Sponsors Link

Kenapa Diabetes Menyebabkan Gagal Ginjal? Ini Penyebabnya

Sponsors Link

Gagal ginjal adalah penyakit yang ditakuti oleh masyarakat. Bagaimana tidak, penyakit ini menyerang salah satu organ paling vital yang ada di tubuh. Seperti yang kita ketahui, ginjal bertugas untuk menyaring semua limbah, kotoran, dan sisa-sisa metabolisme yang ada dalam tubuh. Seseorang dikatakan mengalami gagal ginjal jika organ tersebut mengalami kerusakan yang terjadi secara bertahap, namun menjadi semakin parah seiring dengan berjalannya waktu. Pada kondisi ginjal yang rusak, organ tubuh ini mengalami penurunan fungsi

ads

Salah satu penyebab terbesar penyakit gagal ginjal adalah diabetes melitus. Di Indonesia sendiri, dari seluruh penderita gagal ginjal yang ada, 25 persen di antaranya disebabkan oleh diabetes. Namun masih banyak orang yang belum mengerti hubungan antara kedua penyakit ini, sehingga sering muncul pertanyaan kenapa diabetes menyebabkan gagal ginjal?

1. Terlalu banyak glukosa dalam darah

Pada penderita diabetes, hormon insulin yang bertugas untuk memasukkan glukosa ke dalam sel tidak bisa bekerja dengan baik. Penyebab hormon insulin tidak bisa bekerja dengan baik salah satunya adalah kurangnya kadar insulin dalam tubuh dan jumlah glukosa yang semakin meningkat. Padahal sel tubuh sangat membutuhkan glukosa untuk bisa menciptakan energi. Tidak heran jika penderita diabetes sering merasa lemas dan letih.

Indikasi banyaknya kadar glukosa yang ada dalam darah hanya bisa diketahui jika seseorang mengukur kadar gula dalam darahnya dengan alat. Karena tidak ada gejala lain yang bisa dilihat secara kasat mata, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka terkena diabetes. Pada sebagian kasus, penyakit diabetes baru diketahui setelah terjadi komplikasi.

2. Tidak ada glukosa yang masuk ke dalam sel ginjal

Selain memiliki sistem penyaringan, pada organ ginjal juga terdapat jutaan sel yang bekerja untuk metabolisme tubuh. Dalam proses metabolisme, dibutuhkan bahan bakar yaitu zat gizi yang masuk ke dalam tubuh seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Namun sumber utama pembakaran dalam tubuh adalah glukosa. Glukosa yang ada dalam makanan akan disaring oleh darah untuk kemudian didistribusikan ke semua sel yang ada dalam tubuh. Tugas ini dilakukan oleh hormon insulin.

Penderita diabetes tidak memiliki kadar insulin yang normal dalam tubuhnya. Kekurangan insulin dalam tubuh akan mengganggu proses metabolisme secara keseluruhan. Hal inilah yang sering terjadi pada penderita diabetes. Kurangnya zat insulin membuat asupan glukosa ke dalam sel ginjal berkurang dan jika terus menerus dibiarkan akan menyebabkan kerusakan ginjal yang permanen. Inilah salah satu jawaban atas pertanyaan kenapa diabetes menyebabkan gagal ginjal. Tidak adanya glukosa yang masuk ke dalam ginjal adalah awal dari ciri ciri ginjal rusak yang wajib Anda ketahui.

3. Tingginya kadar glukosa dalam darah melukai ginjal

Ginjal yang sudah rusak dan tidak bisa bekerja dengan baik akan menimbulkan gagal ginjal kronis pada penderitanya. Pada fase gagal ginjal kronis, organ ginjal belum rusak permanen, namun kemampuannya terus menurun dan akan berujung pada kerusakan.

Ginjal yang tidak bisa berfungsi sama sekali berada pada fase end stage renal disease atau tahap akhir penyakit ginjal. Penderita yang sudah sampai pada tahap ini harus menjalani cuci darah untuk menyaring semua kotoran yang ada di dalamnya. Inilah mengapa gagal ginjal menjadi salah satu penyebab cuci darah yang paling sering terjadi.

Sponsors Link

Apa hubungan ginjal yang rusak dengan diabetes? Penderita diabetes memiliki kadar gula yang jauh melebihi normal dalam darahnya. Tingginya glukosa dalam darah akan melukai pembuluh darah kapiler lembut yang ada pada ginjal. Luka pada pembuluh darah akan mempengaruhi kinerja ginjal secara keseluruhan yang membuat kesehatan ginjal semakin menurun.

4. Kurangnya asupan oksigen dan darah bersih menuju nefron

ads

Dalam organ ginjal terdapat sistem jaringan nefron yang terdiri dari jutaan sel-sel kecil. Sistem jaringan ini bertugas untuk menyaring semua kotoran, limbah, dan zat-zat sisa hasil metabolisme yang tidak dipakai. Jaringan nefron dapat bekerja dengan baik jika mendapatkan oksigen dan darah bersih yang cukup.

Pada kasus penderita diabetes, kadar glukosa di dalam darah mengalami peningkatan yang signifikan. Glukosa ini semakin menumpuk karena tidak bisa masuk ke dalam sel akibat rendahnya kadar insulin. Jika banyak jumlah makanan yang masuk, maka kadar glukosa dalam darah menjadi tidak terkendali. Tingginya kadar glukosa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah arteri yang ada di ginjal.

Pembuluh arteri pada organ ginjal yang berukuran kecil dan lembut rusak karena kadar glukosa dalam darah terlalu tinggi. Rusaknya pembuluh darah pada ginjal berakibat langsung pada suplai oksigen dan darah bersih menuju nefron. Tanpa kedua hal ini, nefron tidak bisa bekerja dengan baik. Ini bisa menjadi gejala ginjal rusak atau tanda awal ginjal bermasalah.

5. Menurunnya kemampuan ginjal bisa memicu kerusakan ginjal

Kerusakan pembuluh darah ginjal yang diakibatkan penyakit diabetes berakibat fatal pada menurunnya fungsi ginjal secara drastis. Ginjal tidak lagi bisa menyaring semua kotoran di dalam darah dengan sempurna, sehingga mengacaukan sistem metabolisme di dalam tubuh.

Jika kondisi ini terus menerus dibiarkan tanpa adanya penanganan yang tepat, kerusakan ginjal akan terjadi secara perlahan. Inilah kenapa diabetes menyebabkan gagal ginjal. Semua berawal dari fungsi ginjal yang terus menerus sampai ginjal mengalami kerusakan. Fase selanjutnya yang akan terjadi adalah gagal ginjal, di mana ginjal tidak lagi mampu menjalankan tugasnya sama sekali. Kalau sudah begini, cari obat gagal ginjal selain cuci darah yang ampuh, karena efek samping cuci darah dalam jangka panjang tidak baik untuk penderita gagal ginjal. Gagal ginjal biasanya ditandai dengan urine yang berbusa, menandakan hilangnya kemampuan ginjal untuk menyaring protein.

6. Terjadi penumpukan cairan di kandung kemih

Diabetes menimbulkan efek domino bagi kondisi kesehatan ginjal. Penyakit diabetes akan mempengaruhi kesehatan sistem saraf yang ada di tubuh, termasuk sistem saraf yang ada di ginjal. Akibat yang terjadi, penderita akan mengalami kesulitan buang air kecil, namun intensitas ingin buang air kecil justru meningkat. Karena sistem saraf pada ginjal rusak, kandung kemih tidak bisa dikosongkan dan semakin menekan posisi ginjal. Ini adalah fase awal dari infeksi ginjal yang harus diwaspadai. Kandung kemih yang tidak sehat memang salah satu penyebab infeksi ginjal.

Sponsors Link

Menghindari Komplikasi Ginjal Karena Diabetes

Dengan penjelasan di atas, Anda mulai menemukan jawaban kenapa diabetes menyebabkan gagal ginjal. Rupanya gagal ginjal adalah komplikasi dari penyakit diabetes. Untuk menghindarinya, Anda harus menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan sehat untuk ginjal, buah untuk penderita ginjal dan diabetes, serta menjauhi pantangan makanan penderita ginjal yang wajib dihindari.

Anda yang memiliki penyakit diabetes memiliki resiko dua kali lipat lebih tinggi untuk terkena gagal ginjal. Jaga kesehatan Anda sebaik mungkin agar kerusakan pada ginjal tidak sampai terjadi. Berikut cara menjaga kondisi kesehatan pada penderita diabetes:

  • Memeriksa kadar gula darah secara rutin, jangan sampai melebihi batas normal.
  • Membatasi asupan gula yang masuk ke dalam tubuh dan mengonsumsi menu makanan yang sehat.
  • Olahraga secara teratur setiap hari untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh dan mengontrol kadar gula darah.

Itulah penjelasan tentang kenapa diabetes menyebabkan gagal ginjal. Kedua penyakit ini memang tidak bisa dipisahkan, karena selalu saling berhubungan satu dengan lainnya. Selain gagal ginjal, komplikasi lain yang harus dihindari juga adalah hipertensi. Kerusakan pada ginjal membuat jumlah air dan garam dalam tubuh meningkat, yang bisa memicu naiknya tekanan darah. Jaga kesehatan tubuh Anda sebaik mungkin sebelum terkena penyakit apapun.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :