Sponsors Link

Ketosis : Penyebab, Gejala, Ciri Ciri dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Pola hidup sehat adalah sesuatu yang harus Anda terapkan secepatnya. Zaman sekarang banyak sekali ditemui orang-orang yang ‘asal makan’. Sebagian dari mereka tidak suka makan dan sebagian lagi sangat gemar untuk mengkonsumsi makanan. Untuk beberapa orang, memang bukan suatu masalah jika terlampau banyak makan. Hal itu disebabkan karena tidak terlihat dampak apa-apa pada penampilan fisik mereka. Tak peduli seberapa banyak karbohidrat dan lemak yang mereka makan, tetap saja tidak berdampak signifikan pada berat badannya.

ads

Akan tetapi, ada juga orang yang dalam sistem metabolismenya, terlalu cepat menyerap makanan. Hal ini mengakibatkan tubuhnya dengan mudahnya untuk semakin membesar dengan berat badan yang tentunya sangat cepat untuk meningkat. Berat badan yang tidak terkontrol inilah yang dapat menyebabkan seseorang untuk kehilangan kepercayaannya. Selain itu, dalam dunia medis juga diketahui bahwa berat badan yang tidak terkendali juga dapat mengganggu kesehatan dan sistem yang sedang bekerja di dalam tubuh. Salah satu penyakit yang sering menjangkit mereka yang bermasalah dengan berat badan adalah diabetes dan penyakit jantung.

Selain jumlah asupan yang masuk di dalam tubuh, berat badan juga bergantung pada pembakaran di dalam tubuh. Salah satu cara yang dilakukan oleh orang-orang zaman sekarang adalah diet. Diet dipercaya dapat menurunkan berat badan seseorang. Dalam dunia kedokteran, istilah diet juga erat kaitannya dengan istilah ketosis. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai ketosis yang dilengkapi dengan pembahasan yang meliputi pengertian , penyebab, gejala, cara mengatasi dan ciri-ciri.

Pengertian Ketosis

Dalam sistem pembakaran di dalam tubuh, sejatinya makanan yang kita konsumsi akan diolah oleh tubuh untuk mengahsilkan energi. Energi inilah yang akan menjadi sumber tenaga Anda dalam melakukan aktivitas Anda. Selain itu, tubuh Anda juga akan menyimpan hasil pembentukan energi itu menjadi cadangan makanan bagi tubuh Anda. Oleh sebab itu, apabila Anda tidak mengkonsumsi makananan dalam sehari, Anda masih bisa melakukan kerja Anda, karena adanya cadangan makanan yang disimpan di dalam tubuh Anda.

Sejatinya, setiap manusia membutuhkan asupan karbohidrat untuk mendapatkan tenaga yang cukup. Apabila kekurangan karbohidrat, tentu akan berakibat juga pada kerja yang kita lakukan pada hari itu. Tentunya akan berbeda hasil kinera orang dengan asupan cukup dengan yang tidak. Bukan hanya aktivitas yang memerlukan tenaga atau fisik yang kuat, bahkan untuk berpikir juga memerlukan asupan karbohidrat yang cukup juga. Karbohidrat sangat mudah untuk Anda temukan di lingkungan Anda. Sebagai contohnya adalah nasi yang Anda konsumsi setiap hari.

Baca  juga:

Tenang saja. Adalah suatu kewajaran bagi tubuh Anda untuk menggunakan cadangan makanan dalam bentuk lemak ketika Anda tidak memiliki asupan karbohidrat yang cukup. Pembakaran lemak yang terjadi akan menghasilkan sesuatu yang dalam istilah medis dikenal sebagai keton. Secara fisik, orang tersebut juga akan mengalami penurunan berat badan akibat proses pembakaran tersebut. Sementara itu, kegiatan pembakaran lemak untuk menghasilkan tenaga tersebut dikenal sebagai keadaan tubuh yang ketosis. Meskipun hal ini adalah wajar untuk terjadi, namun bukan berarti Anda bisa melakukannya berlebihan. Karena apabila Anda memproduksi keton berlebihan akan membuat kesehatan Anda terancam. Salah satu hal buruk yang mungkin menyerang Anda adalah dehidrasi.

Sponsors Link

Penyebab

Secara umum, penyebab dari ketosis adalah diet yang terlalu ketat. Meskipun Anda sangat mengidam idamkan bentuk tubuh yang ideal dan menarik untuk dilihat, perhatikan juga kesehatan Anda. Terlalu ketat dalam menjalankan diet atau biasa juga disebut diet yang berlebihan akan mengancam kesehatan Anda.

Lemak-lemak yang Anda bakar di dalam tubuh Anda sebagai akibat dari kekurangan zat karbohidrat tersebut justru akan mengakibatnya tertumpuknya zat keton. Hal ini terjadi karena jumlah keton yang semakin tidak terkendali hingga berubah menjadi racun yang membahayakan Anda. Oleh sebab itu, perhatikanlah pola makan Anda.

Selain malas memberi asupan karbohidrat pada tubuh Anda, terlalu memporsir juga menjadi salah satu penyebab terjadinya ketosis. Hal ii terjadi karena asupan yang dibutuhkan untuk melakukan kinerja tersebut terlalu kecil dari yang seharusnya dikonsumsi. Untuk orang yang bekerja di lapangan, selain dibutuhkan untuk mengkonsumsi air cukup juga mengkonsumsi karbohidrat yang cukip pula.

Gejala

ads

1. Haus

Orang yang sedang menderita akibat ketosis, umumnya akan merasakan haus yang berlebihan. Bukan hanya itu. Rasa haus yang muncul terkesan tidak wajar karena mereka sering merasa haus walaupun sudah minum banyak air putih atau bahkan baru saja mengkonsumsinya. Biasanya, reaksi ini banyak ditemui pada orang yang suka mengkonsumsi mecin. Jika  terus dibiarkan, takutnya malah semakin parah. Oleh sebab itu, segeralah mengkonsultasikannya dengaan dokter.

2. Kencing Berlebihan

Karena adanya rasa haus yang berlebihan, maka juga akan memproduksi urin yang berlebih juga. Bahkan dengan kuantitas ke toilet yang lebih pula. Terlalu banyak mengeluarkan urin juga sangat tidak baik bagi tubuh. Meskipun air memang sangat dibutuhkan tubuh. Biasakanlah untuk mengkonsumsi segala macam asupan untuk tubuh dengan kadar yang tepat. Terlalu banyak mengkonsumsi air justru akan mengakibatkan seseorang kekurangan vitamin karena ikut terbuang bersama dengan urin.

3. Mudah Kelelahan

Mudah kelelahan juga termasuk akibat dari ketosis yang logis. Apabila Anda malas makan atau mengkonsumsi makanan dengan sangat sedikit, maka energi yang dapat Anda gunakan juga akan terbatas. Hal ini sangat tidak baik bagi Anda yang memang bekerja dengan energi yang besar. Bukan hanya itu, mudah kelelahan juga pastinya berdampak bagi kepuasan pelanggan Anda dalam melihat hasil kinerja Anda.

4. Pusing

Seperti kebanyakan orang yang kurang asupan karbohidrat, selain mudah kelelahan, pusing juga menjadi salah satu akibat dari ketosis. Pusing biasanya disebabkan karena otak dipaksa untuk bekerja keras tetapi tidak dilengkapi dengan asupan yang memadai. Ketika Anda sudah merasakan pusing, tentunya Anda tidak lagi berkonsentrasi dengan pekerjaan Anda sehingga dapat menjadi sesuatu yang merugikan bagi Anda.

5. Nyeri Perut

Nyeri yang dirasakan pada perut juga menjadi salah satu gejala ketosis. Hal ini terjadi karena terjadi gesekan di lambung akibat tidak adanya makanan dan harus dilakukannya produksi keton. Nyeri ini juga dikhawatirkan merambas ke hati.

Baca juga:

Ciri Ciri

1. Mulut Bau Keton

Bau mulut yang tidak wajar adalah menjadi ciri-ciri orang yng terkena ketosis. Bau mulut yang dimaksudkan adalah bau seperti pengecat kuku. Keton yang sudah terlanjut tersebat di darah memungkinkan hal ini terjadi. Oleh karena itu, segeralah periksa keadaan Anda ke dokter.

2. Sulit Bernafas

Selain aroma mulut yang tidak sedap yakni braroma keton, ciri-ciri lainnya juga ditemukan pada kemampuan seseorang tersebut untuk bernafas. Hal ini terjadi karena lemak sudah terlampau banyak dibakar di dalam tubuh dan menumpuknya keton di dalam tubuh Anda.

3. Kulit Memerah dan Kering

Selain dapat digunakan sebagai alat ekskresi, kulit juga dapat digunakan untuk mengetahui kondisi seseorang. Kulit yang kering dapat menandakan bahwa produksi keton yang Anda lakukan di tubuh Anda sudah berlebihan. Terlebih lagi apabila kulit kering tersebut menjadi kemerahan seperti alergi.

Baca juga:

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Cara mengatasi ketosis adalah mengatur kembali pola makan Anda, termasuk pola diet yang sedang Anda jalani sekarang. Diet memang tidak salah asalkan dilakukan dengan cara yang tepat. Kurangilah mengkonsumsi keton dengan berlebihan karena racun tersebut memang sangat membahayakan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat pergi ke dokter untuk mendapatkan penangan khusus. Jangan pernah menganggap enteng akan masalah kesehatan Anda termasuk ketosis ini. Apabila Anda menemukan kelima ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, jangan ragu-ragu untuk pergi ke dokter.

Kemudian, aturlah waktu makan Anda. Jika memang Anda sedang ingin mengurangi berat badan, kurangilah asupan makanan Anda bukan malah menghilangkan asupan makanan. Karena setiap cadangan juga pastinya memiliki batas persediaan. Minumlah dengan cukup dan bekerjalah dengan sewajarnya.

Demikian informasi mengenai ketosis. Melalui artikel ini, diharapkan pengetahuan Anda akan ketosis menjadi lebih baik. Anda dapat meenggunakan gejala yang disebutkan diatas untuk mencurigai apakah Anda terkena ketosis serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :