Sponsors Link

10 Khasiat Jahe Untuk Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Menderita beberapa gangguan ginjal yang menghambat aktivitas sehari-hari seperti  gagal ginjal kronis dan kista ginjal polikistik bukanlah hal yang mudah dan tentu saja diinginkan oleh semua orang. Memiliki sistem ekskresi yang terganggu dan tidak sehat merupakan hal yang buruk dan tidak diharapkan akan terjadi karena dengan rusaknya sistem ekskresi, sistem lain dalam tubuh dapat terpengaruh untuk rusak dan kemudian tidak mampu berfungsi sama sekali.

ads

Untuk menghindari hal tersebut, anda harus menerapkan pola makan dan hidup yang sehat bagi tubuh anda sendiri. Karena jika anda memiliki pola makan dan hidup yang berantakan, kesehatan ginjal anda tidak akan terjamin dengan baik. Untuk itu, mulailah dengan mengonsumsi makanan dan minuman degan bahan alami atau herbal yang jelas aman dan efektif untuk anda. Salah satu nya adalah dengan memanfaatkan jahe sebagai obat dari gangguan ginjal anda.

Jahe sendiri tergolong ke dalam tanaman rimpang yang sangat terkenal sebagai bahan obat tradisional dan rempah-rempah beraroma kuat. Selain itu, jahe juga terkenal akan khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari masuk angin hingga gangguan ginjal.

Kandungan Jahe 

Dalam perannya mengobati berbagai macam penyakit dan gangguan paa tubuh khususnya ginjal, jahe memiliki banyak sekali nutrisi yang terdiri dari vitamin dan mineral. Berikut ini disajikan daftar kandungan setiap 100 gram jahe yang dapat anda terima:

  • Kalori: 79 kcal
  • Lemak jenuh: 0,2 g
  • Lemak tak jenuh tunggal: 0,2 g
  • Lemak tak jenuh ganda: 0,2 g
  • Kolesterol: 0 g
  • Natrium: 13 mg
  • Kalium: 415 mg
  • Karbohidrat: 18g
  • Serat Pangan: 2g
  • Gula: 1,7 g
  • Protein: 1,8 g
  • Vitamin C: 5 mg
  • Kalsium: 16 mg
  • Zat Besi: 0,6 mg
  • Vitamin B6: 0,2 mg
  • Magnesium: 43 mg

Setelah anda mengetahui banyaknya kandungan vitamin dan mineral di dalam jahe, tentu saja anda mulai yaki dengan khasiat jahe untuk ginjal yang ternyata sangat banyak. Namun, apa sajakah khasiat jahe untuk ginjal itu? Apakah hanya untuk penyakit atau gangguan tertentu saja? Maka dari itu, mari simak bersama-sama macam-macam khasiat jahe untuk ginjal anda:

1. Meningkatkan Kualitas Ginjal

Jika anda adalah penderita batu ginjal dan anda baru selesai menjalani operasi batu ginjal, anda dapat mengonsumsi seduhan jahe hangat untuk mengambalikan kualitas kesehatan ginjal anda seperti semula. Biasanya, setelah penderita batu ginjal melakukan operasi batu ginjal, kualitas kesehatan akan menurun  atau tidak seperti sebelumnya yaitu melemah. Maka dari itu perlu asupan makanan atau minuman yang mampu meningkatkan kualitas ginjal anda secara perlahan dan pertahap namun pasti.

Sponsors Link

2. Mecegah Kerusakan Dinding Ginjal

Khasiat jahe untuk ginjal yang kedua juga ditujukan bagi anda yang memiliki penyakit batu ginjal baik yang masih tahap awal maupun yang sudah parah. Seperti yang sudah diketahui bahwa dengan keberadaan batu ginjal di dalam ginjal itu sendiri pasti akan menganggu aktivitas anda karena dapat menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Hal itu disebabkan oleh batu ginjal yang berjalan-jalan membentur dinding ginjal anda sehingga ginjal anda dapat rusak. Maka dari itu, dengan meminum air seduhan jahe yang mengandung vitamin untuk ginjal, dinding ginjal anda yang luka dan rusak dapat diperbaiki seperti semula.

3. Mempertahankan Kinerja Ginjal

Salah satu khasiat jahe untuk ginjal kali ini adalah dengan dapat membentu ginjal mempertahankan fungsinya sebagai pembersih ginjal. Selain itu, jahe dapat mendorong ginjal melakukan penghancuran batu ginjal yang berukuran kecil dengan sendirinya karena jahe memiliki zat anti peradangan, anti virus dan anti bakteri yang ketika dikonsumsi ketiga zat tersebut akan menghancurkan batu ginjal kecil yang baru terbentuk ataupun yang sudah lama terbentuk.

ads

4. Mempercepat Pembersihan Darah

Dalam tugasnya membersihkan darah, ginjal dapat dibantu dengan seduhan air jahe ini karena dengan mengonsumsi rebusan jahe secara rajin dan rutin, proses pembersihan darah akan lebih cepat dari biasanya. Selain itu, peggumpalan darah pada ginjal dapat dihindari. Karena dengan darah yang menggumpal tersebut batu ginjal dapat muncul serta aliran darah dapat tersbumbat.

5. Mengurangi Rasa Nyeri Pada Ginjal

Masih berhubungan dengan batu ginjal, jahe yang merupakan makanan pencuci ginjal juga dapat mengurangi rasa nyeri pada bagian ureter atau dinding kandung kemih anda yang pasti dilewati air seni yang mengandung batu ginjal. Hal itu sangat bisa terjadi karena setiap batu ginjal yang lepas dari kumpulan batu lainnya akan keluar lewat kandung kemih bersama dengan air seni. Maka dari itu, penderita kerap merasakan rasa nyeri yang tidak membuat nyaman. Hal yang dilakukan adalah dengan meminum rebusan jahe secara rutin untuk dapat mengurangi rasanya.

6. Meningkatkan Penyaringan Racun

Khasiat jahe untuk ginjal satu ini adalah dapat meningkatkan kinerja ginjal dalam hal penyaringan racun dalam ginjal itu sendiri. Karena pada dasarnya ginjal adalah organ sekresi yang mampu menyaring toksin atau racun yang ada di dalam darah sebelum darah tersebut dialirkan ke seluruh tubuh. Untuk mendapatkan darah yang penuh dengan kandungan nutrisi, darah harus disaring yang nantinya toksin atau racun tersebut dikeluarkan bersama air seni anda.

7.  Melancarkan Peredaran Darah Pada Ginjal

Ginjal yang sehat adalah ginjal yang memiliki peredaran yang lancar dan normal. Maka dari itu, dengan mengonsumsi jahe anda dapat menjamin bahwa ginjal anda sehat karena jahe mampu melancarkan peredaran darah disekitar ginjal sehingga pada proses pembersihan darah di dalam ginjal tidak akan tersendat-sendat.

8. Mengobati Infeksi Ginjal

Ginjal yang luka karena terkena gesekan atau benturan batu ginjal lama kelamaan dapat menimbulkan infeksi yang tentunya akan mengganggu penderita karena infeksi ini sama seperti jika kulit terluar kita terluka dan tidak kunjung kering dan sembuh, maka bila tersentuh atau tergesek sesuatu pasti akan sakit. Untuk dapat menyembuhkannya, anda dapat merebus jahe bersama kunyit secara bersamaan. Kunyit akan menyembuhkan luka infeksi ginjal dengan cepat sedangkan jahe dapat mengurangi rasa sakitnya.

9. Mecegah Terbentuknya Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk karena berkumpulnya atau terkristalnya mineral dan kalsium di dalam ginjal karena mineral dan kalsium tersebut tidak terbawa dengan air urin atau tidak terangkut oleh darah. Maka dari itu, untuk mencegah terbentuknya batu ginjal, anda dapat menambahkan akar tanaman alang-alang dan jahe dalam satu panci rebusan dan meminumnya secara rutin setiap hari.

Sponsors Link

10. Menyembuhkan Radang Ginjal

Ginjal yang sering terbentur oleh batu ginjal baik saat terjadinya penyaringan toksin maupun saat membuangnya bersama air seni akan mengalami luka dan menyebabkan  radang ginjal yang sangat mengganggu. Anda cukup merebus jahe ditambah sedikit gula aren untuk dapat menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit pada bagian ginjal anda.

Itulah macam-macam khasiat jahe untuk ginjal yang dapat anda terapkan dengan mudah dan praktis dirumah. Namun, selain menggunakan jahe, ada baiknya anda juga mengonsumsi macam-macam sayuran pembersih ginjal untuk memaksimalkan pengobatan yang dilakukan oleh jahe.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal