Sponsors Link

Khasiat Limun Untuk Batu Ginjal Menurut Pendapat Ahli

Sponsors Link

Limun atau dalam bahasa Inggris disebut dengan lemonade adalah minuman menyegarkan dengan citarasa lezat yang sering diminum saat sing hari untuk menghilangkan rasa haus. Namun ternyata limun sebenarnya bukan hanya minuman nikmat menyegarkan namun ternyata juga memiliki khasiat yakni mencegah ciri ciri batu ginjal. Jus lemon yang rendah gula atau bebas gula dikatakan sebagai obat alternatif batu ginjal yang menarik sekaligus menyenangkan karena didalamnya mengandung zat pencegah batu ginjal bernama sitrat. Agar lebih jelas, berikut ini kami punya ulasan tentang khasiat limun untuk batu ginjal yang bisa anda lihat dalam ulasang singkat berikut ini.

ads

Dari penelitian yang baru baru ini dilakukan menunjukkan jika limun menjadi salah satu cara efektif sekaligus lezat untuk seseorang yang rentan terhadap batu ginjal pada anak ataupun orang dewasa dengan kegunaan untuk memperlambat perkembangan batu ginjal yang baru. Seorang profesor urologi di University of Wiconsin, Madison melakukan penelitian dengan terapi limun untuk partisipannya. Penelitian tentang batu ginjal ini diutarakan pada pertemuan tahunan Asosiasi Urologi Amerika yang bertempat di Atlanta.

Manfaat Limun Untuk Batu Ginjal

Apabila anda pernah mengalami batu ginjal, rasa sakit yang terjadi secara tiba tiba dan intens tersebut tentunya tidak akan mudah untuk anda lupakan. Bahkan, beberapa penderita batu ginjal wanita juga membandingkannya dengan proses persalinan. Batu ginjal bisa terbentuk karena urin di ginjal yang bercampur dengan garam pembentuk batu dan terjadi pada saat urin tidak mengandung beberapa zat cukup untuk mencegah batu ginjal seperti sitrat.

Untuk seseorang yang rentan terhadap batu ginjal, maka dokter umumnya akan meresepkan sitrat kalium yang bisa dikonsumsi dalam bentuk pil dan juga cair. Namun sebenarnya, sitrat kalium ini bisa didapatkan dari bahan yang lebih alami dan salah satunya adalah limun.  Limun terbuat dari jus lemon yang rendah atau bebas gula. Jus lemon bisa meningkatkan jumlah sitrat dalam urin ke tingkatan tepat untuk menghambat terbentuknya batu ginjal. Limun memang tidak berfungsi seperti potasium sitrat, akan tetapi untuk pasien yang tidak ingin mengkonsumsi obat obatan, maka limun menjadi pilihan tepat untuk digunakan.

Apabila anda sedang melakukan diet dan ingin membuat perubahan dalam diet dengan cara menghindari obat obatan, maka mengkonsumsi limun bisa dilakukan sebagai cara mengeluarkan batu ginjal secara alami atau terapi alternatif. 

Sponsors Link

Dosis Mengkonsumsi Limun Untuk Batu Ginjal

Limun memiliki banyak hal yang sangat dibutuhkan seseorang yang rentan terhadap batu ginjal. Limun akan membuat seseorang untuk terhindar dari batu ginjal dengan cara memperbanyak pembuangan urin. Untuk mengurangi ciri ciri batu ginjal awal, anda bisa meningkatkan asupan cairan antara 1.5 sampai 2 liter air seni per hari.

Sementara untuk membuat limun direkomendasikan untuk mencampur 1/2 cangkir jus lemon pekat dengan 7 cangkir air dan pemakaian gula harus dihindari karena kalori ekstra nantinya bisa menimbulkan masalah lain untuk kesehatan. 

Sponsors Link

Diet dan Batu Ginjal

Meski limun bisa digunakan dalam diet untuk pencegahan dan penanganan batu ginjal, namun limun saja bukanlah sebuah jawaban cukup untuk batu ginjal. Anda tetap harus mengurangi asupan garam dalam makanan dan lebih baik memakai garam dengan basis kalium namun lebih baik kurangi asupan garam harian anda sebab garam menjadi salah satu pantangan makanan yang dihindari penderita batu ginjal.

Selain itu dalam diet untuk mencegah batu ginjal, konsumsi juga daging dan juga ikan setiap kali makan dalam porsi kecil. Sementara untuk saran diet terakhir namun juga penting dilakukan adalah meningkatkan asupan cairan antara 1.5 hingga 2 liter per hari agar pembuangan air seni bisa diperbanyak.

Manfaat limun untuk batu ginjal ini bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya ciri ciri penyakit batu ginjal karena kandungan sitrat tinggi yang setara dengan sitrat kalium yakni pengobatan yang biasanya diberikan dokter untuk mencegah dan mengatasi batu ginjal oleh dokter. Untuk itu, minum limun tanpa gula sangat disarankan agar anda bisa terhindar dari batu ginjal atau kencing batu.

Sponsors Link
>
, , , ,