Sponsors Link

Kemoterapi Ginjal Bocor – Cara Kerja, Komplikasi dan Perawatan

Sponsors Link

Datangnya penyakit ginjal terkadang memang tidak diduga. Seseorang pasti akan melakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatan ginjalnya. Hal ini karena ginjal memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu menyaring semua racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh manusia. Bayangkan jika kesehatan ginjal terganggu, racun dalam tubuh pasti akan semakin menumpuk.

ads

Ada banyak jenis penyakit ginjal harus diwaspadai. Penyakit tersebut antara lain adalah gagal ginjal kronis, kista ginjal, ginjal bengkak, infeksi ginjal, kanker ginjal, hingga ginjal bocor. Tentu ada banyak hal yang menyebabkan semua penyakit tersebut, termasuk penyebab ginjal bocor pada orang dewasa.

Untuk menyembuhkan penyakit ginjal, tentu ada metode tersendiri yang harus dilakukan. Salah satu yang bisa ditempuh adalah kemoterapi. Kemoterapi adalah sebuah prosedur perawatan medis yang ditujukan untuk penderita kanker. Cara kerjanya memang membunuh sel sel kanker yang ada. Dalam kasus penyakit ginjal, kemoterapi tidak hanya bisa diterima oleh penderita kanker ginjal saja, tetapi juga penderita ginjal bocor. Yuk kita bahas bersama apa itu kemoterapi ginjal bocor.

Pengertian Kemoterapi Ginjal Bocor

Ginjal bocor adalah kondisi dimana ditemukan protein dalam urine pada kadar yang rendah. Jika keadaan ini terus dibiarkan, protein yang keluar dari ginjal semakin banyak dan akan terjadi kerusakan pada ginjal. Bahaya ginjal bocor yang harus diwaspadai adalah komplikasi gagal ginjal kronis. Ginjal yang bocor adalah ciri ciri gagal ginjal awal yang harus dicegah.

Kemoterapi ginjal bocor bertujuan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada ginjal dan menghilangkan pembengkakan yang mungkin terjadi. Kemoterapi ginjal bocor diharapkan mampu mencegah kondisi ginjal menjadi semakin parah lagi.

Siapa yang Harus Menjalani Kemoterapi Ginjal Bocor?

Kemoterapi ginjal bocor bukanlah prosedur sembarangan yang bisa dilakukan oleh semua orang. Hanya orang dengan kondisi tertentu yang bisa melakukan perawatan ini. Dalam hal ini tentu adalah penderita ginjal bocor, baik yang masih berada di tahap awal atau sudah cukup parah. Penderita harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan melakukan kemoterapi hanya atas anjuran dokter.

Cara Kerja Kemoterapi Ginjal Bocor

Tujuan utama kemoterapi ginjal bocor adalah untuk memperbaiki sel ginjal yang rusak sehingga membuatnya tidka bisa berfungsi secara normal lagi. Cara kerja kemoterapi sendiri ada berbagai macam, antara lain:

  • Suntikan yang langsung diberikan pada aliran darah tempat sel yang akan dihancurkan.
  • Memasang infus intravena pada alisan darah.
  • Menggunakan obat obatan berupa tablet.
  • Memberikan obat kapsul.

Kemungkinan Komplikasi

Setiap perawatan pasti akan menimbulkan kemungkinan komplikasi tersendiri. Tidak hanya kemoterapi saja, bahkan operasi pembedahan dan prosedur lainnya juga bisa membawa dampak komplikasi yang tidak terduga. Sama seperti kemoterapi yang dilakukan untuk mengobati ginjal bocor ini. Kemungkinan komplikasi yang mungkin muncul dari perawatan tersebut adalah:

Sponsors Link

  • Pasien mengalami sesak napas, dada terasa berat, dan sering merasa kesulitan untuk bernapas.
  • Jantung berdetak cepat dan berkeringat dingin.
  • Anemia atau kurang darah sehingga tubuh mudah lelah dan lemas dalam beraktivitas.
  • Terjadinya pendarahan pada tubuh seperti gusi berdarah dan mudah mimisan.
  • Adanya memar memar pada tubuh.
  • Lebih mudah terkena infeksi selama menjalani kemoterapi.

Perawatan Kemoterapi Ginjal Bocor

1. Mengonsumi Jus Seledri

Perawatan medis akan sangat baik jika diimbangi dengan perawatan sendiri di rumah. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan terapi jus seledri. Manfaat jus seledri untuk ginjal bocor sangat banyak, antara lain bisa mengurangi kebocoran pada ginjal sekaligus memperbaiki sel sel di dalam sistem penyaringan ginjal yang rusak. Rusaknya sel penyaringan inilah yang membuat seseorang menderita ginjal bocor.

Seledri adalah jenis sayur yang sangat mudah didapatkan dan harganya murah. Berikut cara membuat jus seledri sebagai perawatan kemoterapi ginjal bocor:

  • Ambil seledri secukupnya, cuci hingga bersih.
  • Masukkan seledri ke dalam blender, tambahkan sedikit saja air.
  • Haluskan lalu tuang ke dalam gelas. Jika Anda tidak suka dengan bau atau rasanya yang pahit, tambahkan madu alami secukupnya.
  • Minuman jus ini dua kali sehari.
Sponsors Link

2. Makan Makanan Sehat untuk Ginjal Bocor

Perawatan kemoterapi untuk mengobati ginjal bocor tentu harus diimbangi dengan diet yang seimbang. Pastikan pasien memakan makanan penderita ginjal bocor yang dianjurkan seperti Kubis, paprika merah, kembang kol, dan masih banyak lagi. Sayuran tersebut dapat diolah sesuai selera. Serta jangan lupa untuk menjauhi pantangan ginjal bocor seperti memakan daging protein tinggi karena hanya akan membuat kondisi ginjal bocor semakin parah saja.

Sebagai snack atau makanan sampingan, konsumsi buah yang menyehatkan ginjal seperti semua jenis buah berry mulai dari dari strawberry, blueberry, cranberry, hingga raspberry. Apel juga termasuk jenis buah yang menyehatkan untuk ginjal.

Itulah pembahasan mengenai kemoterapi ginjal bocor yang harus dimengerti semua orang. Ginjal bocor harus segera diobati, karena jika tidak akan sangat berbahaya. Lolosnya protein dalam darah hingga ke urine adalah salah satu penyebab gagal ginjal yang patut diwaspadai. Sebelum penyakit menyerang organ ginjal Anda, lakukan cara merawat ginjal yang tepat agar ginjal dapat terus bekerja dengan baik.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan