Sponsors Link

20 Khasiat Buah Sukun untuk Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Buah sukun adalah buah tanpa biji yang merupakan bahan penghasil karbohidrat yang tinggi. Awalnya buah sukun berasal dari Ocenia, kemudian buah sukun masuk ke indonesia pertama kali ke papua. Kemudian perlahan masuk ke pulau jawa dan pulau lainnya. Buah sukun mampu hidup pada cuaca suhu panas (20-40˚C), banyak hujan (2000–3000 mm pertahun) dan lembap (lengas nisbi 70-90%). Sukun sangat cocok hidup di dataran rendah. Orang-orang Eropa menyebut buah sukun sebagai buah roti (breadfruit), karena ketika dipanggang teksturnya menjadi empuk seperti roti. Pohon sukun sendiri mempunyai kayu yang lunak.

ads

Warna batangnya hijau kecoklatan dan mengandung getah pada semua bagiannya. Sebenarnya tanaman ini bisa tumbuh hingga 30 meter. Namun dalam kondisi indonesia rata-rata tumbuh dengan ketinggian 8-15 meter. Buah sukun memiliki bentuk bulat hingga lonjong. Beratnya berkisar 3-4 kg tergantung dari jenis varietasnya. Rata-rata diameter buah suku ini 20 cm dan panjang 30 cm. Warna buah sukun ketika muda hijau terang dan akan berubah menjadi kekuningan saat matang. Pada varietas tertentu ada yang berwarna kemerahan dan oranye kecoklatan. ( Baca juga : makanan penderita ginjal bocor )

Khasiat buah sukun untuk ginjal

  1. Sebagai Anti-oksidan

Khasiat buah sukun untuk ginjal yang pertama ialah sebagai antioksidan. Buah sukun mengandung zat antioksidan yang berguna dalam mencegah radikal bebas untuk masuk ke dalam tubuh. Karena dapat mencegah radikal bebas maka sukun ini dapat juga mencegah kanker untuk bertumbuh kembang termasuk di dalam ginjal.  ( Baca juga :cara mengobati gagal ginjal )

  1. Memiliki kandungan omega 3

Buah sukun mengandung omega 3 yang dapat menurunkan kolesterol. Seperti kita ketahui bahwa jika terlalu banyak kolesterol dalam tubuh maka akan mengganggu fungsi ginjal maka omega 3 ini sangat baik untuk menyeimbangkannya. Selain itu omega 3 juga sangat baik untuk perkembangan otak anak-anak. Sehingga baik untuk tubuh tidak hanya ginjal saja.  ( Baca juga : cara mengobati gagal ginjal )

  1. Kandungan protein rendah

Buah sukun memiliki kandungan yang rendah protein sehingga cocok untuk ginjal. Seperti yang kita ketahui bahwa protein yang  berlebihan membuat ginjal menjadi rusak.  ( Baca juga : tips menjaga kesehatan ginjal )

  1. Kandungan lemak rendah

Buah sukun memiliki kandungan yang rendah akan lemak. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa lemak dapat menimbulkan plak-plak pada aliran darah. Tentu plak-plak tersebut jika dibiarkan akan penyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kematian. Selain itu tersumbatnya pembuluh darah juga membuat aliran darah ke ginjal terhambat. Akhirnya ginjal tidak dapat pasokan darah dan menjadi rusak.  ( Baca juga : khasiat buah mengkudu untuk ginjal )

  1. Memiliki banyak serat

Buah sukun memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia terlebih untuk mengurangi lemak dan kolesterol. Selain itu serat juga berguna untuk memperlancar buang air besar. Oleh karena itu serat berguna untuk ginjal manusia.  ( Baca juga : khasiat buah manggis untuk ginjal )

  1. Dapat mengobati infeksi

Daun suku memiliki kandungan yang dapat mengatasi infeksi yang terjadi pada tubuh. kandungan antioksidan yang dimiliki juga dapat membuat ginjal terhindar dari infeksi.  ( Baca juga : ciri ciri batu ginjal pada wanita )

  1. Sebagai sumber energi

Buah sukun kaya akan karbohidrat sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber energi untuk manusia. Dengan energi yang mencukupi maka tubuh akan semakin kuat terhadap bakteri bakteri yang akan masuk ke tubuh termasuk untuk menyerang organ ginjal.  ( Baca juga : cara mengobati ginjal secara tradisional )

  1. Mengandung banyak mineral

Khasiat buah sukun untuk ginjal yang selanjutnya ialah sebagai sumber mineral. Buah sukun mengandung banyak mineral. Mineral-mineral tersebut baik yang dapat mengatasi berbagai penyakit ginjal.  ( Baca juga : cara mengobati ginjal bocor )

Sponsors Link

  1. Mengatasi sulit defekasi

Kandungan serat yang dimiliki buah sukun sangat bermanfaat untuk proses buang air besar. Serat tersebut dapat memperlancar jalannya proses defekasi tersebut.  ( Baca juga : cara mengobati ginjal bengkak )

  1. Kaya akan vitamin C

Buah sukun memiliki banyak kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai antioksidan untuk membunuh virus-virus yang ingin masuk ke dalam tubuh .  ( Baca juga : ciri ciri infeksi ginjal )

  1. Mengandung kalium

Buah sukun mengandung kalium yang berguna untuk menyeimbangkan cairan tubuh. fungsi ginjal diantaranya sebagai penyeimbang cairan tubuh dengan memproses pengeluaran urin. Tentu dengan adanya kalium produksi urin lancar dan sangat baik untuk kesehatan ginjal.  ( Baca juga : diabetes insipidus )

  1. Dapat menurunkan tekanan darah

Buah sukun mengandung kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Seperti yang kita tahu bahwa hipertensi dapat berhubungan dengan kondisi ginjal seseorang.  ( Baca juga : penyebab kista di ginjal )

  1. Mengendalikan gula darah

Buah sukun memiliki kandungan yang dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. jika terlalu banyak gula darah tentunya tidak baik untuk ginjal.

ads
  1. Menjaga berat badan

Buah sukun rendah kolesterol dan lemak sehingga baik untuk diet. Berat badan yang berlebih juga dapat berefek pada kerusakan kondisi ginjal.  ( Baca juga : makanan pembersih ginjal )

  1. Menghentikan pendarahan

Buah sukun mampu menghentikan pendarahan dan membuat kesehatan kembali sedia kala.  ( Baca juga : penyebab uremia )

  1. Mampu menyembuhkan liver

Liver dan ginjal berhubungan dengan penyebab utamanya rata-rata karena rokok. Buah sukun mampu menyembuhkan peradangan yang terjadi pada lover ini.  ( Baca juga : pielonefritis )

  1. Mengobati alergi

Buah sukun juga berguna untuk membunuh bakteri. Bakteri-bakteri tersebut adalah penyebab alergi.  ( Baca juga : ketosis )

  1. Mencegah kanker

Buah sukun memiliki kandungan yang dapat mencegah kerusakan sel. Sel yang rusak dapat menyebabkan kanker, oleh karena itu sukun dapat mencegah timbulnya kanker termasuk dalam ginjal.  ( Baca juga : kebiasaan yang bisa merusak ginjal )

  1. Mencegah hipertensi

Buah sukun dapat menurunkan tekanan darah sehingga mencegah timbulnya  hipertensi. Hipertensi tidak baik untuk kesehatan ginjal.

  1. Meningkatkan imun

Tubuh manusia memiliki imun. Buah sukun ini mampu meningkatkan imun yang ada dalam tubuh manusia. Hal ini menyebabkan seseorang tidak mudah terkena penyakit. ( Baca juga : sistitis )

Selain buahnya, daun dari sukun tidak kalah memiliki manfaat.

Manfaat Daun Sukun:

  • Mampu menurunkan kadar gula darah : Tidak hanya buah sukun, daun sukun juga mampu menurunkan kadar gula darah manusia sehingga baik untuk ginjal.
  • Mampu menurunkan kolesterol : Daun sukun juga mampu mengatasi kolesterol jahat. Kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan ginjal.
  • Mampu menyembuhkan penyakit ginjal : Daun sukun memiliki kandungan flavonoid dan sitosterol yang dapat menyembuhkan penyakit ginjal.
  • Memiliki mineral yang tinggi : Daun sukun memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan ginjal. Daun sukun mampu melunakan batu ginjal.
  • Dapat mencegah inflamasi : Daun sukun memiliki kandungan yang dapat mengatasi inflamasi atau peradangan yang ada pada tubuh manusia. Hal ini tentu berguna untuk ginjal yang telah memiliki peradangan.
  • Tinggi serat : Sama seperti buahnya, daun sukun juga banyak mengandung serat. Hal ini tentu berguna untuk kesehatan ginjal manusia agar tidak rusak.
  • Memperlancar pencernaan : Serat yang tinggi membuat daun sukun dapat memperlancar pencernaan. Jika pencernaan lancar maka tidak ada endapat dan fungsi ginjal dapat berjalan dengan baik.
  • Berguna untuk diet kalori : Kandungan yang rendah kalori sangat berguna untuk kesehatan ginjal. Hal ini karena kalori dapat membuat ginjal bekerja lebih ekstra. Maka dengan rendah kalori, ginjal akan lebih mudah bekerjanya.
    Sponsors Link

  • Mampu mengobati sakit jantung : Apa hubungannya jantung dengan ginjal? Tentu ada. Jantung sebagai pusat peradaran darah sangat behubungan dengan organ-organ lainnya. Tentunya jika jantung tidak dapat berfungsi dengan baik maka aliran darah ke ginjal juga tidak baik
  • Mampu melancarkan peradaran darah : Darah kaya akan oksigen. Jika peredaran darah lancar makan aliran oksigen ke sel-sel juga lancar. Tentunya apabila oksigen dalam sel memenuhi, kerusakan-kerusakan sel akan jarang terjadi.
  • Mampu memperlancar pengeluaran urine : Kandungan kalium pada daun sukun berguna memperlancar pengeluaran urine. Selain itu juga kalium ini dapat memecah batu ginjal yang selanjutnya akan larut bersama urin.
  • Kaya akan vitamin dan mineral : Daun sukun memilki vitamin dan mineral yang banyak yang baik untuk tubuh terlebih untuk ginjal. Vitamin dan mineral sngat dibutuhkan oleh ginjal untuk memproses asupan yang diterima.
  • Mencegah kanker : Daun sukun juga mampu mencegah timbulnya kanker dengan antioksidan yang dimiliki

Cara Pengolahan Daun Sukun :

  1. Ambil 5-10 lembar daun sukun yang berkualitas tidak rusak
  2. Cuci daun sukun tersebut hingga bersih
  3. Kemudian rebus daun sukun hingga mendidih. Daun sukun bisa dipotong-potongg ataupun tidak
  4. Tunggu hingga mendidih
  5. Setelah mendidih diamkan hingga daun sukun berubah menjadi hangat
  6. Kemudian saring daun dengan air rebusan daun sukun tersebut
  7. Bisa ditambahkan madu secukupnya
  8. Minum air rebusan daun sukun tersebut 1-2 kali sehari
  9. Dan jangan mambiarkan air rebusan ini terlalu lama karena mengurangi khasiat

Itulah beberapa manfaat dari buah sukun yang baik untuk kesehatan ginjal, tidak hanya buahnya yang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh tetapi daunnya juga bisa diolah menjadi ramuan yang bermanfaat bagi kesehatan ginjal.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan