Sponsors Link

Kenapa Hipertensi Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal

Sponsors Link

Kenapa hipertensi bisa menyebabkan gagal ginjal? Bagi sebagian orang, pertanyaan ini sering diajukan. Penyakit hipertensi adalah salah satu penyebab seseorang mengalami gagal ginjal. Sebelum membahas lebih jauh hubungan sebab akibat antara kedua penyakit ini, kita cari tahu dulu apa itu penyakit hipertensi.

ads

Apa itu Hipertensi?

Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi, yaitu sebuah kondisi yang tergolong kronis dimana tekanan darah seseorang meningkat pada pembuluh darah bersih. Penyakit ini disebut juga dengan “silent killer” atau pembunuh diam-diam karena tidak ada gejala yang tampak dari luar. Satu-satunya cara agar Anda tahu tekanan darah Anda tinggi atau tidak adalah dengan memeriksanya dengan alat ukur tekanan darah secara berkala.

Faktor resiko hipertensi

Di Indonesia, hipertensi termasuk salah satu penyakit yang paling banyak menyerang masyarakat. Pada tahun 2013, sebuah survey menunjukkan bahwa penderita hipertensi di atas 18 tahun sejumlah 25.8 persen dari jumlah seluruh penduduk di Indonesia. Dari persentase tersebut, penderita hipertensi laki-laki hanya 9.4 persen, dan sisanya perempuan. Dengan demikian hipertensi menjadi salah satu penyebab kematian yang tertinggi di Indonesia.

Hipertensi bukan penyakit yang bisa menyerang sembarang orang. Berikut adalah faktor resiko seseorang mengalami hipertensi:

  • Berusia lanjut di atas 65 tahun. Tetapi kini penderita hipertensi juga banyak dari kalangan anak muda usia 20-an hingga orang dewasa usia 40-an.
  • Terlalu banyak mengonsumsi garam dan makanan asin.
  • Memiliki riwayat hipertensi dalam keluarga.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Tidak suka olahraga.
  • Tidak makan buah dan sayur.
  • Suka meminum minuman keras.
  • Terlalu banyak minum kopi dan minuman berkafein lainnya.

Bagaimana seseorang bisa dikatakan terkena hipertensi?

Seseorang divonis menderita hipertensi jika tekanan darahnya melebihi batas normal, yaitu di bawah 120/80 mmhg. Tekanan yang dimaksud disini adalah kekuatan darah dalam menekan saluran pembuluh darah bersih atau arteri saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Jika tekanan darah Anda mencapai 140/90 mmhg, maka Anda dikategorikan sebagai penderita hipertensi.

Kenapa hipertensi bisa menyebabkan gagal ginjal?

Gagal ginjal adalah salah satu hasil komplikasi dari penyakit hipertensi. Dengan demikian, seseorang yang mengalami hipertensi memiliki resiko yang sama besarnya untuk terkena penyakit gagal ginjal. Kenapa hipertensi bisa menyebabkan gagal ginjal?

1. Tekanan darah yang terlalu tinggi

Darah tinggi atau hipertensi adalah keadaan dimana aliran darah bersih menekan pembuluh arteri terlalu keras saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Ginjal termasuk organ yang menerima darah bersih tersebut. Tingginya tekanan darah bersih tidak hanya membahayakan organ ginjal saja, tetapi juga organ vital lain seperti otak, sistem saraf, dan jantung itu sendiri. Tidak heran banyak penderita hipertensi mengalami sakit kepala yang hebat saat tekanan darahnya meningkat.

2. Kondisi ginjal menjadi tertekan

Tekanan aliran darah yang meningkat saat melewati pembuluh darah bersih atau arteri membuat kondisi organ ginjal menjadi tertekan. Pada tekanan darah yang normal, aliran darah bersih ke ginjal tidak terlalu keras sehingga ginjal bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Namun aliran darah yang terlalu deras akibat naiknya tekanan darah justru membuat ginjal tidak bisa bekerja dengan baik. Inilah awal kenapa hipertensi bisa menyebabkan gagal ginjal. Kondisi ginjal yang tertekan adalah ciri ciri ginjal rusak yang wajib diketahui.

3. Pembuluh darah kecil di ginjal rusak

Tingginya tekanan darah membuat ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal. Posisi ginjal menjadi tertekan dan sebagai akibatnya pembuluh darah di ginjal mengalami kerusakan. Kondisi seperti ini harus diwaspadai, karena bisa jadi ini adalah ciri ciri ginjal bocor yang tidak Anda sadari. Pembuluh darah darah di ginjal bisa rusak karena pembuluh yang ada di organ ini adalah pembuluh darah yang kecil dan lembut. Karena ukurannya yang kecil, pembuluh darah di ginjal tidak mampu menerima tekanan darah yang terlalu besar.

4. Darah yang masuk ke ginjal tidak bisa disaring dengan baik

Hipertensi yang terjadi terus menerus dan tidak terkendali menyebabkan pembuluh darah yang kecil di ginjal semakin menyempit dan mengeras. Kondisi ini akan berujung pada efek domino yang menunjukkan tanda tanda ginjal mulai rusak. Sistem penyaringan pada ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik lagi karena kerusakan pembuluh darah. Sistem penyaringan ginjal menerima darah dari pembuluh darah kecil yang ada pada ginjal. Kerusakan pembuluh darah menyebabkan sistem penyaringan tidak bisa menerima suplai oksigen dan asupan nutrisi yang cukup untuk melakukan tugasnya. Apabila kondisi ini berlangsung dalam waktu yang lama, ginjal lama kelamaan tidak bisa lagi menjalankan fungsinya.

5. Penurunan fungsi ginjal menyebabkan gagal ginjal

Pengertian gagal ginjal adalah suatu keadaan dimana ginjal mengalami penurunan fungsi secara terus menerus. Pada kondisi ini, ginjal telah rusak dan tidak bisa lagi menjalankan fungsinya. Salah satu tanda kerusakan pada ginjal adalah ketidak mampuan ginjal menyaring protein dalam darah. Akibatnya urine menjadi berbusa, dan ini bisa menjadi gejala gagal ginjal kronis yang berbahaya. Ini adalah salah satu kondisi yang menjawab pertanyaan kenapa hipertensi bisa menyebabkan gagal ginjal. Penurunan fungsi ginjal adalah penyebab gagal ginjal dan cuci darah.

Tanda-tanda Orang yang Mengalami Komplikasi Hipertensi dan Gagal Ginjal

Penyakit darah tinggi atau hipertensi disebut sebagai pembunuh diam-diam bukan karena alasan. Penderita hipertensi tidak mengalami gejala yang signifikan ketika tekanan darahnya naik. Gejala yang paling umum adalah sakit kepala, yang lebih sering diabaikan dan tidak dianggap sebagai sebuah penyakit yang serius. Sama halnya dengan penyakit ginjal yang tidak menunjukkan gejala khusus. Pada kondisi yang sudah parah dan terjadi komplikasi antara hipertensi dan gagal ginjal, berikut tanda atau gejala yang sering muncul:

  • Mual dan muntah yang hebat dengan intensitas tinggi.
  • Nafsu makan menurun drastis yang berdampak pada penurunan berat badan.
  • Kulit menjadi sangat kering, kusam, dan menghitam.
  • Sering mengantuk dan mudah merasa lelah, meskipun tidak melakukan banyak aktivitas.
  • Sering mengalami gatal-gatal di seluruh tubuh.
  • Sering mengalami kram otot.
  • Dada terasa sangat nyeri dan napasnya tersengal-sengal.
  • Beberapa bagian tubuh membengkak.

Mencegah Terjadinya Komplikasi Hipertensi dan Gagal Ginjal

Jika Anda telah positif menderita hipertensi, segera lakukan pencegahan agar tidak terjadi komplikasi dengan organ lain seperti jantung, ginjal, dan diabetes. Berikut cara mencegah agar tidak terjadi komplikasi antara hipertensi dan gagal ginjal:

  • Memeriksakan diri ke dokter

Cek tekanan darah Anda ke dokter dan minta obat yang bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, terapkan pola hidup sehat agar tekanan darah tetap stabil dan tidak merusak keseimbangan fungsi organ lain.

  • Pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat adalah cara merawat ginjal agar tetap sehat dan terhindar dari komplikasi akibat hipertensi. Makan makanan rendah lemak dan bebas kolestrol serta perbanyak konsumsi protein nabati. Hindari daging merah dan makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula. Ketahui apa saja makanan sehat untuk ginjal dan pantangan makanan penderita ginjal. Jangan lupa untuk rutin berolahraga.

  • Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah salah satu faktor resiko hipertensi. Jaga berat badan tetap ideal dan melebihi indeks masa tubuh. Seseorang yang obesitas memiliki resiko lebih tinggi dan lebih mudah terjangkit berbagai penyakit dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan ideal.

  • Tidak merokok dan minum minuman keras

Rokok dan minuman keras mengandung banyak zat berbahaya yang tidak baik bagi tubuh Anda. Jauhi rokok dan minuman keras agar tubuh Anda tidak terserang penyakit yang dipicu oleh dua kebiasaa buruk tersebut.

Itulah beberapa jawaban atas pertanyaan kenapa hipertensi bisa menyebabkan gagal ginjal. Kedua penyakit ini memang berhubungan erat dan bisa menyebabkan komplikasi satu sama lain. Sebelum Anda terjangkit penyakit yang parah ini, hindari kebiasaan yang bisa merusak ginjal mulai dari sekarang. Menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting karena jika sudah terkena penyakit, sulit mengembalikan kondisi kesehatan seperti sedia kala. Terapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar diri Anda terbebas dari berbagai jenis penyakit.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :