Sponsors Link

20 Khasiat Buah Manggis untuk Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Manfaat Manggis Untuk Ginjal, Manggis merupakan obat herbal yang ampuh untuk ginjal. Kulit dan buahnya sama-sama memiliki manfaat. Manggis mengandung zanthones yang dapat mengatasi batu ginjal, sedangkan kulitnya mengandung antiinflamasi, antiprolerativ, antimicrobial, vitamin C dan Vitamin E. ( Baca juga : cara mengobati ginjal secara tradisional )

ads

Khasiat Buah Manggis untuk Ginjal

1. Mencegah ginjal polykistik

Manggis dapat meringankan penyakit ginjal polykistik.Kulit manggis memiliki efek diuretic yang mampu mengeluarkan batu ginjal melalui urin. Kulit manggis juga bersifat basa sehingga mampu mencegah terbentuknya batu ginjal. Batu asam urat berkembang dalam urin asam. Dengan menetralkan keasaman urin, batu-batu ginjal akan terhambat dari pembentukannya. ( Baca juga : cara mengobati ginjal bocor )

2. Membantu Proses Filtrasi

Manggis mempunyai kulit yang mengandung senyawa yang dapat membantu proses elektrolit tubuh dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu manggis dapat membantu ginjal dalam proses filtrasi. ( Baca juga : cara mengobati ginjal bengkak )

3. Mencegah Kanker Ginjal

Manggis dapat mencegah kanker termasuk kanker ginjal. Ekstrak buah manggis dapat mencegah pertumbuhan sel pada penderita leukimia, dan perkembangan sel-sel kanker juga akan teratasi karena manggis memiliki kandungan zat xanthones. Kulit buah manggis memiliki sifat antiproliferasi yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel- sel kanker. Selain itu kandungan ini juga mampu menghancurkan sel kanker. ( Baca juga : ciri ciri infeksi ginjal )

4. Mengurangi Berat Badan

Zat Xanthones yang terdapat pada manggis selain dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker juga dapat mengubah zat makanan menjadi energi dengan cepat. Sehingga berat badan lebih terorganisir. Berat badan berlebih dapat menimbulkan risiko lebih besar terkena penyakit ginjal. ( Baca juga : diabetes insipidus )

5. Menghilangkan Rasa Sakit

Buah manggis yang dikonsumsi secara rutin dipercaya dapat menghilangkan atau mengurangi rasa sakit. Pada penderita ginjal mereka sering mengalami rasa sakit pada pinggang ataupun perut, manggis dapat mengurangi rasa sakit tersebut. ( Baca juga : penyebab kista di ginjal )

6. Menjaga Saluran Kencing

Zat xanthones yang ada pada manggis juga dapat mengaktifkan anti bakteri. Hal ini tentu sangat berguna bagi manusia yang telah mulai tua karena kondisi otot-otot yang menurun sehingga beberapa ada yang mengalami pembesaran prostat sehingga dapat menimbulkan infeksi karena banyaknya bakteri yang ada pada saluran kencing. Kulit buah manggis terkenal memiliki daya anti mikroba terhadap beberapa bakteri seperti Staphylococcus aureus. ( Baca juga : makanan pembersih ginjal )

7. Melawan Radikal Bebas

Manggis mengandung cetechins yang dapat berguna untuk melawan radikal bebas yang ada pada tubuh. buah manggis juga banyak mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. selain itu terdapat juga Antosianain. Antosianin merupakan kelompok pigmen yang terdapat di dalam tanaman, dan biasanya banyak ditemukan pada bunga, sayuran, dan juga buah- buahan. Antosianin ini juga memiliki kemampuan anti oksidan yang baik dan juga memiliki peranan yang penting dalam mencegah beberapa penyakit. Manggis juga memiliki Anti- Inflamasi pada kulit manggis. Kandungan ekstrak etanol yang ada di dalam kulit buah manggis mampu meredam adanya radikal bebas secara kuat. Dengan sistem tubuh yang kuat maka bakteri tidak dapat masuk menyerang tubuh termasuk menyerang ginjal.( Baca juga : makanan perusak ginjal )

Sponsors Link

8. Menurunkan Kolestrol

Kadar gula yang berlebih dapat menyebabkan penyakit pada ginjal. Zat xanthones pada manggis juga dapat menurunkan kolesterol. Kolesterol jahat dapat menyempitkan pembuluh darah jika tidak ditangani dengan baik. ( Baca juga : penyebab uremia )

9. Memperkuat Pembuluh Darah

Xanthones dapat mengurangi penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. ( Baca juga : pielonefritis )

10. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Manggis dapat menormalkan berat badan sehingga dapat menurunkan kadar seseorang terkena stroke atau tekanan darah tinggi. Sementara seperti diketahui bahwa hipertensi merupakan salah satu penyakit yang mendukung adanya penyakit ginjal. ( Baca juga : kelainan ginjal )

ads

11. Menjaga Sistem Pencernaan

Zat xanthones pada manggis dapat membantu lambung dalam mengurangi bakteri-bakteri yang dapat menimbulkan diare, mencegah terjadinya radang usus besar, menurunkan penyakit asam lambung yang terangkat di tenggorokan, mencegah sindrom kelainan pada usus besar, dan mencegah terjadinya radang usus kecil. Tanin merupakan salah satu senyawa yang terkandung dalam kulit buah manggis. Tanin ini memiliki sifat anti- oksidan yang mampu menghambat enzim- enzim tertentu. Tanin ini juga disebut sebagai anti- nutrisi karena mampu membentuk kompleks kuat dengan protein sehingga menghambat penyerapan protein dalam pencernaan. ( Baca juga : ciri ciri ginjal bocor )

12. Menjaga Kesehatan Anak

Khasiat Buah Manggis untuk Ginjal seperti kulit manggis untuk anak dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, meringankan penyakit wasir, menyembuhkan luka dan dapat membantu memperbaiki syaraf yang rusak. Sel sel yang rusak pada tubuh manusia termasuk tubuh anak anak dapat menyebabkan kerusakan fungsi organ termasuk organ ginjal. ( Baca juga : macam macam penyakit ginjal )

13. Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Pada buah manggis terdapat zat-zat yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar gula darah menjadi normal. Diabetes merupakan salah satu pendukung datangnya berbagai penyakit ginjal. ( Baca juga : ciri ciri penyakit batu ginjal )

14. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Antioksidan yang dimiliki manggis dapat meningkatlah perlindungan tubuh dari macam-macam penyakit dan dapat juga membuang radikal bebas yang dapat menimbulkan kanker. Sistem kekebalan yang kuat akan mampu menghadang masuknya bakteri dan virus yang dapat menimbulkan infeksi pada ginjal. ( Baca juga : hematuria )

15. Menyembuhkan Peradangan Ginjal.

Manggis dapat menyembukan peradangan yang terjadi pada ginjal dan memperbaiki komunikasi antarsel
Seperti disebutkan sebelumnya bahwa salah satu manfaat manggis adalah anti-inflamasi sehingga dapat membantu mengatasi luka atau peradangan yang ada di ginjal. Selain itu membangun komunikasi antar sel sehingga menciptakan regenerasi yang lebih baik. ( Baca juga : tanda awal gagal ginjal )

16. Meningkatkan Energi

Buah manggis dipercaya dapat menambahkan stamina dan energi. Energi yang meningkat membuat sistem imunitas kuat sehingga bakteri dan virus tidak dapat menyerang tubuh manusia. Beberapa orang yang memakannya mengaku staminanya bertambah setelah mengkonsumsi buah manggis. ( Baca juga : macam macam penyakit ginjal )

17. Mengatasi Batu Ginjal

Manggis dapat membantu menghancurkan batu ginjal yang terdapat di dalam ginjal. Batu ginjal dapat menghalangi aliran keluanya zat zat tidak berguna dari dalam tubuh. ( Baca juga : tanda awal gagal ginjal )

18. Mencegah Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dapat berkembang dan terus menjadi penyakit yang mematikan. Dengan mengkonsumsi manggis, dipercaya akan mencegah penyakit ginjal berbahaya ini berkembang. ( Baca juga : ciri ciri ginjal rusak )

19. Menjadi Pagar Masuknya Bakteri

Dengan mengkonsumsi manggis berarti membuat pagar dalam tubuh kita untuk masuknya bakteri dan virus. Bakteri dan virus akan menyerang organ tubuh dan organ organ lainnya dalam waktu bersamaan. ( Baca juga : ciri ciri ginjal sehat )

20. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Khasiat Buah Manggis untuk Ginjal juga bisa sebagai sistem imun tubuh yang lemah akan membuat sistem imun itu tidak menyerang bakteri bakteri yang berbahaya namun justru menyerang sel sel yang sehat yang ada dalam tubuh. Sistem imun yang lemah ini yang dapat menyebabkan penyakit termasuk penyakit ginjal.

Sponsors Link

Cara Mengolah Kulit Manggis untuk Mengatasi Ginjal :

  • Siapkan  beberapa kulit manggis yang segar
  • Bersihkan kulit manggis tersebut menggunakan air serta potong kecil-kecil
  • Setelah itu, jemur kulit tersebut di bawah panas matahari hingga benar-benar kering agar tidak berjamur ketika disimpan.
  • Kemudian setelah kering haluskan dengan menggunakan blender atau dapat juga menggunakan mesin penggiling kopi hingga halus dan menghasilkan serbuk-serbuk
  • Setelah itu, serbuk ini dapat langsung di seduh dengan air panas dengan takaran 1 sendok makan serbuk manggis di tambah dengan 1 sendok makan madu murni dan air panas
  • Dalam sehari dapat meminum 2x secara teratur sebelum makan pagi dan sore hari

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

  1. Memperbanyak minum air putih : Dengan banyak minum air putih, kerja ginjal akan lebih ringan dan pembuangan urin menjadi lancar. Ini lantaran hampir 70% dari tubuh manusia membutuhkan air putih.
  2. Melakukan olahraga secara rutin : Rutin berolahraga dapat menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh. banyak hal yang didapat dari berolahraga, mulai dari membantu menjaga kesehatan paru-paru, jantung hingga ginjal. Selain itu dengan rutin melakukan olahraga juga dapat membantu melancarkan pembentukan urin. Oleh karena itu dengan lancarnya produksi urin juga akan memberikan kesehatan bagi ginjal.
  3. Menjaga berat badan : Berat badan yang bertambah menyebabkan lemak juga ikut bertambah dan tertimbun sehingga ginjal akan tertekan. Ginjal yang tertekan tersebut menyebabkan terhambatnya proses pengeluaran urin.
  4. Menjaga tekanan darah : Tekanan darah dapat berpengaruh untuk ginjal. Semakin tinggi tekanan darah dapat menimbulkan penyakit pada ginjal.
  5. Memperhatikan pola makan : Makanan yang kurang sehat dan tidak terpantau dapat membuat ginjal kerja lebih ekstra. Lemak jenuh sangat berbahaya bagi ginjal. Fungsi ginjal sebagai penyaring racun mengharuskan kita untuk menjaga asupan makanan agar ginjal tidak bekerja sangat keras.
  6. Menjaga pola tidur dan istirahat : Tidak hanya makanan, pola tidur yang baik serta istirahat yang cukup juga dapat membantu ginjal agar tidak bekerja lebih keras.
  7. Menjaga kadar gula darah : Kadar gula yang dikonsusmsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal. Tidak jarang penderita diabetes akan juga memiliki masalah pada ginjal.
  8. Tidak mengkonsumsi obat sembarangan : Mengkonsumsi obat yang berat dapat membuat ginjal bekerja lebih berat juga. Maka dari itu obat-obat keras harus dengan petunjuk dokter agar tidak menyebabkan ginjal rusak
  9. Mengurangi mengkonsumsi makanan asin : Makanan asin yang berlebihan dapat membuat ginjal bekerja tidak maksimal. Biasanya makanan yang berkadar garam ini terdapat pada makanan siap saji dan penyedap rasa. Ketika garam mengendap dalam tubuh maka akan menjadi batu ginjal
  10. Menghindari alkohol dan rokok : Alkohol dan rokok sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal. Rokok terdapat nikotin yang dapat menyebabkan kanker ginjal

Itulah beberapa Khasiat Buah Manggis untuk Ginjal dan juga cara mengkonsumsinya. Jangan lupa pula untuk menjaga kesehatan ginjal kita agar terhindar dari berbagai penyakit ginjal.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan