan organ yang memiliki banyak fungsi penting yang tidak bisa tergantikan. Oleh karena itulah, merawat kesehatan dan fungsi ginjal merupakan sebuah kewajiban bagi semua orang termasuk dirimu. Tidak peduli apakah kamu dewasa ataupun anak-anak, kamu harus melakukan perawatan terhadap organ ginjal yang kamu miliki agar organ yang satu ini tidak rusak dan mengalami gangguan fungsi.

ads

Dengan demikian, setiap orang harus mengetahui banyak hal seperti bagaimana melakukan penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, penyebab penyakit ginjal, beberapa ciri-ciri penyakit ginjal seperti gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria dan lain sebagainya. Termasuk mempelajari apa saja yang bisa membuat ginjal sakit.

Pada umumnya ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan ginjal mengalami kerusakan. Dari berbagai macam penyebab tersebut, salah satu penyebab yang mungkin paling sering dialami adalah penyakit yang menyerang ginjal. Beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang ginjal antara lain adalah di antara penyakit yang menyerang ginjal tersebut antara lain gagal ginjal, ginjal bengkak, ginjal bocor, ginjal mengecil dan juga batu ginjal. Selain masalah tersebut, juga bisa terjadi suatu jenis penyakit yang biasa disebut dengan nama kista pada ginjal.

Kista ginjal adalah suatu penyakit atau keadaan pada ginjal, yaitu terbentuknya kantong yang berbentuk bulat atau oval dan berisi cairan yang letaknya ada di dalam ginjal. Biasanya penyakit yang satu ini muncul atau dialami lebih sering oleh pria dewasa yang umurnya telah mencapai lima puluh tahun ke atas. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan penyakit yang satu ini akan menyerangmu kapan saja, tidak peduli umur dan jenis kelaminmu apabila kamu tidak melakukan pencegahan dan perawatan terhadap kesehatan ginjal dengan baik dan benar.

Oleh karena itulah dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas penyakit kista ginjal agar kamu bisa mencegah dan apabila telah terlanjur mengalaminya, bisa mengatasinya dengan baik tanpa perlu membuat ginjalmu menjadi lebih parah. Dengan demikian, kamu bisa mencegah kejadian lain yang lebih buruk terjadi padamu akibat kamu telat dalam menangani penyakit kista pada ginjal.

Sudah siap kan? Mari kita bahas kista pada ginjal mulai dari sekarang!

Penyebab Penyakit Kista pada Ginjal

Ada berbagai macam hal yang bisa memicu atau mengakibatkan munculnya penyakit yang satu ini. Dengan mengetahui penyebab penyakit kista pada ginjal maka kamu bisa mencegah terjangkit penyakit ini sejak awal tanpa perlu mengalaminya terlebih dahulu. Lalu, apa saja penyebab penyakit kista pada ginjal tersebut? Apa saja yang perlu kamu hindari dan kamu waspadai supaya kista pada ginjal tidak terjadi padamu? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Kelainan bawaan dari lahir

Salah satu penyebab ginjal yang telah diketahui adalah karena masalah bawaan dari lahir. Kista pada ginjal bisa terjadi karena kelainan bawaan dari lahir seperti pada penyakit ginjal polikistik. Akan tetapi penyebab pasti mengapa bisa terjadi kelainan bawaan dari lahir ini pun masih belum diketahui dengan pasti. Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah tetap menjaga dan merawat bayi yang ada di dalam kandungan ibu dengan baik dan benar. Hanya dengan memastikan bahwa seorang bayi tumbuh dengan sempurna itulah kita bisa mencegah munculnya kelainan pada ginjal sang bayi tersebut.

Sponsors Link

2. Melemahnya lapisan permukaan ginjal

Selain masalah cacat lahir, kista pada ginjal juga bisa disebabkan karena faktor degeneratif alias usia.. Diduga kista pada ginjal terbentuk terbentuk ketika lapisan permukaan ginjal mengalami pelemahan kekuatan dan kemudian membentuk sebuah kantong atau biasa disebut dengan divertikulum. Kantong ini akan terisi cairan, terlepas dan kemudian berubah menjadi kista. Kondisi ini sering kali terjadi seiring pertambahan usia. Walaupun pria yang berusia lima puluh tahun ke atas merupakan pihak yang sangat rentan mengalami masalah yang satu ini, akan tetapi dengan pola hidu yang baik dan pencegahan yang sehat, maka kita bisa menurunkan risiko ini.

Itulah dua penyebab utama masalah kista pada ginjal. Perlu diketahui bahwa masalah kista pada ginjal ini masih belum sepenuhnya diketahui sehingga banyak penyebab yang membuatnya bisa terjadi pun juga belum sepenuhnya bisa diverifikasi. Akan tetapi seiring dengan perkembangan ilmu kedokteran, pasti penyebab kista ginjal yang satu ini bisa kamu ketahui dengan pasti.

ads

Ciri-ciri dan Gejala Kista pada Ginjal

Kista pada ginjal yang masih berukuran kecil biasanya tidak akan menimbulkan berbagai gejala yang terlihat. Akan tetapi apabila kista pada ginjal itu sudah membesar, maka biasanya ada beberapa gejala yang mulai terlihat. Beberapa gejala tersebut, bisa kamu rasakan dengan cukup jelas karena gejala tersebut akan mempengaruhi sebagian besar aktivitasmu sehari-hari. Beberapa gejala tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Adanya darah dalam urine atau terjadinya perubahan warna urine menjadi gelap
  • Terjadinya penurunan fungsi ginjal yang menurun (jarang sekali terjadi)
  • Terjadinya tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Adanya rasa nyeri dan pembengkakan pada perut yang mengganggu aktivitas
  • Munculnya demam, menggigil, atau gejala infeksi yang lain
  • Munculnya rasa sakit atau rasa nyeri pada punggung, perut bagian atas, atau pinggang
  • Pasien menjadi sering buang air kecil
  • Nyeri di bagian belakang organ ginjal akibat mengalami pembengkakan
  • Munculnya protein dalam urine atau proteinuria
  • Adanya batu ginjal

Seperti yang kita lihat di atas, beberapa ciri-ciri dan gejala kista pada ginjal di atas sangat mirip dengan ciri-ciri dan gejala masalah ginjal yang lain. Oleh karena itulah kamu harus benar-benar memastikan apakah yang terjadi padamu merupakan kista pada ginjal atau masalah ginjal yang lain. Oleh karena itulah, memeriksa kesehatan tubuhmu lebih lanjut perlu dilakukan dengan cara memeriksakan kesehatan ginjal ke dokter yang tepercaya apabila ada beberapa gejala di atas kamu alami. Dengan demikian bisa diketahui dengan pasti apa yang terjadi pada ginjalmu dan apa yang sebenarnya kamu derita.

Cara Mengatasi dan Pengobatan Kista pada Ginjal

Apabila kista pada ginjal tidak menyebabkan dampak buruk pada tubuh, maka sebenarnya tidak akan perlu untuk diatasi. Akan tetapi pada kasus yang lebih sering terjadi, kista pada ginjal menyebabkan banyak hal yang bisa menyebabkan tubuh menjadi terganggu. Walaupun demikian, kista pada ginjal sederhana, tidak menutup kemungkinan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa kita perlu melakukan penanganan secara khusus.

Apabila dalam perkembangannya kista ginjal dideteksi semakin membesar dan semakin berbahaya untuk tubuh setelah enam minggu sampai dua belas minggu pendeteksian awal, maka biasanya dokter atau pihak rumah sakit akan menyarankan untuk dilakukan beberapa tindakan pengobatan untuk mengatasi masalah kista yang terdapat pada ginjal. Beberapa penanganan yang bisa dilakukan oleh dokter untuk mengatasi kista pada ginjal adalah sebagai berikut.

Sponsors Link

1. Operasi mengangkat kista

Langkah pertama yang akan dilakukan dokter adalah melakukan sebuah operasi untuk mengangkat kista yang telah terbentuk di dalam ginjal yang kita miliki. Dalam langkah ini, dokter akan membuat sayatan pada kulit ginjal untuk mengeluarkan carian yang ada di dalam dalam kista. Setelah cairan itu berhasil keluar, maka dinding ginjal yang terdapat kista akan dipotong atau dibakar sehingga kista ginjal tersebut bisa hilang. Setelah itu tentu saja dokter akan menjahit kembali dan memperbaiki susunan organ dalam setelah operasi dilakukan.

2. Drainase kista yang diikuti pengisian kista dengan alkohol

Selain melakukan operasi pengangkatan kista, dokter juga bisa melakukan suatu upaya untuk melakukan drainase kista. Drainase, atau proses pengeringan cairan yang ada pada kista, dilakukan dengan cara menusukkan sebuah jarum kecil yang bisa menembus kulit melalui kulit hingga akhirnya bisa menembus dinding kista. Setelah itu jarum tersebut akan dicabut sehingga cairan pada kista bisa dikeluarkan. Setelah cairan keluar, dokter bisa memberikan cairan alkohol pada rongga kista untuk membuat jaringan yang ada sekitar lokasi kista tersebut mengeras sebagai upaya mencegah kista terbentuk kembali. Walaupun pada beberapa kasus kista masih bisa muncul kembali dan kemudian terisi cairan kembali. Tentu saja, dua langkah ini bisa dilakukan oleh dokter sekaligus.

Selain dua langkah di atas, penderita kista pada ginjal juga disarankan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Menghindari olahraga yang banyak melibatkan kontak fisik untuk mencegah ginjal terluka semakin parah
  2. Rajin melakukan pemeriksaan tekanan darah, dan pemeriksaan laboratorium darah secara rutin agar kinerja ginjal bisa terus diawasi dan apabila kinerja ginjal memburuk bisa ditangani dengan cepat.
  3. Tidak mengonsumsi obat pereda nyeri antiinflamasi. misalnya ibuprofen atau indomethacin, karena malah akan menambah buruk fungsi ginjal

Itulah beberapa hal yang bisa kita bahas dalam kesempatan kali ini tentang kista pada ginjal. Semoga kamu bisa melawan kista ginjal dengan lebih baik setelah membahas artikel kali ini ya. Selamat merawat kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,