Sponsors Link

23 Khasiat Buah Mengkudu untuk Ginjal (#Anda Wajib Tahu)

Sponsors Link

Mengkudu atau yang biasa disebut dengan noni merupakan  tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah maksimal ketinggan 1500m. Biasanya, masyarakat aceh menggunakan mengkudu sebagai sayur dan rujak. Namun, tak jarang juga buah mengkudu dijadikan sebagai obat-obatan. Namun karena aromanya yang menyengat terkadang masyarakat enggan menggunakannya. ( Baca juga : ciri ciri batu ginjal pada wanita )

ads

Buah mengkudu memiliki daun yang tebal rata dan besar-besar. Pada bunganya terdapat mirip corong dengan panjang 1.5 cm dan tangkai bunganya 4 cm. Pohonnya sekitar 4-6 meter, berbentuk kaku dan memiliki akar tunggang serta dahannya kasar dengan warna coklat menuju abu-abu. ( Baca juga : cara mengobati ginjal secara tradisional ).

Khasiat Buah Mengkudu untuk Ginjal

  1. Mengkudu dapat menangkal radikal bebas

Mengkudu mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh seperti protein, vitamin, dan mineral. Selain itu mengkudu juga mengandung antioksidan yang hebat yaitu selenium. Buah mengkudu megandung 150 fitronutrien yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Fitronutrien sangat bermanfaat untuk anti-inflamasi, anti-virus, anti-bakteri, meningkatkan imunitas seluler dan berperan untuk perbaikan sel tubuh. ( Baca juga : cara mengobati ginjal bocor )

  1. Mengkudu dapat memulihkan sel sel tubuh

Mengkudu mengandung terpenoid yang dapat membantu proses sintesus organic dan memulihkan sel-sel tubuh. Sel sel tubuh yang rusak juga akan membuat tubuh itu sendiri menjad sakit.  ( Baca juga :cara mengobati ginjal bengkak )

  1. Mengkudu dapat membunuh bakteri penyebab dari infeksi

Mengkudu mengandu zat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri-bakteri jahat seperti Escherichia coli bahkan dapat membunuh yang bakteri yang mematikan seperti Staphylococcus aureus dan juga bakteri yang dapat menyerang ginjal dan menyebabkan penyakit ginjal. ( Baca juga : ciri ciri infeksi ginjal )

  1. Mengkudu dapat menurunkan penyebab kanker

Mengkudu mengandung zat anti bakteri yang daoat mencegah timbulnya kanker atau sel-sel yang abnormal. Termasuk kanker ginjal. ( Baca juga :  diabetes insipidus)

  1. Mengkudu dapat mengurangi alergi

Mengkudu mengandung scolopetin yang dapat menyingkirkan peradangan dan mengurangi alergi. Beberapa orang mengalami alergi yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada tubuhnya. ( Baca juga :  penyebab kista di ginjal)

  1. Mengkudu dapat memperlancar peredaran darah

Mengkudu mengandung zat scopoletin yang dapat memperlebar pembuluh darah sehingga dapat memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang baik akan mampu membawa oksigen ke ginjal. ( Baca juga : hematuria )

  1. Mengkudu dapat mencegah tumor

Mengkudu mengandung zat yang dapat membunuh dan mencegah sel tumor membesar. Tumor dapat muncul dimana saja termasuk di dalam ginjal. ( Baca juga : glukosaria )

  1. Mengkudu dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Mengkudu mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mengurangi penyakut yang masuk. Daya tahan tubuh yang baik akan menghalangi masuknya bakteri dan virus yang akan menyerang ginjal. ( Baca juga : ketosis )

  1. Mengkudu dapat mengurangi rasa sakit

Mengkudu mengandung zat-zat tertentu yang dapat meminimalisir rasa sakit. Baik karena luka luar atau luka dalam seperti sakit karena penyakit ginjal. ( Baca juga :  macam macam penyakit ginjal)

Sponsors Link

  1. Mengkudu dapat menurunkan tekanan darah

Mengkudu mengandung zat yang dapat mengurangi hipertensi seseorang. Seperti diketahui bahwa hipertensi berhubungan dengan ginjal, makan dengan mengurangi hipertensi akan dapat mengurangi sakit ginjal juga. ( Baca juga : ciri ciri ginjal bocor )

  1. Mengkudu dapat melancarkan sistem pencernaan

Khasiat Buah Mengkudu untuk Ginjal yaitu Mengkudu memiliki kadar serat yang tinggi. Hal ini tentunya sangat berguna bagi sistem pencernaan karena dpat memperlancar sistem pencernaan.  Mengkudu yang kaya akan serat membuat sistem pencernaan lancar sehingga tidak ada lemak jahat yang tertimbun dalam tubuh. Tentunya hal ini dapat menurunkan berat badan dengan cara yang menyehatkan. ( Baca juga : ciri ciri ginjal bocor )

  1. Mengkudu dapat menurunkan kolestrol jahat

Mengkudu mengandung xeronine dan proxeronine yang dapat menurunkan kadar kolestrol jahat. Hal ini tentu dapat berguna bagi tubuh dalam mempertahankan ginjalnya. ( Baca juga : ciri ciri penyakit batu ginjal )

  1. Mengkudu dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar

Mengkudu memiliki kandungan antibakterial, menurunkan kolestrol jahat serta memperlancar sistem peredaran darah. Hal ini tentunya membuat tubuh lebih sehat dan bugar. ( Baca juga : ciri ciri ginjal sehat )

ads
  1. Mengkudu dapat menurunkan kadar gula darah

Mengkudu mengandung proxeronine yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita. Terlalu banyak kadar gula dalam darah kita sangat tidak baik untuk kesehatan terutama kesehatan ginjal. ( Baca juga : ciri ciri ginjal rusak )

  1. Mengkudu dapat mengatasi diabetes

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa mengkudu dapat mengurangi gula darah dalam tubuh. hal ini tentunya juga berefek pada menurunnya seseorang terkena diabetes. Diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. ( Baca juga : cara mengobati batu ginjal )

  1. Mengkudu dapat mengatasi keracunan

Mengkudu dipercaya mampu mengeluarkan zat-zat berbahaya atau racun dari dalam tubuh. hal ini telah dibuktikan oleh penili yang berasal dari univeristy of yale. Racun yang tertumpuk di ginjal akan menyebabkan batu ginjal. ( Baca juga : ginjal polikistik )

  1. Mengkudu dapat meningkatkan energi dalam tubuh

Mengkudu mengandung protein dan kalpri yang cukup menambah energi dalam tubuh. selain itu juga dapat membantu mengembangkan sel-sel serta jaringan pada tubuh. ( Baca juga : cara mengobati batu ginjal )

  1. Mengkudu dapat menyembuhkan hepatitis

Mengkudu mengandung zatyang dapat menyembuhkan hepatitis. Hepatitis sangat berhubungan dengan ginjal oleh karena itu dengan menyembuhkan hepatitis juga akan memperbaiki fungsi ginjal. ( Baca juga : penyebab ginjal mengecil )

  1. Mengkudu dapat mengatasi infeksi peradangan usus

Mengkuud mengandung zat scolopetin yang dapat membunuh bakteri-bakteri pada usus sehingga tidak menimbulkan peradangan pada usus. ( Baca juga :penyebab ginjal bocor )

  1. Mengkudu daoat mengurangi stress

Mengkudu dapat memperlancar peredaran darah. Alirna darah yang lancar juga akan berdampak pada pemikiran yang jernih karena kaya akan oksigen di dalam otaknya. Oleh karena itu, seseorang akan lebih jarang terkena stres ketika oksigen dalam otaknya terpenuhi. Stress dengan ginjal tentu berhubungan. Jika seseorang stress biasanya akan berpengaruh ke dalam sistem urin. Jika urin terhambat maka akan menjadi kristal-kristal yang lama-lama akan menjadi batu pada ginjal. Hal ini tentu jika dibiarkan terus menerus akan merusak kondisi ginjal itu sendiri. ( Baca juga : ciri ciri ginjal bermasalah )

  1. Mengukudu dapat melancarkan pengeluaran urin

Mengkudu dapat memperlancar proses pengeluaran urin sehingga sangat baik untuk ginjal. ( Baca juga : ciri ciri ginjal sehat )

  1. Mengkudu dapat mencegah tumor dan kanker

Khasiat Buah Mengkudu untuk Ginjal yaitu Mengkudu mempunyai kandungan zat yang dapat meminimalisir kemungkinan seseorang terkena kanker dan tumor, termasuk tumor dan kanker yang ada dalam ginjal. ( Baca juga : cara mengobati batu ginjal )

  1. Mengkudu dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Mengkudu memiliki antioksidan sehingga tidak akan ada radikal bebas yang masuk yang dapat merusak ginjal. Ginjal adalah tongak utama dalam sistem tubuh. jadi ketika ginjal sudah tidak berfungsi maka akan berimbas ke penyakit-penyakit lainnya. ( Baca juga : penyebab ginjal bengkak )

Cara pengolahan mengkudu

Untuk pengolahan mengkudu sendiri rata-rata mengolahnya dengan menjadikan jus:

  1. Menyiapkan mengkudu sekitar 2-3 buah yang belum matang kemudian di cuci hingga bersih
  2. Setelah itu buang biji mengkudu agar ketika diblender dapat lebih hancur
  3. Masukan ke dalam blender dengan ditambah air hangat
  4. Lalu bisa tambahkan madu agar rasanya lebih enak
  5. Kemudian blender hingga halus dan berbentuk jus
Sponsors Link

Namun selain ini juga ada beberapa pengolahan mengkudu sesuai dengan fungsi yang nantinya akan diberikan:

  • Untuk memperlancar pengeluaran urin
    • Buah mengkudu sebanyak 2 buah dicuci hingga bersih
    • Kemudian parut buah tersebut
    • Setelah itu campurkan dengan 1 sendok makan garam
    • Lalu peras ramuan tersebut dengan kain
    • Hasil perasan tersebut dapat diminum 3x sehari
  • Untuk mengatasi hipertensi
    • Mengkudu sebanyak 2 buah dibuang bikinya kemudian diparut
    • Sebelumnya parut mentimun kemudian peras
    • campurkan dengan parutan mengkudu ditambah dengan gula aren dan air panas 2 gelas
    • lalu setelah itu saring dan airnya diminum sebanyak 3x sehari
  • Untuk mengatasi diabetes
    • Ambil beberapa helai daun mengkudu kemudian cuci hingga bersih
    • Setelah dicuci rebus daun tersebut hingga matang
    • Lalu makan daun rebusan ini
  • Untuk mengatasi hepatitis
    • Ambil 2 buah mengkudu kemudia di parut.
    • Hasil parutan tersebut diperas
    • Hasil perasan di campur dengan gula batu
    • Kemudia minum 2x sehari

Itulah beberapa Khasiat Buah Mengkudu untuk Ginjal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal, untuk mengolahnya pun tidak sulit dan tidak memakan banyak waktu. Selamat mencoba dan terus jaga kesehatan ginjal.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan